Mulia,-(PUNCAKJAYAKAB.GO.ID),Demi meningkatkan pendidikan anak usia dini yang berkualitas,Dinas Pendidikan khususnya di kabupaten puncak jaya, pembinaan anak usia dini dan pendidikan masyarakat menyelenggarakan, bimbingan teknis, bertempat di Aula sasana kawonak kantor Bupati Puncak Jaya, dari tanggal 2-3/10/2021.

Bimtek diselenggarakan secara Daring (zoom meetting) oleh kepala dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Puncak Jaya, Amir Wonda, S.Pd., M.Pd,

Foto Kepala Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Memberikan Arahan Kepada Peserta Bimtek Diskominfo PJ

turut hadir, Kepala bidang pembinaan paud dan Pendidikan nonformal Kiri Enumbi, S.Pd, Kepala seksi kelembagaan dan sarana prasarana Simeth Kogoya, S.AB, Kepala seksi kelembagaan PAUD dan Nonformal M. Sarira, Bunda PAUD yang diwakili Sekretaris TP-PKK Sulbiah salam, S.HUT., M.KP staf bidang kebudayaan Antonius Patalle, S.E, Bunda Paud Esra Rante Salamba, S.Pd dan Suryati Suppa, S.Pd., M.Pd dan 48 Peserta.

Dalam sambutanya Amir Wonda menyampaikan kegiatan ini adalah program pusat, Dirjen PAUDNI dalam kegiatan Bimtek TOT (Training Of Trainer) yang artinya “ kegiatan melatih para utusan menjadi pelatih ( melatih untuk menjadi pelatih).

Lanjut, via daring direktorat pembinaan pendidikan dan tenaga kependidikan anak usia dini, nonformal dan informal menyampaikan sebagai institusi pemerintah yang bertanggungjawab terhadap peningkatan mutu PTK PAUD selalu berupaya melakukan terobosan dalam meningkatkan kompetensi PTK PAUD yang akan berdampak pada peningkatan kualitas pendidikan Anak Usia Dini, khususnya di kabupaten puncak jaya.

Satuan layanan PAUD, pendidikan anak usia dini diselenggarakan sebelum jenjang pendidikan dasar, pendidikan anak usia dini dapat di selenggarakan melalui jalur pendidikan formal (4-6 tahun), pendidikan nonformal diselenggarakan pada kelompok bermain (2-4 tahun), Taman penitipan anak (3 bulan -2 tahun), pendidikan informal di selenggarakan pada pendidikan keluarga, ujar kepala dinas, Amir Wonda.

Semoga guru atau tenaga pendidik lebih professional. Pendidikan yang profesional merupakan tugas utama bagi guru dan tenaga pendidik adalah mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik, baik pada satuan pendidikan anak usia dini (PAUD) yang lebih lanjut. Untuk melaksanakan tugasnya yang lebih profesional, PAUD harus menguasai kompetensi yang di persyaratkan.

Diakhir sambutannya, Amir Wonda secara resmi membuka kegiatan ” Bimbingan Teknis Pengelolaan Lingkungan Belajar Berkualitas Bagi Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Mulia Di Kabupaten Puncak Jaya Tahun 2021″untuk umum. (Kominfo PJ. bi)