PENYERAHAN TAHAP PERTAMA PEMBAGIAN KARTU KIS DI KABUPATEN PUNCAK JAYA

0

Mulia – Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar merupakan salah satu program yang di gagas oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo dalam mensejahterahkan rakyat Indonesia, sebagai tindak lanjut dari Program tersebut, kamis (4/2) Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya melalui Kantor Pos cabang Mulia yang di akomodir oleh Dinas Sosial Kabupaten Puncak Jaya membagikan Kartu Indonesia Sehat (KIS) kepada para Kepala Distrik Di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya.

Penyerahan Kartu KIS secara Simbolis di serahkan oleh Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Tumiran, S.Sos, M.AP, Kepala Dinas Sosial Keni Wonda, S.Sos, Kepala Dinas Kesehatan Butinggen Telenggen, S.KM, M.Kes, Kabag Sumda Polres Puncak Jaya AKP. Muhlis kepada masing-masing kepala Distrik dan disaksikan oleh Kepala PT. Pos Cabang Mulia Jerremias Thomas Raningmas, Kepala BPJS Mulia pak Subur dan seluruh tamu Undangan yang hadir di Gedung Sasana Kawonak Kantor Bupati Puncak Jaya

“Penyerahan Kartu Indonesia Sehat ini telah lama di nanti – nanti masyarakat khususnya di Puncak Jaya karena melalui KIS ini masyarakat yang tidak mampu dapat menerima pelayanan kesehatan secara gratis sesuai dengan janji Presiden RI,”hal tersebut di ungkapkan oleh  Plh. Sekda Kabupaten Puncak Jaya Ukkas, S.Sos dalam sambutannya

Lebih lanjut ukkas, S.Sos menegaskan bahwa kartu KIS yang di bagi merupakan pembagian tahap pertama sebanyak 27.615 buah kartu dan jumlah tersebut masih dirasa kurang mengingat di Kabupaten Puncak Jaya saat ini memiliki 26 Distrik sedangkan untuk Jumlah kartu KIS memakai data lama yang hanya 8 Distrik, untuk itu ia meminta kepada para Kepala Distrik yang menerima pembagian tersebut dapat berkoordinasi dengan Kepala – Kepala Distrik baru dalam mensosialisasikan KIS kepada masyarakatnya agar pembagian tersebut benar-benar sampai kepada yang berhak sesuai identitas yang tertera di kartu KIS,”jangan sampai namanya ada di kartu KIS tapi orangnya tidak dapat,”tegas Ukkas.

Ukkas menambahkan sangat banyak kemudahan yang terima masyarakat dengan program KIS ini, karena dapat digunakan dimana  saja dari Puskesmas hingga Rumas Sakit dengan mengikuti prosedur yang di berikan. Oleh sebab itu dihimbau kepada masyarakat untuk dapat memanfaatkan program ini dengan baik, agar tidak terjadi kesalahan pendataan ukkas juga meminta para Kepala Distrik mendata masyarakatnya dan berkoordinasi dengan Dinas Sosial dan disampaikan kepada pihak BPJS,”untuk mencegah adanya nama di kartu KIS tapi orangnya telah meninggal ,”ungkap Plh. Sekda Kab. Puncak Jaya Ukkas, S.Sos.

Disaat yang bersamaan Kepala BPJS Cabang Mulia pak. Subur selaku penyelenggara jaminan kesehatan dalam arahan singkatnya memberikan penjelasan mengenai Prosedur penggunaan Kartu Indonesia Sehat yang dulunya di sebut Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas), Jaminan Kesehatan merupakan salah satu program Pemerintah kepada masyarakatnya yang kurang mampu.

Selain itu kepala PT. Pos cabang Mulia Jerremias Thomas Raningmas selaku penyalur mengungkapkan bahwa pada Kartu KIS ini ada beberapa kampung yang belum di sortir dan masih tercampur dengan Distrik lain, menurut Jeremias masalah tranportasi merupakan kendala pertama yang di hadapi PT. Pos dalam mendistribusikan Kartu KIS tersbut.

Disaat yang bersamaa Kepala Distrik Mewoluk Marshel Wonda mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Pemerintah RI dan Presdient Ir. Jokowi Widodo atas perhatian yang diberikan kepada masyarakat yang tinggal di daerah Pelosok, ia juga menegaskan akan terus mengawasi pembagian Kartu KIS hingga sampai kepada mereka yang berhak menerima KIS tersebut,”kami berharap melalui kartu ini masyarakat di Puncak Jaya sehat dan kartu ini pertama kali kami dapat,”ungkap Marshel.

Sekerdar di ketahui hadir dalam pembagian tersebut, Plh Sekda Kab. Puncak Jaya Ukkas, S.Sos, Asisten 1 Bid. Pemerintahan dan Kesra Tumiran, S.Sos, M.AP, Kepala Dinas Sosial Keni Wonda, S.Sos, Kabag Sumda Polres Puncak Jaya AKP. Muhlis, kepala PT. Pos cabang Mulia Jerremias Thomas Raningmas, Kepala BPJS Cabang Mulia pak. Subur dan Seluruh Kepala Disrtrik di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya

 

 

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply