RETAS KETERISOLIRAN KOMUNIKASI, PEMERINTAH WUJUDKAN PEMBANGUNAN BTS

0

Mulia – Dalam rangka meningkatkan kelancaran sistem komunikasi khususnya daerah blankspot di Kabupaten Puncak Jaya kedepan, Pemda Puncak Jaya berupaya semaksimal mungkin untuk memberikan pelayanan komunikasi yang optimal kepada masyarakat. Dukungan dapat terwujud setelah Kemenkominfo RI memfasilitasi pembangunan site BTS di 8 lokasi prioritas di wilayah Kabupaten Puncak Jaya melalui program sharing antara Kominfo RI, BP3TI, Telkomsel dan Pemda Puncak Jaya.

“Sejauh ini pembangunan BTS yang sudah dilaksanakan dan siap digunakan yaitu site Trikora dan Puncak Senyum, namun masih ada beberapa titik lain lagi yang menyusul seperti di  Site Tingginambut, Gurage, Kalome, Wuyuneri, Yambi, dan Fawi”, ujar Pengawas Lapangan BP3TI, Kiki Afrizal.

Ditambahkan oleh Kiki bahwa, BTS yang dipasang di beberapa titik saat ini mampu menampung sekitar 30 pengguna dalam 1 site disaat yang bersamaan dengan daya  jaringan internet 2g/ GSM. Diharapkan dengan adanya pembangunan BTS di beberapa titik ini dapat memperlancar sistem komunikasi yang selama ini hanya dibebankan kepada 1 BTS reguler yang berada di ibukota Mulia.

Kendala yang dihadapi oleh tim yang membangun BTS ini adalah masalah keamanan yang kurang kondusif serta material bangunan di Kabupaten Puncak Jaya. “Sebenarnya target bulan Februari seluruh site sudah dapat terpasang, namun karena masalah keamanan mengakibatkan terhambatnya proses pembangunan ini”, ujar Kiki.

“Kami berharap agar kedepan situasi lebih aman agar para pekerja bisa merasa aman. Kedepan tidak menutup kemungkinan akan dibangun tower yang lebih besar oleh Telkomsel untuk mendukung sistem jaringan komunikasi di Kabupaten Puncak Jaya. Dibutuhkan perjuangan dalam hal pembangunan infrastruktur teknologi khususnya di Puncak Jaya, namun diharapkan perjuangan ini dapat memberikan hasil yang positif kedepannya bagi masyarakat di kampung-kampung agar dapat mengakses jaringan komunikasi dan internet yang baik”, tambahnya.

Ditemui melalui saluran komunikasi, Plt. Kepada Dinas Kominfo, Ukkas, S.Sos mengatakan bahwa pembangunan BTS 8 lokasi prioritas adalah bukti komitmen pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Telkomsel untuk membangun daerah pelosok.

Dikesempatan yang sama, Ukkas S,Sos juga mengucapkan terimakasih kepada tim dari pemerintah pusat dan masyarakat yang sudah berpartisipasi sehingga masyarakat kini sudah dapat menikmati jaringan yang layak, tidak putus-putus dari Telkomsel.

“Tanah yang digunakan untuk membangun BTS bukan milik Pemda Puncak Jaya, tetapi hasil pinjam pakai dengan masyarakat asli pemilik tanah dengan jangka waktu peminjaman selama 5 tahun”, pungkasnya.

Menutup pembicaraan, Plt. Kadin Kominfo sekaligus Asisten II Setda Puncak Jaya berpesan kepada masyarakat untuk ikut menjaga BTS yang sudah selesai dibangun agar tidak dirusak oleh tangan-tangan yang jahil.

Sementara itu, Nus Kogoya, masyarakat sekitar Kp. Trikora mengucapkan banyak terimakasih kepada pemerintah pusat dan pemerintah daerah Puncak Jaya yang telah memberikan fasilitas pembangunan BTS dalam rangka meningkatkan pelayanan komunikasi kepada masyarakat karena selama ini masyarakat merasa susah untuk menggunakan alat komunikasi akibat jaringan komunikasi yang tidak memadahi.

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply