TINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG PAJAK BADAN KEUANGAN DAERAH PUNCAK JAYA ADAKAN SOSIALISASI

0

MULIA – Demi meningkatkan pemahaman dan kesadaran Pegawai Negeri sipil di Kabupaten Puncak Jaya maka Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya melalui Badan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Puncak Jaya mengadakan sosialisasi dan pelatihan tentang pajak yang bekerja sama dengan P.T. Taspen papua yang bertempat di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati puncak Jaya.
Dalam Laporan Panitia yang disampaikan Damaris Satu dasar dari pelaksanaan sosialisasi ini adalah Peraturan Pemerintah Nomor 30 Tahun 2015 tentang gaji pokok pegawai, Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 1977 tentang iuran wajib pegawai 10 persen, Peraturan Pemerintah Nomor 70 tahun 2015kemat Jaminan keselamatan kerja dan jaminan kematian, Peraturan Menteri Keuangan Nomor 101/PMK/010/2016 Tentang PTKP 2016, Peraturan Dirjen Pajak Nomor I/pajak/2016 Tentang SPT Pajak.
Tujuan daripada sosialisasi ini adalah pemahaman terkait sistim taspen dan update terbaru pemahaman dari bendahara SKPD tentang pajak dan SPT tahunan. Sementara untuk sasaran dari pelaksanan sosialisasi pajak ini adalah pihak yang terkait dalam pengelolahan keuangan di SKPD n mendatang bendaharawan masing SKPD makin paham tentang gaji dan pajak.
Sementara itu dalam sambutan Bupati Puncak Jaya Jaya yang disampaikan oleh Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Puncak Jaya yang sekaligus membuka acara sosialisasi dan pelatihan tentang pajak. Dikatakan Pt. Sekda Tumiran, S.sos, M.AP bahwa sosialisasi seperti ini sangat penting karena meningkatkan wawasan dan pemahaman kita tentang sistim penggajian dan sistim perpajakan yang berlaku di negara kita. Hal ini sejalan dengan tuntutan tata pemerintahan yang baik yang kita sebut dengan good goverment dan verivikasi pada manajemen pemerintahan yang transparan, akuntabel, dan berstandarisasi artinya bahwa menciptakan pemerintahan yang baik ada sejumlah kriteria rus dimiliki instansi pemerintah dalam melaksanakan aktiftas.
Selanjutnya Tumiran berpesan bahwa sebelum saya mengakhiri sambutan ini saya berpesan mari kita gunakan momen ini dengan sebaik – baiknya para narasumber ini paham betul sesuai dengan kompetensinya mereka datang dari jauh untuk kita disini untuk itu sekali lagi marilah kita pergunakan moment ini dengan sebaik – baiknya bertanyalah yang banyak jangan malu bertanya karena gengsi jangan malu bertanya karena merasa pintar, jangan malu bertanya karena dianggap bodoh. Dan kepada bendaharawan dan Pegawai Negeri Sipil dengan adanya kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita, mudah – mudahan dengan sambutan ini dapat memberikan motivasi bagi kita semua yang hadir disini dan semoga Tuhan senantiasa memberkati kita semua.
Hadir dalam acara sosialisasi dan pelatihan ini Plt. Sekretaris Daerah Kabupaten Puncak jaya Tumiran, S.Sos, M.AP,Kepala Cabang P.T Taspen Jayapura,Asisten III Sekda Drs. Hendrik Bilangla’bi, Asisten II Sekda Ukkas, S.Sos,pejabat eselon II,III, dan IV dilingkungan pemerintah Kabupaten Puncak Jaya. Selanjutnya pemaparan materi oleh narasumber.

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply