News|

MULIA,-(PUNCAKJAYAKAB.GO.ID), dalam meningkatkan kemampuan mental, disiplin dan pembinaan fisik anggota Pol PP, Dinas Satuan Polisin Pamong Praja Kabuoaten Puncak Jaya menyelenggaran Latihan Dasar PBB di lapangan alun-alun kota Mulia, Kamis, 21 Oktober 2021.

Pelatihan dasar baris-berbaris anggota pol PP Kabupaten Puncak Jaya, dibina langsung oleh anggota yang berasal dari internal Pol PP diantaranya Stevanus Wonsimor, dan Lines kogoya, pelatih internal ini dianggap punya kompetensi yang cukup karena pernah mengikuti Latsar Pol PP pada SPN Jayapura. Meskipun dalam cuaca yang sangat panas tetapi para anggota tetap semangat dalam melaksanakan pelatihan tersebut.

Pelatihan Dasar Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Puncak Jaya / Diskominfo PJ

Tujuan dari pelatihan baris-berbaris bagi anggota Pol PP Honorer adalah memberi pemahaman cara baris-berbaris dan penghormatan yang benar, selain itu untuk membentuk mental dan kemampuan fisik serta penanaman kedisiplinan bagi anggota. membentuk satuan tenaga honorer di satuan polisi pamong praja bagaimana kami mengajarkan mereka disiplin baris-berbaris dan juga cara penghormatan sebab kita lihat bahwa selama ini yang bisa baris-berbaris itu hanya aparatur sipil negara (ASN) yang sudah dilatih di SPN Jayapura sedangkan tenaga honorer ini baru dibentuk, mereka belum paham tentang baris berbaris ungkap Kasat Pol PP Frits Opur, SH.

Sebagai garda terdepan dalam penegakan Perda, peraturan Bupati, SK Bupati, menyelenggarakan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat serta perlindungan masyarakat, Frits Opur menyampaikan bahwa sudah sepatutnya anggota Pol PP dituntut harus profesinal dalam menjalankan tugasnya. Diharapkan dengan Latsar anggota bukan hanya paham tata cara baris berbaris, penghormatan tapi lebih dari itu yaitu pembentukan karakter khususnya mental dan disiplin dalam menghadapi tugas yang penuh resiko karena bersinggungan langsung dengan masyarakat.

Frits S. Opur, SH mengatakan, Harapan kami satuan polisi pamong praja kedepannya dalam menjalankan tugasnya dengan baik, lebih profesional dan santun dalam menghadapi masyarakat. Kasat menyadari bahwa pelaksanaan tugas Pol PP belum berjalan maksimal, hal ini disebabkan beberapa faktor diantaranya profesionalitas SDM serta sarana dan prasarana pendukung. Kami berharap kedepannya dapat dilaksanakan Latsar di SPN Jayapura, penyediaan kelengkapan anggota, peralatan anti huru hara dan angkutan mobilitas anggota. Sarana angkutan sangat dibutuhkan dalam mobilitas anggota menjaga Kamtibmas dan linmas serta patroli rutin pengawasan ASN serta anak sekolah yang berkeliaran pada jam-jam belajar. (kominfo. PJ/bi)

Close Search Window