KUNJUNGAN MENTERI SOSIAL RI, AKAN BANGUN BALAI LATIHAN BAGI 54 ANAK MUDA DARI SEBERANG YANG MENYERAHKAN DIRI KEPADA NKRI

0

MULIA – kunjungan kerja menteri Sosial Republik Indonesia di Kabupaten Puncak jaya merupakan kado istimewa yang bagi masyarakat setelah selang sehari perayaan 17 Agustus 2015 pada hari Rabu (19/08) Menteri Sosial Republik Indonesia Hj.Dra.Khofifah Indar Parawansa bersama rombongan berkunjung ke kota Mulia Kabupaten Puncak jaya.

Mensos yang bertolak dari Bandara Moses Kilangin Timika tiba di Bandar Udara Mulia sekitar pkl. 11.00 WIT dengan menggunakan pesawat milik PT. Freeport Indonesia langsung disambut oleh Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo bersama Ketua PKK Kabupaten puncak jaya Ny. Mien Ibo dan muspida Kabupaten Puncak jaya.

Pada kesempatan tersebut ketua PKK Ny. Mien Ibo memberikan satu buah tas noken yang merupakan aksesoris khas dari masyarakat papua yang langsung dikenakan oleh mensos khofifah Indar Parawansa.

Mensos juga menyempatkan diri berkunjung ke Mesjid Al – Mujahidin Mulia yang langsung disambut meriah para jamaah dan berkesempatan memberikan nasihat kepada anak – anak yang hadir untuk lebih rajin belajar “Didalam islam mengajarkan hidup damai, rukun, oleh karena itu anak – anak harus menjadi anak – anak yang membawa damai rajin belajar untuk mencapai cita – cita”ungkap khofifah.

Mensos khofifah juga mengunjungi pasar sentral kota lama mulia dan membeli buah merah yang merupakan buah hasil alam Puncak Jaya serta beberapa hasil bumi lainnya. Khofifah juga menyempatkan diri berbincang – bincang dengan mama – mama yang berjualan di pasar. Seluruh perhatian masyarakat ditujukan kepada sang menteri yang dalam waktu sekejap bisa membaur dengan masyarakat disekitar.

Selanjutnya rombongan menuju ke Kantor Bupati puncak Jaya yang langsung disambut oleh Pegawai Negeri Sipil dan langsung menuju ke ruang kerja Bupati Puncak. Rombongan yang tiba langsung disuguhkan makan siang yang sudah disiapkan oleh ibu – ibu rumah Doa Mulia.

Selanjutnya Bupati Henok Ibo menyampaikan terima kasih kepada Mensos yang sudah berkesempatan hadir di kota mulia Kabupaten Puncak Jaya “ Kami masyarakat Kabupaten puncak Jaya mengucapkan terima kasih karena Kabupaten ini sudah berdiri selama 19 tahun Menteri Sosial Ibu Hj.Dra.Khofifah Indar Parawansa adalah menteri pertama berkunjung ke Kabupaten Puncak Jaya itu karena Tuhan baik sehingga bisa membawa ibu ke kota Mulia” Ungkap Henok Ibo.

Henok Ibo menambahkan kemarin kami dapat info ibu menteri cuma berapa menit di kota mulia kami muspida dan hamba Tuhan berdoa kalau Tuhan yang punya rencana maka pasti ibu menteri punya waktu dan ini Tuhan yang bawa ibu ke kota Mulia.

Menteri Khofifah menyampaikan bahwa kunjungannya ke Mulia adalah menepati janji karena apabila ada pejabat pemerintah dari Kabupaten yang berkunjung ke kantor kami silaturahim maka kami akan membalas kunjungan tersebut .

Selain itu kehadiran kami di Papua atas penugasan dari presiden karena informasi tentang hujan salju oleh karena itu kami ditugaskan ke Kabupaten Lani Jaya, Nduga, Kab. Puncak, dan Puncak Jaya namun kami belum sampai ke Kabupaten Puncak Jaya tapi hari ini Tuhan bawa kami ke Kabupaten Puncak Jaya

“Untuk surat dari Pemkab Kabupaten Puncak jaya mengenai permintaan motor treel sudah ada 3 buah dan dalam perjalanan ke sini sedangkan untuk PKK yaitu usaha peningkatan ibu – ibu ada 20 paket UB atau usaha bersama terdiri dari 10 orang dengan nilai Rp. 20 juta .

Selain itu untuk peningkatan pendapatan masyarakat menurut informasi yang saya dapat dari pa sekjen ketika pa Wakil Bupati berkunjung ke kantor adalah batu mulia oleh karena itu kami menyumbangkan 1 mesin yang dapat dipakai untuk mengelola batu – batu dari mulia.

Dan yang paling penting adalah yang sering disebut Kartu Indonesia Pintar diperuntukkan bagi anak usia 6 – 21 tahun apabila mereka putus sekolah pada tingkat SD maka diusahakan untuk ikut Paket B dan menerima dana bantuan Rp. 750 ribu/tahun. Sementara pada tingkat SMU/SMK maka dana yang diterima adalah Rp. 1 juta/pertahun.

Selanjutnya kartu Indonesia Sehat adalah apabila RSUD sudah menandatangani MOU dengan BPJS karena pemerintah menyiapkan dana senilai Rp. 88,2 juta dan masyarakat ekonomi rendah harus mendapatkan Kartu Indonesia Sehat (KIS). Selanjutnya adalah kartu merah putih atau kartu sejahtera adalah adalah digunakan oleh masyarakat ekonomi lemah dan bisa digunakan sebagai pengganti sertifikat oleh karena itu harus di pergunakan dengan dengan baik.”Jelas mensos.

Selanjutnya pada kesempatan tersebut Kapolres Puncak Jaya AKBP. Marselis Sarimin juga memberikan permohonan pembangunan asrama bagi anak – anak muda yang selama ini memiliki pemikiran berseberangan dengan pemerintah yang sudah menyerahkan diri kembali ke NKRI sekitar 600 orang namun yang sudah bersedia di didik sekitar 54 orang namun karena belum memiliki balai khusus sehingga Kapolres bersama Dandim 1714/Pj Letkol Bayu Sudarmanto berharap dengan kunjungan Mensos bisa untuk menjawab usulan tersebut dan mendapat tanggapan positif dari mensos.

Sementara itu Woman Center ibu – ibu yang diusulkan oleh ketua PKK Kabupaten puncak jaya Ny. Mien Ibo mendapat persetujuan dari mensos.Pada kesempatan tersebut mensos juga memberikan cenderamata kepada ibu ketua PKK berupa kain adat Batak yang langsung dikenakan pada ketua PKK Kabupaten Puncak jaya.

Bupati Henok Ibo juga menyerahkan cenderamata kepada mensos berupa batu mulia, kopi Mulia serta minyak buah merah yang merupakan hasil bumi puncak jaya.

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply