Mulia- (puncakjayakab.go.id) –Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kab. PJ Massora, S.HUT, M.Si menutup secara resmi kegiatan sosialisasi tentang pemanfaatan teknologi informasi komunikasi yang baik, benar dan sehat, yang bertempat di Aula SMPN 1 Mulia, Jumat (21/10/2022).

Foto Diskominfo PJ Naya

Hadir dalam kegiatan sosialisasi Kapolres Puncak Jaya dalam hal ini diwakili oleh seksi TIK Ipda Robert Serio, Sekretaris Dinas Kominfo Eri Wonda, S.Sos. M.Si, Kabid E-government Erson Gire, S.Sos, Kepala Sekolah dan guru SMPN 1 Mulia, SMAN 1 Mulia, SMKN 1 Mulia, para staf Kominfo, serta para peserta sosialisasi.

Dalam laporan ketua Panitia Masdar, SE mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari pelaksanaan kegiatan sosialisasi ini adalah untuk memperkenalkan kepada siswa-siswi tentang bagaimana penggunaan internet yang sehat, baik dan benar, serta mampu meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam mengoprasikan alat atau perangkat internet, serta siswa-siswi diharapkan untuk cerdas dan berhati-hati dalam memilih dan menggunakan aplikasi-aplikasi yang saat ini tidak bisa kita pungkiri sedang berkembang secara pesat, agar siswa-siswi pandai mengaplikasikan layanan internet yang baik, sehat dan cerdas di dalam kehidupan sehari-hari terutama di dalam dunia pendidikan.

Foto Diskominfo PJ Naya

Lanjut Masdar, menyampaikan peserta kegiatan sosialisasi berjumlah 225 orang, yang terdiri dari 100 orang siswa-siswi pelajar SMU dan SMK serta 100 siswa-siswi SMPN 1 Mulia, dan 25 orang dari tenaga pengajar, yang tergabung dari 10 orang SMU, 5 orang SMK dan 10 orang dari SMPN 1 Mulia, sumber dana dari Otonomi Khusus Tahun Anggaran 2022.

Foto Diskominfo PJ Naya

Masdar, menyampaikan Narasumber pada sosialisasi ini adalah Staf Khusus Presiden RI Bidang Pendidikan, Inovasi dan Pembangunan Daerah terluar Billy Mambrasar, Direktur tata kelola dan kemitraan komunikasi publik pada kementerian Komunikasi dan Informatika RI Hasim Gautama Secara Daring, Habel Panggalo, S.Kom, Mozes Rumbino,S.T, Ferbrianus Pungki, S.Kom, Brigadir Sujarto Firmansyah selaku perwakilan dari kepolisian Resor Puncak Jaya.

Sambutan Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM dalam hal ini diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Puncak Jaya, Massora, mengatakan bahwa kita sebagai anak sekolah harus cerdas dalam memanfaatkan internet atau didalam memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi karena banyak hal yang mungkin tidak relevan dengan masalah-masalah pendidikan yang bersifat negatif yang bisa menggiring siswa-siswi ke hal-hal negatif, oleh karena itu materi yang di dapatkan khususnya dari kepolisian dapat membuka wawasan siswa-siswi jika menyalahgunakan internet kita dapat berurusan dengan penegak hukum.

Foto Diskominfo PJ Naya

Massora, mengatakan kegiatan ini tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan jika tidak ada dukungan dari kepala sekolah bahkan semua guru dan semua panitia yang terlibat dalam kegiatan ini.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Mulia, Yusuf Kala’ Bunga’ S.Pd mengatakan bahwa siswa-siswi yang telah mengikuti sosialisasi tentang pemanfaatan teknologi informasi komunikasi yang baik, benar dan sehat harus ada tindak lanjut dalam penggunaan internet yang baik, benar agar tidak terpengaruh bahkan mempublikasikan hal-hal negatif.

Foto Diskominfo PJ Naya

Siswa SMPN 1 Mulia Putri menyampaikan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Puncak Jaya, yang telah mengadakan sosialisasi penggunaan internet yang baik, sehat dan benar, semoga kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan setiap tahunnya untuk menambah wawasan bagi kami siswa-siswi dan kiranya materi yang telah kami terima menjadi bekal dikemudian hari. (KominfoPJ/Indah).