News|

Provinsi Papua Kabupaten Puncak Jaya, Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) laksanakan sosialisasi mengenai Menopause dan masalahnya (penyuluhan kesehatan) yang bertempat pada Kantor Tim Penggerak pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (TP-PKK), Senin (20/06/2022)

Foto Diskominfo PJ Indah

Sebelum pemaparan materi oleh dr. Muhammad Nasir Ruki, S. Si, M. Kes, Apt, So. Gk, Ketua TP-PKK Kabupaten Puncak Jaya Ny. Ursula W. Wonda, S.KM. M.Kes yang di wakili wakil ketua I Retha Suruan menyampaikan sepatah dua patah kata sekaligus membuka acara sosialisasi yang diikuti oleh pengurus TP-PKK dan kelompok dasawisma dari kampung Karubate, Wuyukwi dan Pagaleme.

“Semoga kita semua yang hadir pada hari ini, bisa tetap menjaga kesehatan, terutama dalam meringankan menopause yang akan kita alami kedepannya, ” ucap Retha Suruan.

“Pada era globalisasi sekarang ini kesehatan menjadi hal yang sangat berharga, terutama kesehatan reproduksi yang sekarang ini menjadi perhatian dunia”.

Dalam materinya dr. Muhammad Nazir Ruki menjelaskan Mengenai menopause yang akan dialami oleh seluruh wanita

Foto Diskominfo PJ Indah

“Menopause merupakan suatu kondisi yang pasti akan dialami oleh seluruh wanita. Seorang wanita dapat dikatakan telah memasuki masa menopause apabila dirinya tidak lagi mengalami menstruasi selama 12 bulan berturut-turut. Menopause sendiri biasanya terjadi pada wanita berusia 40 sampai 55 tahun. Kondisi menopause dapat menyebabkan perubahan hormon yang cukup signifikan pada wanita, ” jelas Nazir

“Ketika menopause, seorang wanita tidak lagi mengalami menstruasi atau datang bulan, karena produksi hormon estrogen di ovarium yang berperan dalam perkembangan seksual, mengalami penurunan”.

“Selain itu, ovarium atau indung telur yang setiap bulannya melepaskan sel telur untuk dibuahi, tidak bekerja seperti saat wanita masih dalam usia subur”

“Gejala-gejala yang dialamai oleh menopause adalah Menstrurasi tidak teratur, gejolak panas, sukar tidur, jantung berdebar, pusing, mudah pingsan, kulit keriput, libido menurun”.

“Sejak usia 45 tahun biasanya pada wanita hot flush atau semburan hawa panas itu mendominasi. Wanita yang mengalami menopause juga akan mengalami gangguan urogenital, keinginan untuk selalu buang air kecil”.

“Wanita yang mengalami menopause juga akan mengalami nyeri senggama, vagina kering dan nyeri berkemih. Kulit kering dan menipis, rambut mulai menipis dan kalsium menurun, 35-45%. Gangguan psikologis seperti gelisah, mudah tersinggung, depresi, susah tidur (50%), libido menurun (30%), kehilangan rasa feminin”.

“cara biasanya dilakukan wanita untuk meringankan gejala menopause, kita dapat mengonsumsi kedelai, olahraga ringan seperti berjalan kaki, senam khusus lansia, aerobik, melakukan meditasi dan latihan pernapasan agar tubuh menjadi lebih rileks” solusi dr. Nasir

Foto Diskominfo PJ Indah

Disela sosialisasi, ketua TP-PKK Kabupaten Puncak Jaya Ny. Ursula W. Wonda yang diwakili ketua Pokja II Ny. Dece Dogopia menyerahkan sepasang ternak kelinci kepada kelompok Dasawisma Karubate serta jarum dan benang noken kepada kelompok Dasawisma Kampung Wuyuneri dan Pagaleme dalam rangka pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K).

Dalam sosialisasi ini pula atas nama ketua TP-PKK Kabupaten Puncak Jaya Ny. Lince Lindang selaku wakil ketua Pokja III menyajikan dan memperkenalkan makanan bergizi kepada kelompok Dasawisma Kampung Wuyuneri, Pagaleme dan Karubate yang hadir sebagai peserta sosialisasi.

Turut hadir dalam kegiatan penyuluhan kesehatan adalah Wakil ketua I PKK Ny. Retha Suruan, Sekertaris PKK Ny. Sulbiah Massora, S. Hut, M. KP, ketua Pokja II Ny. Decce Dogopia, dan pengurus PKK yang lain serta dasawisma dari Karubate, Wuyukwi, Pagaleme. (Diskominfo Pj/ indah)

Close Search Window