News|

Mulia (PUNCAKJAYAKAB.GO.ID) – Organisasi sosial IKMS (Ikatan Keluarga Minang Saiyo) Padang Sumatera Barat sedang dalam proses pembentukan dan tidak lama lagi akan berdiri di Kabupaten Puncak Jaya Provinsi Papua, hal ini dibahas dalam satu forum di perumahan Kodim 1714, Minggu siang (28/03/2022).

Foto Diskominfo PJ Johdan A.A.P.

Menurut keterangan Ketua IKMS Dicky Si Kumbang atau yang sering disapa Uda, pertemuan ini rutin digelar sudah berjalan 5 bulan.

“Pertemuan ini rutin digelar rutin setiap bulan sudah berlangsung selama 5 bulan, yang kita bahas ini mengenai AD/ART terbentuknya organisasi sosial dengan jumlah anggota saat ini kurang lebih 50 orang,” ucap Uda.

Uda menerangkan, masyarakat Minang atau Padang Sumatera Barat sudah ada di Kabupaten Puncak Jaya selama 20 tahun lamanya, namun baru bisa dibentuk organisasi saat ini.

Foto Diskominfo PJ Johdan A.A.P.

“Saya sendiri sudah lama ada di Kabupaten Puncak Jaya, bahkan masyarakat minang ada disini sudah 20 tahun lamanya, cuman baru saat ini akan dibantuk oorganisasi sosial IKMS,” terang Uda.

Untuk saat ini IKMS akan berusaha mendekatkan diri ke Pemerintah Daerah Puncak Jaya agar diakui sebagai masyarakat Padang Sumatera Barat.

“Tujuan saat ini kita akan mendekatkan diri kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya agar organisasi sosial kita ini atau IKMS diakui sebagai masyarakat asli Padang Sumatera Barat,” tandas Uda.

Jikalau IKMS ini sudah dibentuk secara resmi di Kabupaten Puncak Jaya, Uda akan berusaha memasukkan berkas organisasi sosial ke Kesbangpol Kabupaten Puncak Jaya.

“Saat ini sedang kita rintis Organisasi Sosial IKMS ini berdiri, jikalau sudah terbentuk secara resmi, saya akan berusaha memasukkan berkas IKMS ke Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik atau Kesbangpol Kabupaten Puncak Jaya,” jelas Uda.

Kedepan, agenda sosial atau agenda kemasyarakataan IKMS yang paling utama akan kita jalankan terus dengan misi utama organisasi mengutamakan pendidikan wajib 9 tahun.

Foto Diskominfo PJ Johdan A.A.P.

“Agenda sosial dan kemasyarakatan yang akan kita buat atau Misi utama IKMS adalah mengutamakan pendidikan wajib 9 tahun untuk masyarakat Kabupaten Puncak Jaya,” tandas Uda.

Uda mengimbau kepada seluruh masyarakat asli Padang Sumatera Barat berdomisili Puncak Jaya yang belum bergabung dengan IKMS untuk segera bergabung dalam organisasi sosial.

“Saya beserta anggota yang sudah hadir mengimbau kepada masyarakat asli padang sumatera barat yang berdomisili di Kabupaten Puncak Jaya untuk segera bergabung dalam organisasi sosial atau IKMS,” imbaunya Uda. (KominfoPJ/Hari).

Close Search Window