News|

Mulia, (PUNCAKJAYAKAB.GO.ID) – SD Negeri Mulia Kabupaten Puncak Jaya menggelar pelepasan dan pengembalian peserta didik Sub Rayon 1 Mulia dengan tema maju bersama hebat semua , sub tema Belajar dan berkarya menjadi manusia berakhlak mulia, untuk bangsa dan Negara, yang bertempat di SD Negeri 1 mulia pada Kamis (16/06/2022). Acara pelepasan ini berlangsung meriah dengan selingan tampilan penari dan paduan suara dari perwakilan masing-masing sekolah yang memukau para hadirin yang hadir

Foto Diskominfo PJ Indah

Mendahului acara pelepasan, para tamu undangan dan seluruh anak didik dengan hikmat menyanyikan Indonesia Raya yang sebelumnya diawali doa pembukaan yang dipimpin oleh Pdt. Simon Perez Okowali, S.Si., Teol.

Kezia Keren Senandi mewakili peserta didik menyampaikan kesannya kepada guru-guru, yang selama ini sudah mendidik kami dan pesan kepada murid kelas 1 sampai dengan 5

“Kami merasa sekolah seperti rumah kedua bagi kami, guru-guru merupakan orang tua di sekolah yang selalu mengajar, mendidik, membimbing, membina, dan mengarahkan kami semua, terima kasih kepada guru-guru yang telah mengajar kami membaca dan menulis sehingga kelak kami menjadi orang yang berguna bagi diri sendiri, orang tua, agama, bangsa, negara dan buat kami peserta didik yang berada di sekolah ini jangan pernah bosan, malas atau bolos sekolah, rajinlah belajar dan jangan pernah bosan mendengar nasehat dari para guru,” ucap Kezia.

Ketua komite SD Negeri 1 Mulia Elka Murib, SE.MAP mewakili orang tua murid mengucapkan terima kasih kepada guru-guru, yang sudah mengabdi dan rela meninggalkan keluarganya demi mendidik para murid di sekolah ini.

Foto Diskominfo PJ Indah

“Kami ucapkan terima kasih kepada guru-guru, yang sudah mengabdi di tempat ini dengan keadaan, kondisi, rela meninggalkan keluarganya, tanah kelahirannya dan datang ke sini untuk mendidik para murid, dengan penuh kesabaran, kesetiaan dari guru-guru, kepada anak para murid dan kami tidak bisa membalas tapi Tuhan yang akan membalas semua kebaikan para guru-guru disini, kami juga minta maaf atas semua kesalahan anak kami Selama berada di sekolah ini,” ungkap Elka.

Elka Murib, tak lupa memberikan pesan kepada para guru untuk tetap mendidik, membina semua para murid yang ada di sekolah SD Negeri 1 Mulia

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Amir Wonda, S.Pd.,M.Pd menyampaikan rasa terima kasih kepada guru-guru, yang selama ini sudah mendidik para peserta murid meskipun duku yang berbeda, Karakter, tingkah laku yang berbeda tapi kalian tetap sabar dan tekun untuk mendidik mereka.

Lanjut, tahun depan Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya tidak menerima honorer, dan jika ada sekolah yang ingin menerima tenaga honorer, maka sekolah tersebut yang akan menanggung biaya untuk tenaga honorer.

Amir Wonda, berpesan kepada kepala sekolah SD Negeri Mulia untuk tetap memperhatikan penulisan, penandatanganan dan Cap pada ijazah

Foto Diskominfo PJ Indah

“penulisan, penandatanganan dan cap pada Ijazah sangatlah penting, oleh sebab itu kepala sekolah harus memperhatikan itu, jangan sampai berbeda dengan identitas yang ada di Kartu keluarga, untuk penandatanganan dan cap ada ijazah agar diteliti dengan baik karena sudah beberapa kali saya temukan Ijazah yang dibagian belakang tidak ditanda tangani bahkan dicap, oleh sebab itu agar kedepannya harus diperhatikan, ” pesan Amir Wonda.

Amir Wonda berharap agar orang tua siswa yang baru saja dilepas untuk tetap mendukung anaknya kejenjang Pendidikan yang lebih tinggi

“Jangan ada siswa yang baru dilepas tidak melanjutkan sekolahnya, untuk orang tua siswa yang baru saja dilepas, agar tetap mendukung, mendorong anaknya kejenjang Pendidikan yang lebih tinggi, ” harap Amir Wonda.

Ditempat yang sama kepala Sekolah SD Negeri Mulia Darlina, M.Pd, mengatakan bahwa sekarang pendidikan di fokuskan pada akhlak atau sifat, terutama dalam kurikulum 2013 penilaian yang paling dominan itu adalah sifat dan perilaku.

Kepala sekolah SD Negeri Mulia Darlina, M.Pd, menjelaskan tentang ujian bersama di Sub Rayon 1 Mulia

“Berlangsungnya ujian Sub Rayon 1 Mulia yang sebelumnya diadakan ujian bersama secara gabungan di SD Negeri Mulia sebagai sekolah penyelenggara yaitu berlangsung pada tanggal 25-28 April 2022, adapun jumlah Peserta yang terdaftar sebagai peserta ujian pada Sub Rayon 1 Mulia berjumlah 119 siswa, SD Negeri Mulia berjumlah 41, SD Inpres Dondobaga berjumlah 15 siswa, SD YPPGI Mulia berjumlah 18 siswa, SD Inpres Dokome berjumlah 27 siswa, SD Negeri Yamo berjumlah 18 siswa,” jelas Darlina.

Dikesempatan yang sama pula Darlina, menyampaikan kelulusan peserta didik kelas VI, berdasarkan surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Puncak Jaya Nomor. 423.7/342/2022 tanggal 15 juni 2022

“Berdasarkan surat keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan kabupaten Puncak Jaya Nomor. 423.7/342/2022 tanggal 15 juni 2022 tentang penetapan kelulusan Sekolah Dasar Tahun Pelajaran 2021/2022 menimbang, memperhatikan, memutuskan bahwa peserta didik yang dinyatakan lulus adalah mereka yang dinyatakan sudah menyelesaikan seluruh program pembelajaran, memperoleh nilai sikap, perilaku minimal baik, terdaftar pada daftar nominal tentang peserta ujian nasional atau ujian sekolah, lulus ujian sekolah, nilai yang digunakan dalam penetapan kelulusan adalah nilai rata-rata lapar semester 1 sampai semester 6, ” ungkap Darlina.

Dalam wawancara, Darlina menyampaikan bahwa Kegiatan pelepasan dan pengembalian peserta didik kelas VI Sub Rayon 1 Mulia bergabung 5 SD diantaranya SD Negeri Mulia, SD Inpres Dondobaga, SD YPPGI Mulia, SD Inpres Dokome, SD Negeri Yamo.

Darlina, berharap kepada orang tua murid agar memperhatikan anaknya dalam hal Pendidikan

“Para orang tua murid untuk tetap memperhatikan,mendorong anaknya dalam hal pendidikan karena Pendidikan itu sangat penting untuk kita semua Dan itu adalah tanggungjawab bersama, “harap Darlina.

Turut hadir dalam acara pelepasan ini, Kapolres Puncak Jaya,AKBP Kuswara, SH, S.IK, Pasiter, Kapten.Chk.Hery Purwanto, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan ,Amir Wonda, S.Pd, M.Pd, Kepala Sekolah, Darlina,M.Pd Ketua Komite,Elka Murib, SE, MAP dan Sekretaris TP PKK Puncak Jaya Sulbiah Salam, S.Hut. M.KP. (KominfoPJ/Indah).

Close Search Window