Mulia, (puncakjayakab.go.id), Bertempat di Ruang Rapat UKP Kantor Bupati Puncak Jaya, Panitia HUT Ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia tingkat Kabupaten Puncak Jaya, lakukan rapat evaluasi pemantauan kesiapan masing-masing seksi menjelang H-2 hari kemerdekaan 17 Agustus 2022. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua Panitia Esau Karoba, S.Pak. M.Si yang didampingi Wakil Ketua 2 Ordianto Baruri, S.Pt, Senin (15/08/22).

Foto Diskominfo PJ Naya

Rapat dipandu oleh wakil sekretaris Yusuf Talebong, S.Sos. M.AP. Dalam arahannya ketua Panitia menyampaikan permohonan maaf bapak Sekda Tumiran, S.Sos. M.AP. yang sedianya akan memimpin rapat, karena adanya kesibukan lain sehingga beliau tidak dapat hadir dalam rapat ini.

Rapat kali ini dihadiri seluruh koordinator seksi diantaranya Koordinasi Konsumsi Ny. Ursula W. Wonda didampingi wakil koordinator Ny. Manikem, Koordinator Acara dan Upacara Akbar Febriyanto, Koordinasi Dekorasi Frits Opur, Koordinator Perlengkapan Yeki Telenggen, Koordinator Pubdok Massora, Koordinator Kesehatan Eliatas Telenggen, Koordinator Keamanan Kompol Syarifudin Ahmad, Koordinator Sekretariat Yahya Wonorengo, Koordinator Isianus Wonda, Koordinator seksi pertandingan/perlombaan Pilimas Tabuni dan Koordinator Kebersihan Yotinus Wonda.

Laporan para koordinator secara umum telah berjalan sesuai tugas dan tanggung jawab, dari rapat ini sedikit mendapat stresing pada seksi Konsumsi, Acara dan Upacara, Transportasi dan Keamanan.

Koordinator Acara Akbar Febriyanto melaporkan bahwa rundown acara sudah disusun sesuai tata up dari sekretariat negara.

“Ren UP dari acara detik-detik proklamasi telah kami siapkan mulai dari gladi kotor, bersih, pengukuhan paskibra, Upacara Pengibaran Bendera, Resepsi Kenegaraan dan Penurunan Bendera sebagaimana Ren Up dalam laporan ini. Adapun peserta upacara melibatkan perwakilan unsur TNI-POLRI, ASN, OKP, Ormas, FSN dan anak sekolah” jelasnya

Koordinator konsumsi Ny. Ursula menyampaikan bahwa ibu-ibu yang terlibat dalam penyiapan konsumsi ada 21 titik masak.

“Konsumsi dibagi atas plasmanan VIP di Hall kantor Bupati dan plasmanan umum di halaman Kantor Bupati. Agar persiapan konsumsi cepat dan melibatkan ibu-ibu, kami bagi dalam 21 kelompok masak, oleh karena itu kami butuh dukungan seksi transportasi untuk menjemput pada titik sesuai daftar. Selain itu kami berharap juga pengantaran pulang saat acara selesai” harapnya

“lanjut Ny. Ursula berharap kepada seksi keamanan untuk mengarahkan masyarakat saat acara istirahat agar pengambilan makanan berjalan tertib, adapun persediaan konsumsi sangat cukup sekitar 10.000 porsi” tuturnya.

Koordinator seksi Perlengkapan yang diwakili subseksi umum menyampaikan bahwa tenda telah terpasang sebanyak 20 petak.

“Tenda yang akan dipasang pada 4 titik yaitu 7 petak pada tribun utama, 1 petak pos kesehatan, 3 petak sasana kawonak dan 8 petak untuk konsumsi. Adapun persiapan meja makan dan terpal sudah disiapkan sesuai permintaan seksi konsumsi” jelas Ardi.

Koordinator seksi keamanan sekaligus penanggung jawab Pakibra Kabag Ops Kompol Syarifudin Ahmad menjelaskan bahwa cipta kondisi keamanan telah berjalan sesuai Ren Pam.

Foto Diskominfo PJ Naya

“Seksi keamanan beberapa hari ini telah melakukan patroli keamanan yang dilakukan oleh TNI-POLRI baik pada siang dan malam hari. Untuk menjamin keamanan pelaksanaan upacara 17 Agustus 2022, akan dilakukan sistim pengamanan 3 ring yaitu ring 1 dalam sekitar lapangan upacara, ring 2 kantor kesehatan dan tugu roh kudus dan ring 3 sekitar lapangan sport centre. Adapun kesiapan dalam pengamanan konsumsi, akan melibatkan TNI-POLRI, Pol PP, Satgas Amanah dan Pemuda Pancasila” jelasnya.

Wakil ketua II Ordianto mengharapkan seluruh seksi bekerja ekstra dan saling koordinasi. Khusus untuk acara dan upacara agar mengecek kesiapan dengan baik. Seksi transportasi dapat mendukung seksi keamanan 1 unit kendaraan serta perlengkapan dipastikan kesiapan sumber energi yang stabil untuk menunjang peralatan sound. Khusus seksi Dekorasi jika terpal sudah terpasang di lapangan dan sasana kawonak sudah tidak digunakan, agar segera didekor. Pinta Ordianto.

Foto Diskominfo PJ Naya

Sebelum mengakhiri rapat evaluasi terakhir, Ketua Panitia Esau Karoba menyampaikan terima kasih atas upaya seluruh seksi yang telah bekerja dengan maksimal, semoga penyenggaraan upacara HUT Ke-77 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2022 dapat berjalan dengan hilmat, lancar, meriah dan aman. (Pubdok/Naya)