PEMBUKAAN JALAN IRIMULI – URGELE – NALIME – GURAGE BUPATI HENOK MENAMAI “TU AKUMI INABUA” “JALAN KASIH”

0

Mulia – Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya melalui Dinas Pekerjaan Umum (PU) yang bekerja sama dengan PT. Modern Widya Technical selaku kontraktor yang bekerja telah membuka jalan Irimuli – Urgele – Nalime – Gurage, yang bertempat di Distrik Irimuli Kabupaten Puncak Jaya, Sabtu (28/5) siang ini.

Hadir dalam acara tersebut yaitu Bupati Puncak Jaya Drs.Henok Ibo, Wakil Bupati Yustus Wonda S.Sos, M.Si, Kapolres Puncak Jaya AKBP Hotman Hutabarat, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Hindratno Devidanto, Ketua TP-PKK Kabupaten Puncak Jaya Mince Hana Noriwari, S.IP, M.AP, Wakil Ketua TP-PKK Kabupaten Puncak Jaya Ibu Metina Gire, S.IP, Para Hamba Tuhan dari Klasis Gurage, serta tamu undangan dan seluruh Masyarakat Distrik Irimuli dan Gurage yang begitu antusias dalam mengikuti acara tersebut

Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Pilemon Tabuni S.PAK, S.IP, M.SI dalam laporannya mengatakan bahwa pembukaan jalan yg dilakukan hari ini akan digunakan pada Bulan Desember mendatang. “ Jalan yang dibuka hari ini akan digunakan bulan desember mendatang, untuk itu Saya selaku Kepala Dinas PU meminta kepada toko Agama, Toko masyarakat dan seluruh masyarakat agar dapat  mendukung atas pekerjaan ini karena pekerjaan ini bukanlah milik Dinas PU tetapi milik kita semua dan Rencana Panjang Ruas Jalan yang akan dibangun sepanjang 7,3km dengan lebar jalan 9 meter “ Ungkap Kadin PU

Selain itu ada pun pernyataan  dukungan oleh masyarakat yg di wakili kepala kampung urgele Enos Wonerengga, mengatakan bahwa pembukaan jalan ini adalah syukur mereka kepada Tuhan yg maha kuasa, dan juga mereka berterima kasih kepada Pemerintah Puncak Jaya atas pembukaan jalan ini. Ia juga menambahkan bahwa sebelum acara yang terjadi hari ini, pernah ada pembukaan jalan yaitu di Distrik Yambi dan Distrik Tingginambut.

Mewakili Ketua Klasis Gurage Yosep Murib S.Th dalam sepata-katanya mengucapkan banyak terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, DPRD Kabupaten Puncak Jaya serta seluruh TNI/POLRI yang selalu menjaga keamanan dalam pembangunan, sebagaimana penasehat gereja yosep yaitu dari pihak gereja sangat menerima pembukaan jalan yang dilakukan hari ini.

 

Sementara itu dalam sambutan Bupati Puncak Jaya Drs.Henok Ibo mengatakan bahwa dalam pembangunan jalan ini Pemerintah bukan karena tidak ada uang atau dana untuk membuat jalan ini, tetapi karena selalu masalah keamanan. Ia juga memanggil ke 5 orang Anak Asli Daerah yang bisa memegang atau membawa alat berat untuk siap membuka jalan ini dan Pembukaan jalan ini langsung dinamai dengan nama jalan KASIH dalam bahasa Lani ”TU AKUMI INABUA”.

Bupati Henok juga menyampaikan sedikit sejarah yang pernah terjadi dulu pada tahun 1982 lalu “Diatas Bukit Irimuli ini bahwa yang dulunya adalah Bukit Senyum atau Puncak Senyum, hingga  sekarang masih ada nama Puncak Senyum, karena apabila masyarakat dari mulia naik ke Puncak ini ataupun Masyarakat yang datang dari Tingginambut dan Ilu juga langsung tersenyum ketika sampai di Puncak Senyum karena Keindahan Alamnya.

 

Akhir Acara Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo membuka secara resmi pembukaan Pembangunan Jalan Irimuli – Urgele – Nalime – Gurage yang ditandai dengan Terbukanya Jalan tersebut dengan menggunakan Alat Berat atau Eskavator.

 

Di Kesempatan yang sama Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo melakukan peninjauan jalan Irimuli – Merah Putih dan memberikan Apresiasi kepada Masyarakat Binaan yang bernama Bongkar atas Kontribusinya dalam mengawal pembangunan Jalan Irimuli – Merah Putih yang kurang dari setahun telah terealisasi.

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply