News|

MULIA – (PUNCAKJAYAKAB.GO.ID)Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung (DPMK) Kabupaten Puncak Jaya mengawal penyaluran Dana Desa dan Alokasi Dana Desa tahap I melalui Bank Papua di 3 lokasi yaitu Kantor Bank Papua Cabang Mulia, Kantor Kas Bank Papua Distrik Fawi dan Kantor Kas Bank Papua Distrik Ilu. Penyaluran diawasi langsung oleh Inspektorat Daerah serta pengamanan oleh Aparat Polri yang dibekap oleh TNI.
Penyaluran tahap awal di Kota Mulia (wilayah I) pada Bank Papua Cabang Mulia dilaksanakan pada tanggal 14 – 19 September 2021 untuk 17 Distrik, penyaluran pada Kantor Kas Papua Distrik Fawi (Wilayah 3) dilaksanakan pada tanggal 20-24 September 2021 untuk 3 Distrik dan penyaluran melalui Kantor Kas Bank Papua Distrik Ilu (wilayah 2) untuk 7 Distrik.

Dalam arahan Kepala Dinas DPMK, Irwan Tabuni, S.STP menyampaikan Dasar Hukum dalam penyaluran Dana Desa, antara lain :
Undang – undang No. 6 tahun 2014 tentang Desa, Permendagri No. 20 tahun 2018 tentang Pengelolaan Dana Desa dan
Peraturan menteri No. 69 tentang perubahan atas peraturan menteri keuangan No. 222 tentang pengelolaan keuangan desa.

Dana desa bersumber dari dua komponen anggaran yaitu Dana Desa (DD) yang diperuntukan menunjang program penanganan pandemi Covid 19 sebanyak 8% dari dana Desa (DD), kepala kampung dapat memanfaatkan dana tersebut untuk menyediakan masker, untuk percepatan penanganan covid 19 agar setiap kampung membuka posko covid 19, Dana Desa digunakan pula sebagai Dana Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang setiap keluarga mendapatkan uang tunai sebesar Rp. 300.000/bulan selama 6 bulan atau sebesar 1,8 jt / Keluarga. Dalam rangka menunjang program Pembangunan Desa/Kampung Tertinggal (PDT) dialokasikan dari Dana Desa sekitar 50% digunakan untuk menunjang pembangunan jalan kampung, kolam ikan, pertanian, air bersih dan sebagainya.

Lanjut Kepala Dinas PMK menjelaskan khusus Alokasi Dana Desa (ADD) lebih diperuntukkan bagi meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan desa, pembangunan dan pelayanan kemasyarakat serta peningkatan kemampuan lembaga, perencanaan program kampung dan pengendalian pembangunan.

Irwan Tabuni menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kerjasama yang baik kepada semua pihak yang terlibat baik langsung maupun tidak langsung dalam penyaluran DD dan ADD, puji Tuhan penyaluran tahap I ini berlangsung aman, tertib dan lancar. (Diskominfo/Vi)

Close Search Window