PEMDA PUNCAK JAYA TERIMA PENGHARGAAN KINERJA PENYALURAN DANA DESA TERBAIK 2019

0

JAYAPURA– Kabupaten Puncak Jaya raih penghargaan sebagai Kabupaten terbaik di Provinsi Papua dalam penyaluran dana desa tahun 2019. Ini berdasarkan hasil penilaian dari Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua

Penghargaan diserahkan langsung oleh Sekertaris Daerah Provinsi Papua, Hery Dosinaen SIP,MKP mewakili Gubernur dalam acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) tahun 2020 dan Daftar Alokasi Dana Transfer ke Daerah dan Dana Desa (TKDD) tahun 2020 di Hotel Aston, Jayapura, Rabu (20/11).

Sekda Papua, Hery Dosinaen SIP.MKP menyampaikan apresiasi atas kinerja yang dicapai pemerintah daerah Kabupaten Puncak Jaya

“Pencapaian ini patut kita apresiasi, apalagi melihat kondisi geografis Puncak Jaya, yang terpencil jauh dari kota, namun bisa memberikan hasil yang luar biasa. Saya pikir ini perlu dicontoh oleh kabupaten lain di provinsi Papua,”ucap

Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinsi Papua Arif Wibawa, SSos, MM, mengaku penilaian ini berdasarkan indikator kinerja keuangan, saat pencairan dana desa tahap pertama 25 persen. Dimana Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya menyampaikan pertanggungjawaban atau persyaratannya paling cepat, baik APBD maupun dalam proses pencairan dana yang lebih awal.

Menurut dia, pada saat dana desa sudah cair ke rekening negara ke lalu ke rekening kas daerah ada batas waktunya.

“Kalau di kami itu maksimal tujuh hari. Dalam tujuh hari itu sudah harus tersalur ke rekening kas desa, biar dananya cepat berputar dan segera ada kegiatan-kegiatan di desa,” katanya

Hari menjelaskan, rekening kas daerah bisa cair ke rekening kas desa seandainya desa sudah menyampaikan laporan pertanggungjawaban dana desa.

Bersyukur dan Terima Kasih

Ditemui disela-sela acara tersbut Pelaksana tugas (Plt) Sekda Kabupaten Puncak Jaya, Tumiran S.Sos, M.Ap mengaku bersyukur kepada Tuhan atas hasil kerja keras yang telah dicapai ini

“Kami merasa bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, ternyata kerja keras kami mendapatkan apresiasi dari Pemerintah Pusat dalam hal ini Kementerian Keuangan Republik Indonesia melalui DJP Kantor Wilayah Provinsi Papua, yaitu dengan mendapatkan predikat “Pemerintah Daerah Terbaik Kinerja Penyaluran Dana Desa,” ucapnya.

“Kami akui bahwa walaupun kami berada di Daerah Pedalaman dengan tingkat kesulitan dan tingkat kemahalan tertinggi di Indonesia, tetapi dengan semangat dan kerja keras dari teman-teman di DPMK(Dinas Pemberdayaan Masyarakat Kampung) ternyata kami bisa,” sambungnya.

Rasa terima kasih dan apresiasi juga disampaikan Sekda mewakili Bupati dan Wakil Bupati kepada seluruh jajaran staf hingga di tingkat kampung yang terlibat langsung dalam penyaluran dana desa ini.

“Sebenarnya saya ingin mengatakan bahwa bukan masalah penghargaan yang kita dapat hari ini, tetapi yang lebih penting bagi kita semua adalah bagaimana mempertahankan dan terus memperbaiki kinerja pemerintahan kami secara umum,” katanya.

Hadir dalam acara tersebut antara lain dari Instansi Vertikal (jajaran Kodam XVII/Cend, Korem, Lantamal, Lanud, Polda, Polres Se-Papua, Kejaksaan, Pengadilan, Kemenkumham, SAR Nas, dan lain-lain serta dari Instansi Otonom mulai dari Pemerintah Provinsi Papua, Bupati/Walikota se Propinsi Papua, Kepala BPKAD Kabupaten/Kota, serta undangan lainnya.

Share.

About Author

Leave A Reply