News|

MULIA-PUNCAK JAYA (Kominfo) – Sejumlah acara digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Jaya untuk menyemarakkan 76 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia(RI). Di antaranya Lomba Gapura dan Lomba Kebersihan.
Koordinator Seksi Lomba Gapura dan Kebersihan Panitia HUT RI ke-76 Edy Kusman Rahman SIP menjelaskan, lomba gapura diikuti oleh 27 distrik. Sedangkan untuk lomba kebersihan diikuti seluruh OPD yang ada.


Kriteria penilaian yang diterapkan untuk lomba gapura keindahan pembuatan gapura. “Ini dilihat dari bahan baku yang digunakan, lalu gagasan atau keaslian ide yang digunakan tidak meng-copy paste dari gapura yang lain. Jadi ide kreativitasnya harus dimunculkan,” kata Edy, di sela sela penjurian ke sejumlah distrik di Kota Mulia, yaitu, Distrik Mulia, Pagaleme, dan Wuyuneri, Sabtu (14/8/2021).


Edy yang didampingi Kepala Dinas Kominfo Massora S.Hut, MSi dan Kabag Hukum Setda Puncak Jaya Irwan Rumbino S.Stp, menambahkan, ornamen yang digunakan di gapura harus bernuansa kemerdekaan.
Sedangkan untuk lomba kebersihan, dewan juri akan menilai dari aspek kebersihan lingkungan kantor, kerapian taman, jalan dan bangunan. “Bagaimana penataan kerapihan, keindahan halaman lingkungan kantor. Dilihat juga apakah sudah menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan dan juga harus ada imbauan vaksinasi,” tutur Edy yang juga Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Puncak Jaya.

Terkait penilaian distrik yang lokasinya jauh ibukota kabupaten, yaitu Mulia, kata Edy, telah disepakati gapura bisa dibuat di kantor perwakilan distrik yang ada di Mulia. “Karena lokasinya jauh harus menggunakan pesawat, sehingga pembuatan gapuranya dialihkan ke ibukota kabupaten. Ini memudahkan kita untuk melakukan penilaian,” kata Edy.
Ada empat distrik yang pembuatan gapuranya di kota Mulia, antara lain Distrik Torere, Molanikime, Kiyage dan Lumo. “Untuk penilaian Distrik terjauh itu tetap sama,” imbuhnya.


Kepala Distrik Torere Atias Kogoya menyampaikan terimakasih kepada Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda S.Sos, SIP, MM yang telah menginisiasi dan menggelar kegiatan lomba gapura. “Saya mau sampaikan terima kasih kepada Bupati sudah bikin lomba ini. Karena transportasi ke Distrik itu jauh, makanya kami adakan di kantor perwakilan di Mulia ini,” ujar Atias.

Sebelumnya, Bupati Puncak Jaya mengatakan, perayaan 76 tahun kemerdekaan RI tahun ini di Puncak Jaya tidak sama dengan tahun sebelum ada pandemi covid-19. “Kita tidak bikin perlombaan yang mengumpulkan banyak orang karena masih situasi covid-19, namun sebagai gantinya kita buat lomba pembuatan gapura di setiap distrik dan lomba kebersihan lingkungan kantor,” kata Bupati. (bs)

Close Search Window