News|

Mulia, (puncakjayakab.go.id) Dinas Lingkungan Hidup, Perkebunan dan Peternakan (DLHPP) Kabupaten Puncak Jaya bekerjasama dengan kelompok tani binaan Kopi Arabika Kampung Dokome Distrik Dokome, membangun Persemaian screen house sebagai tempat pembibitan.

Foto DiskominfoPJ – MS

Kepala Dinas LHPP yang di wakili Sekretaris Dinas Sulbiah Salam, S.Hut. M.Si menyatakan bahwa Persemaian Screen House sebagai tempat belajar petani.

“Persemaian Screen House yang dibangun menggunakan rangka bambu dengan atap paranet, selain sebagai tempat pembibitan Kopi Arabika untuk memenuhi kebutuhan bibit Kopi Arabika bagi kelompok tani, juga sebagai tempat belajar cara semai biji kopi yang benar dibawah bimbingan Pak Ayi Sutedja penyuluh yang didatangkan dari Bandung”.

Foto DiskominfoPJ – MS

“Lanjut Sulbiah, persemaian ini berada diketinggian 2.000 Mdpl dengan berukuran 4 m x 10 m dengan kapasitas 2.000-3.000 bibit. Persemaian ini merupakan paket kegiatan pengembangan tanaman kopi yang bersumber dari Dana Otonomi Khusus Tahun 2022. Pesemaian ini dibangun disekitar rumah kelompok tani binaan yang berjarak kurang lebih dari 1 km dari kebun percontohan. Penempatan di samping rumah kelompok tani agar setiap saat dapat dipantau, dirawat dan lebih utama dekat dengan sumber air”. Tutur Sulbiah.

Pendamping petani Ayi Sutedja ditempat yang sama menjelaskan bahwa tanaman Kopi Arabika yang disemai ada 3 jenis.

“Persemaian yang dibuat ini sebagai sarana belajar buat kelompok tani, mulai dari cara pemilihan biji kopi, pemilihan tanah, pembuatan bedeng dan cara menyemai biji/benih. Benih Kopi Arabika yang disemai terdiri dari 3 jenis yaitu benih Kopi Arabika Varitas Geisha Sunda , Varitas Jawa/Linies dan Varitas Etiopia Lokal Puncak Jaya. Khusus jenis Mulia, merupakan jenis Kopi Arabika asal Afrika yang sudah langkah, Kopi ini aromanya khas dan lebih nikmat dari jenis Kopi Arabika lainnya. Oleh karena itu, saya akan coba budidayakan agar tidak punah”. Tutur Ayi. (Diskominfo/MS

Close Search Window