SEKDA : RANGKING DUA KINERJA PEMERINTAHAN SE PAPUA TAHUN 2014, TAHUN 2015 TARGET NOMOR SATU

0

Mulia – Kesulitan daerah tidak menyulutkan prestasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan tingkat provinsi papua bagi SKPD Puncak Jaya. Terbukti tahun 2014 Puncak Jaya meraih rangking dua. Bertempat di Aula Sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya pada Jumat (29/8) diadakan Rapat Evaluasi Kinerja Penyelengaraan Pemerintahan Daerah (EKKPD) Kabupaten Puncak Jaya tahun 2015. Rapat yang dimulai pada pkl. 09.00 WIT tersebut di buka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Puncak Jaya Yuni Wonda, S.sos, S.IP.MM dan dihadiri oleh Pejabat dari Biro Tapem Provinsi Papua selaku Ketua Tim EKKPD Efraim Wondiwoy bersama stafnya Yusuf Hasegem,Novem Arya dari BPKP Propinsi Papua, serta Kabag Tapem SETDA Kabupaten Puncak Jaya Herman D Wanma, SSTP serta dihadiri kepala SKPD dilingkungan Pemda Kabupaten Puncak Jaya.
Dalam sambutannya Sekretaris Daerah Yuni Wonda, Sos,S.IP, MM menyampaikan apresiasi kepada semua kepala SKPD atas kerja kerasnya “Saya berterimakasih kepada semua kepala SKPD atas kerja kerasnya sehingga dari 29 Kabupaten/Kota yang ada di Propinsi Papua Kabupaten Puncak jaya mendapat ranking 2 pada tahun 2014.
Kami Bupati, Wakil Bupati, dan Sekda tidak bisa apa – apa kalau bukan karena kerja keras dari Kepala SKPD bersama staf kami beri perintah dan terima hasil oleh karena itu kami berharap kedepannya Kabupaten Puncak Jaya lebih meningkatkan prestasi tersebut”. Ungkap Yuni Wonda.

Sementara itu dalam arahan yang disampaikan oleh ketua Tim EKKPD Efraim Wondiwoy “ Kabupaten Puncak Jaya adalah tempat yang terisolir akan tetapi bisa meraih prestasi yang cukup gemilang di tahun 2013 Puncak Jaya menduduki peringkat ke – 12 akan tetapi pada tahun 2014 Puncak Jaya berada di peringkat ke – 2 dan itu merupakan pencapaian yang sangat memuaskan. Peringkat 1 adalah Kabuapten Jayapura dan peringkat ketiga dari Kabupaten Waropen. Oleh karena itu saya berharap kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya untuk mempertahankam prestasi tersebut dan lebih meningkatkan kinerja sehingga prestasi kerja tersebut menjadi contoh bagi kabupaten yang lain” Tandas Wondiwoy.
Lebih lanjut Wondiwoy menjelaskan bahwa Kabupaten Puncak Jaya pada tahun 2014 memperoleh nilai 1,8299 sedang akan tetapi merupakan sebuah pencapaian yang cukup bagus semua itu merupakan hasil kerja keras dari semua Kepala SKPD bersama jajarannya dalam mempersiapkan laporan yang baik sehingga kedepannya lebih maju lagi. Ungkap Wondiwoy.
Selanjutnya pemaparan materi dari tim EKKPD oleh Novem Arya dari BPKP Propinsi Papua yang meberikan pemaparan tentang kinerja SKPD dari setiap Kabupaten Arya berharap agar laporan dari kegiatan dari setiap SKPD agar secepatnya dapat disiapkan dan diserahkan kepada tim dan selanjutnya di serahkan ke Kementerian Dalam Negeri.
“Tuhan Baik, predikat EKPPD ini sebagai raport penyelenggaraan pemerintahan secara umum, jika raport jelek, maka tentu kenyataan juga demikian. Hasil ini jangan jadi ukuran perbandingan antar daerah namun ini merupakan hasil dari komitmen kuat pimpinan daerah baik Bupati, Ketua DPRD, Wabup serta sekda dan jajaran serta masyarakat. Tingkat kesulitan di pegunungan juga harus menjadi indikator yang adil bagi daerah, kota dan pedalaman harus dibedakan ”ungkap Yuni.
Disela – sela kegiatan Kabag Tapem Puncak Jaya Herman D Wanma, SSTP mengatakan bahwa kedatangan tim ke Mulia untuk melihat langsung data dilapangan khusus bagi kabupaten/kota yang memiliki nilai tertinggi, bukan sekedar diatas kertas. Semoga momen ini mampu memberikan kontribusi positif dari semua stakeholder untuk meningkatkan kinerja.
Dalam rapat tersebut diserahkan hasil EKKP tahun 2013 dari ketua tim EKKPD Efraim Wondiwoy kepada pemerintah Kabupaten Puncak Jaya yang diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Puncak Jaya. Sebelum menutup acara, Sekda secara langsung memimpin rapat evaluasi dan mengecek kesediaan data dari masing – masing Kepala SKPD. SKPD yang tidak lengkap dengan tegas sekda memerintahkan untuk melengkapi. Rapat ditutup dengan doa oleh staf ahli bidang pemerintahan Matius Kiwo, SE,M.Si

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply