PERINGATAN ISRA MIRAJ MASJID AL MUJAHIDIN MULIA, PLH SEKDA TEKANKAN MEMAKMURKAN MASJID DAN HUBUNGAN TOLERANSI SEAGAMA DAN UMAT BERAGAMA

0

MULIA – Dalam rangka memperingati momen Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, Badan Kesejahteraan Masjid Al Mujahidin Mulia mengadakan Acara Peringatan dengan mengangkat tema “ Dengan hikmah Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, kita tingkatkan kualitas ibadah kepada Allah SWT “yang dilaksanakan di Masjid Al Mujahidin Mulia bertepatan dengan 27 Rajab 1436 H atau hari Minggu (17/5). Hadir dalam kesempatan tersebut mewakili Bupati Puncak Jaya, Plh Sekretaris Daerah, Tumiran, S.Sos, M.AP, Kasdim 1714/PJ Mayor Inf Arif, Kasat Intelkam Polres Puncak Jaya Iptu Yadang, Danramil Mulia Kapt Inf Ahmad Suryana, Ketua Pengurus BKM Al Mujahidin Mulia Abdul Manan, SH, Ketua Kerukunan PKJSM Mulia Mulyadi, S.Sos, M.AP, Ketua Kerukunan IKBM Mulia H. Abdul Azis, Ketua Pengajian An Nisa, dan tamu undangan.

Dimulai Pkl. 09.00 WIT, acara diawali dengan tabuhan gambus Grup Musik Al Banjari Al Muhajirin PKJSM Mulia memanjatkan shalawat Nabi Muhammad SAW dan barazanji dan dibuka lantunan Ayat Suci Al Quran oleh Nurliah Fitri dan Saritilawah Oleh Muh. Iqbal. Ditengah Acara diadakan penyerahan Hadiah kepada pemenang lomba TPA Nurul Quran meliputi Hapalan Surah Pendek, Doa Harian, Azan, dll serta penampilan drama singkat Nabi Yusuf AS. dan bacaan doa harian oleh santriwan/ wati TPA Al Quran Al Mujahidin Mulia.

Dalam acara tersebut Hikmah Isra Miraj yang dibawakan oleh Uzt. Adhan yang juga merupakan personil Raider TNI Yonif 303/ SSM menyampaikan bahwa hikmah Isra Miraj yang mengangkat tema peningkatan ibadah harus diartikan secara luas bukan diartikan sempit.“ Seorang istri menyuguhkan secangkir kopi kepada suami juga merupakan ibadah yang bernilai pahala oleh Allah SWT” Tutur Adhan. Ditambahkan oleh Adhan bahwa peringatan Isra Miraj yang merupakan momen penting Perintah Sholat dimana Nabi Muhammad SAW menerima langsung dari Allah SWT diperingati bukan tiap tahun namun harus diperingati setiap hari yakni Sholat 5 Waktu.

Mengawali Acara Ketua Panitia PHBI, Abdul Manan, SH menyampaikan terima kasih kepada pemda, Polres, Kodim dan seluruh pihak yang telah membantu terlaksananya Acara Isra Miraj. Apresiasi yang tinggi juga disampaikan kepada Guru TPA Alquran yang telah berdedikasi dalam mendidik putra/I Muslim Mulia

Ditemui selepas Acara, Plh. Sekda Kabupaten Puncak Jaya menegaskan bahwa “peringatan Hari – hari besar Islam/ Isra miraj adalah kegiatan rutin yang diperingati setiap tahunnya jangan dianggap sebagai rutinitas, namun harus diambil hikmah/ teladan untuk melakukan perubahan kearah yang lebih baik” Tegas Tumiran. Dijelaskan lebih jauh salah satu wujud dari perhatian pemda Puncak Jaya dalam pembangunan Bidang Keagamaan salah satunya adalah pembangunan Masjid Al Mujahidin Mulia, dan kedepan pemda akan membantu pembangunan rumah bagi pengurus/ Ta’mir Masjid. Plh Sekda dalam kesempatan tersebut turut bersyukur dan bangga bahwa Masjid Al Mujahidin merupakan salah satu bangunan Masjid yang termegah namun disesalkan bahwa jamaah yang mengisi 5 waktu hanya 1 shaf saja. “ Memakmurkan masjid bukan tanggung jawab pemda atau hanya dari sumbangan bapak/ibu namun tanggung jawab semua jamaah. Tegas Tumiran.

Lebih jauh Plh Sekda mengajak kepada seluruh jamaah untuk tetap menjaga kerukunan antar suku/ etnis dalam seagama dan membuang jauh ego kedaerahan karena akan memunculkan gesekan yang merusak kekompakan antar jamaah apalagi antar umat beragama. “ Allah SWT tidak melihat dari mana kita berasal, suku, mahzab tetapi Allah SWT melihat Iman dan Taqwa kita” Tutup Tumiran. Acara berlangsung meriah ditututp Sholat Dzuhur dan makan bersama.

 

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply