News|

Mulia, (puncakjayakab.go.id) – Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika menggelar sosialisasi tentang pemanfaatan teknologi informasi komunikasi yang baik, benar dan sehat, bertempat di Aula SMA Negeri 1 Mulia dan diselenggarakan selama 4 hari (18-21/10/2022).

Foto Diskominfo PJ Indah

Turut hadir dalam kegiatan sosialisasi tersebut adalah Asisten III bidang Administrasi Umum, Ordianto Baruri, S.pt, Kapolres Puncak Jaya dalam hal ini diwakili oleh kepala seksi TIK Ipda Robert Serio, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Massora, S.Hut,M.Si, Kepala sekolah SMA Negeri 1 Mulia, Gason Wonda, S.Th, M.Pd, para guru SMA,SMK dan SMP serta para peserta sosialisasi.

Dalam laporan Ketua Masdar, SE kegiatan ini dilaksanakan dengan dasar hukum UU No. 14 tahun 2008 tentang keterbukaan informasi publik ditempatkan PD lembaran Negara Republik Indonesia tahun 2008, yang menjelaskan tentang setiap orang berhak untuk berkomunikasi dan memperoleh informasi untuk mengembangkan pribadi dan lingkungan sosialnya serta berhak untuk mencari, memperoleh, memiliki dan menyimpan informasi dengan menggunakan segala jenis saluran yang tersedia.

Masdar, mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari pelaksanaan ini yaitu untuk mampu meningkatkan pengetahuan siswa-siswi tentang bagaimana cara menggunakan fasilitas internet yang baik, benar dan sehat; meningkatkan kemampuan siswa-siswi dalam pengoperasian alat/perangkat internet; siswa-siswi mampu untuk memilah dan membedakan mana informasi yang benar dan mana informasi yang informasi yang tidak benar atau hoax.

Foto Diskominfo PJ Indah

Masdar, peserta kegiatan ini berjumlah 225 orang, yang terdiri dari 100 orang siswa-siswi pelajar SMU dan SMK serta 100 siswa-siswi SMPN 1 Mulia, dan 25 orang dari tenaga pengajar, yang tergabung dari 10 orang SMU, 5 orang SMK dan 10 orang dari SMPN 1 Mulia, sumber dana Otonomi Khusus Tahun Anggaran 2022.

Sambutan Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Bid. Administrasi Umum Ordianto Baruri, S.Pt mengatakan bahwa Pemerintah saat ini menggalakkan pembangunan sarana internet 4G dalam bentuk BTS (Base Transceiver Station) dan akses internet yang tersebar di Kabupaten Puncak Jaya, ketersediaan sarana ini memberikan kemudahan dalam mengakses internet sampai ke kampung dan Distrik.

Ordianto, Teknologi informasi dan komunikasi jika dimanfaatkan dengan baik, benar dan sehat dapat menjadikan peluang usaha untuk menambah pundi-pundi pendapatan dan berdasarkan hasil survei Asosiasi penyelenggaraan jasa internet indonesia (APJII) Tahun 2022 pengguna internet sebanyak 210,03 juta atau sebesar 77,77% dari jumlah penduduk indonesia saat ini sejumlah 270 juta jiwa.

Ordianto mengatakan bahwa maksud dan tujuan dari sosialisasi ini adalah agar generasi muda khususnya siswa-siswi SMU, SMK dan SMP memahami tata cara berinternet dengan baik, benar, sehat, dan aman.

Foto Diskominfo PJ Indah

Dalam wawancara Ordianto Baruri,S.Pt mengatakan bahwa kegiatan ini sangat bagus dan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Puncak Jaya yang telah menyelenggarakan kegiatan back to basic atau basic to school artinya kembali ke Sekolah untuk memberikan informasi, pengetahuan kepada siswa-siswi agar mereka dapat mengakses internet lebih baik,sehat, dan aman agar tidak terjerumus dalam hal-hal negatif.

Lanjut Ordianto mengatakan bahwa Dinas komunikasi dan Informasi akan memberikan ilmu mengenai konten-konten yang berbau bisnis, agar apabila ada siswa-siswi yang tidak melanjutkan pendidikan kejenjang yang lebih tinggi, dia bisa membuka bisnis dengan adanya akses internet untuk dapat menghasilkan pendapatan.

Ordianto, Kami dari Pemerintah berharap agar kegiatan ini bisa berjalan terus dari tahun ke tahun untuk membina siswa-siswi agar dapat mengakses, mengelola internet dengan baik, bijak, sehat dan aman.

Ditempat yang sama, kepala sekolah SMA Negeri 1 Mulia Gason Wonda, S.Th, M.Pd mengatakan bahwa sosialisasi mengenai pemanfaatan teknologi informasi komunikasi yang baik, benar dan sehat pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Puncak Jaya, kami dari sekolah berharap agar generasi muda tidak mudah terpengaruh oleh hal-hal negatif dan terima kasih kepada Dinas Kominfo yang telah mengambil tindakan cepat untuk memberikan pemaham yang benar mengenai akses internet yang baik dan sehat kepada siswa-siswi agar keluar dari sini mereka bisa berhasil.

Kepala Dinas Kominfo Massora, S.Hut, M.Si menyampaikan rasa terimah kasih kepada Bupati Puncak Jaya dalam hal ini diwakili oleh Asisten III yang telah membuka secara resmi, kegiatan sosialisasi dan nantinya akan diisi beberapa pemateri yang akan disampaikan oleh pemateri dalam Daerah maupun dari Pusat, diantaranya staf khusus Presiden Republik Indonesia Billy Mambrasar akan membawa materi dan akan berbagi pengalaman tentang giat-giatnya sampai sukses dan Direktur tata kelola dan kemitraan komunikasi dan publik pada kementerian komunikasi dan informatika RI Dr. Hasim Gautama. Semoga materi yang disampaikan nantinya akan menjadi inspirasi, penyemangat untuk siswa-siswi agar bisa memanfaatkan internet dengan baik cerdas aman dan terhindar dari ha- hal negatif, tutup Massora. (KominfoPj/indah).

Close Search Window