News|

Mulia, Puncak Jaya Papua – Umat Islam Kota Mulia Kabupaten Puncak Jaya merayakan Hari Raya Idul Adha 1442 H dengan penuh suka cita. Umat Islam mendatangi 2 Masjid di Kota Mulia yaitu Masjid Al-Mujahidin Kota Lama dan Masjid Kodim 1714 Puncak Jaya.

Pelaksanaan Sholat Idul Adha berjalan hikmat dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat. Dari hasil pantauan di Masjid Al-Mujahidin Mulia, pengurus BKM telah menyediakan alat thermoscan, hand sanitizer dan masker di pintu masuk. Sebelum jamaah memasuki masjid dipastikan suhu tubuh di bawah 37 derajat, mencuci tangan/menggunakan hand sanitizer dan memakai masker.

Penerapan Protokol Kesehatan di Masjid

SHOLAT IDUL ADHA MASJID AL-MUJAHIDIN MULIA BERJALAN HIKMAT DENGAN PROKES KETAT

Adapun jarak shaf antar jamaah satu meter dengan kapasitas jamaah maksimal 50% sesuai Surat Edaran Bupati Puncak Jaya nomor 440/489/SET. Perihal PPKM Mikro tanggal 19 Juli 2021. Penerapan prokes ketat ini terus diingatkan oleh panitia dan juga oleh Ketua BKM Al-Mujahidin Mulia H. Abd. Manan, M.KP dalam sambutan tunggalnya menyatakan “bahwa Idul Adha 1442 H yang kami rayakan hari ini, masih berada dalam situasi pandemi Covid 19, saya mengajak seluruh umat islam untuk menjaga diri, keluarga dan lingkungan dengan menerapkan prokes yaitu 3M”. Penerapan porkes juga dipantau langsung oleh Kepala Kantor Agama Kabupaten Puncak Jaya Drs. Luther Pongmakamba.

Sholat Idul Adha kali ini yang bertindak sebagai Khotib sekaligus sebagai Imam Sholat Eid ustadz Kholili Nasir. Dalam khotbahnya menyampaikan bahwa peringatan Idul Adha ini merupakan perintah Allah SWT kepada Nabi Ibrahim AS mengorbankan anak kesayangannya Ismail AS.

ustadz Kholili Nasir
ustadz Kholili Nasir

Baca juga: Rapat Penanggulangan Covid-19 di Aula Sasana Kaonak Puncak Jaya

Makna yang dipetik dalam kondisi pandemi saat ini yaitu menumbuhkan jiwa sabar, tabah dan ikhlas dalam menghadapi semua cobaan khusus dalam menghadapi pandemi Covid 19. Ustadz Kholili Nasir yang juga sebagai Imam Masjid Al-Mujahidin Mulia, menyampaikan dalam menghadapi covid 19 selain imun juga harus ditunjang dengan iman.

Alhamdulillah tahun ini Masjid Al-Mujahidin Mulia menyembelih 4 ekor sapi yang didatangkan dari Wamena, 1 ekor sapi sumbangan Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos. S.IP. MM yang diserahkan langsung oleh Sekda Puncak Jaya H. Tumiran, S.Sos. M.AP kepada ketua BKM Al-Mujahidin Mulia H. Abd. Manan, SH. M.KP, ketua BKM mewakili jamaah menyampaikan terima kasih kepada Bapak Bupati atas perhatian dan bantuannya.

Penyerahan hewan qurban ini disaksikan langsung oleh Kepala Kantor Agama Kab. Puncak Jaya Drs. Luther Pongmakamba dan pengurus BKM Al-Mujahidin Mulia, sedangkan 3 ekor sapi lainnya merupakan hewan qurban jamaah dari 3 kelompok qurban. Penyembelihan dilakukan setelah sholat id tepatnya jam 09.00 Wit oleh panitia qurban dengan tertib. Daging qurban diantar langsung oleh panitia ke rumah-rumah jamaah, metode pembagian bertujuan untuk menghindari kerumunan penerima daging qurban.

(Kominfo, 20 Juli 2021)

Close Search Window