RSUD MULIA MEMBANGUN

3

Mulia – Dalam rangka meningkatkan akses pelayanan kesehatan publik bagi masyarakat di Kabupaten Puncak Jaya, RSUD Mulia melakukan pembangunan fisik, yaitu 3 gedung yang berfungsi sebagai ruang ICU, Poli Umum, dan Radiologi. Sebagai satu-satunya rumah sakit di Kabupaten Puncak Jaya, RSUD Mulia berupaya maksimal untuk melengkapi fasilitas yang belum terpenuhi bagi pelayanan kesehatan masyarakat. Proses pembangunan gedung untuk ICU, Poli Umum, dan Radiologi direncanakan akan selesai pada Tahun 2016 dengan menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU). Sesuai dengan rencana, Tahun 2017 mendatang gedung-gedung yang baru dibangun dapat dioperasionalkan untuk pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Untuk peralatan bagi operasional gedung-gedung tersebut sudah tersedia, kecuali gedung ICU yang sudah disediakan melalui DAK tahun 2014 dan 2015.
Kepala Bagian Tata Usaha RSUD Mulia Nebena Telenggen, S.Km (23/10) mengatakan untuk pembangunan gedung ICU dan Poli Umum, prosesnya sudah berjalan 80%, sedangkan untuk gedung Radiologi baru berjalan sekitar 65%.
Pembangunan fisik gedung ICU menggunakan DAK dengan total dana Rp 7.276.001.000,-, gedung Poli umum menggunakan DAK dengan total dana Rp 8.446.886.000,-, dan gedung Radiologi menggunakan DAU dengan total dana Rp 6.173.726.000,-.
“Pemerintah Daerah Puncak Jaya turut berperan aktif dalam pembangunan gedung ICU, Poli Umum, dan Radiologi di RSUD Puncak Jaya karena sudah membantu untuk mengkomunikasikan rencana pembangunan gedung-gedung untuk pelayanan kesehatan masyarakat kepada Pemerintah Provinsi Papua dan Pemerintah Pusat”, ujar Nebena Telenggen, S.Km.
Nebena Telenggen, S.Km menambahkan “Kedepan, diharapkan bagi Pemerintah Daerah Puncak Jaya agar memperhatikan keberadaan tenaga spesialis, karena di RSUD Puncak Jaya masih minim akan tenaga spesialis”, ujarnya.

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya