News|

Mulia, (puncakjayakab.go.id) – Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP,MM menyampaikan laporan keterangan pertanggungjawaban akhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya periode 2017 – 2022 pada rapat paripurna Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) yang bertempat di ruang sidang DPRD, Senin (07/11/2022).

Rapat Paripurna Istimewa masa Akhir Jabatan Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya Periode 2017 – 2022 ( Foto Diskominfo PJ / Naya )

Hadir Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S.Sos.,S.IP.,MM, didampingi Wakil Bupati Puncak Jaya Deinas Geley, S.Sos.,M.AP Sekretaris Daerah, Tumiran, S.Sos, M.AP, Forkopimda, bersama jajaran pejabat Eselon II dan III, Pimpinan ormas serta denominasi gereja dan masjid

Dalam pidato Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP,MM mengatakan bahwa wujud profesionalitas kita dalam melakasanakan pengelolaan keuangan dan aset Daerah telah diganjar oleh BPK dengan Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selama tiga tahun berturut-turut mulai dari tahun 2019-2021.

Sambutan Bupati Bupati Puncak Jaya ( Foto Diskominfo PJ / Naya )

Yuni Wonda, kondisi pendapatan Daerah Kabupaten Puncak Jaya selama periode 2017- 2022, jumlah realisasi belanja daerah berkisar antara 1,2 Trilyun sampai dengan 1,4 trilyun, fluktuasi pendapatan daerah terutama disebabkan oleh adanya penyesuaian transfer Pemerintah Pusat ke daerah yang disebabkan adanya Covid-19, tetapi dari struktur pendapatan daerah maka kita temukan besarnya peran dana transfer pada sumber pembiayaan pembangunan daerah Kabupaten Puncak Jaya.

Yuni Wonda, salah satu indikator yang menunjukkan adanya perbaikan dalam pengelolaan keuangan daerah Kabupaten Puncak Jaya, adalah neraca keuangan Daerah dari tahun ke tahun, dalam periode 2017-2021 total aset yang dimiliki Pemerintah Kab. Puncak Jaya mengalami peningkatan pada tahun 2017 mencapai sebesar Rp. 1,7 triliyun yang kemudian meningkat sebesar Rp. 2.0 triliyun pada tahun 2020 atau meningkat sebesar 300 Milyar.

Lanjut Yuni Wonda, sepanjang tahun 2017-2022 Kabupaten Puncak Jaya, berbagai prestasi dan penghargaan yang membagakan baik di tingkat Provinsi dan bahkan ditingkat Nasional, prestasi dan penghargaan yang diraih antara lain:

Penerimaan penghargaan dari BPJS sebagai Kabupaten terbaik dalam penyaluran iuran JKN-KIS tahun 2019.

Puncak Jaya berhasil meraih penghargaan sebagai penyaluran dana desa terbaik 2019 di Papua,”; Kabupaten dengan peningkatan indeks pembangunan gender (IPG) terbaik di Provinsi Papua, tahun 2019, Kabupaten Puncak Jaya terima penghargaan WTP dari Pemerintah RI setelah 6 tahun Disclaimer, tahun 2019, Apresiasi dari panglima TNI RI Marsekal TNI Hadi Tjahnto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo atas keberhasilan Puncak Jaya dalam menjaga harmonisasi dan komunikasi berbagai pihak dalam menjaga harmonisasi dan komunikasi sebagai pihak dalam menunjang stabilitas dan keamanan daerah, tahun 2021, Kepala suku dan tokoh agama mengapresiasi pembangunan maju pesat di bawah kepemimpinan Yuni Wonda, tahun 2022, kado istimewa.

Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda raih penghargaan Best Figure Visioner regent 2022 (Majalah Nasional The One Magazine bekerja sama dengan Grand Inna Hotel Kuta Bali dan INews TV Bali memberikan penghargaan kepada sejumlah tokoh berprestasi, salah satunya adalah Bupati Yuni Wonda), KPK beri apresiasi tertinggi, Puncak Jaya terima WTP 3 kali berturut turut, tahun 2022, Puncak Jaya diberi penghargaan sebagai Kabupaten dengan capaian Universal Health Coverage tertinggi di Papua dengan angka 98% terlindungi dari resiko sakit melalui jaminan Kesehatan nasional (JKN) yang diberikan oleh BPJS, tahun 2022, Serta BPJS pusat memberikan sertifikat pembayaran jamkesda terbaik Se-Papua dan Papua Barat 2022 selama 3 tahun berturut-turut,”. Tutur Yuni Wonda (KominfoPJ/indah)

Close Search Window