KONTRIBUSI POSITIF SATGAS KIJANG BAGI PELAYANAN KESEHATAN MASYARAKAT PUNCAK JAYA

2

Mulia – Satgas Kijang dan Terapung (Satuan Tugas Kaki Telanjang dan Terapung) merupakan sebuah program pelayanan kesehatan dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua bagi masyarakat di wilayah terpencil, terluar, dan perbatasan. Pelayanan kesehatan melalui Satgas ini juga hadir ditengah masyarakat Kabupaten Puncak Jaya yang masih minim infrastruktur dan SDM kesehatannya. Di Kabupaten Puncak Jaya, anggota Satgas Kijang yang terdiri atas 7 orang telah berhasil memberikan kontribusinya bagi pelayanan kesehatan masyarakat di beberapa Distrik seperti Jigonikme, Tingginambut, dan Yamo. Dalam memberikan pelayanan kesehatan, 7 anggota Satgas Kijang memiliki keahlian masing-masing di bidangnya, seperti ahli pada profesi gizi, promosi kesehatan, analis kesehatan, farmasi, kesehatan lingkungan, bidan, dan perawat. Kontribusi kesehatan yang telah diberikan oleh anggota Satgas Kijang antara lain melaksanakan kegiatan pelatihan kader Puskemas di Puskesmas Nioga, Tingginambut, dan Yamo, melaksanakan kegiatan pengobatan ke kampung-kampung, penyuluhan tentang kesehatan bagi masyarakat, pengobatan gratis bagi masyarakat, penimbangan Balita, pemeriksaan HIV/Aids dan Malaria, serta imunisasi dan pemberian vitamin A pada bayi balita.
Pada penutupan kegiatan Satgas Kijang, Senin (21/11) di Dinas Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya, Plt Sekda Kabupaten Puncak Jaya Tumiran S.Sos, M.AP mengatakan, “Mengapresiasi Dinkes Provinsi Papua karena sudah melaksanakan kegiatan Satgas Kijang, karena Puncak Jaya merupakan salah satu wilayah yang sangat membutuhkan pelayanan serupa”. “Dari 26 Distrik, hanya beberapa distrik saja yang dapat dijangkau. Masih banyak distrik yang belum dapat dijangkau oleh jalur darat. Oleh sebab itu, memang diperlukan pelaksanaan program-program seperti Satgas Kijang”, ujarnya.
Bapak Noldi selaku tim monitoring dan evaluasi dari Dinas Kesehatan Provinsi Papua mengatakan, “Atas nama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, pihaknya berterimakasih kepada Pemerintah Puncak Jaya karena telah menerima dengan baik keberadaan Satgas Kijang”. Untuk meningkatkan profesionalitas anggota Satgas Kijang kedepannya, Dinas Kesehatan Provinsi Papua akan terus melaksanakan evaluasi dan pembinaan bagi anggota Satgas. “Kedepannya, diharapkan agar tim Satgas Kijang yang sudah ada saat ini dapat kembali melayani di Kabupaten Puncak Jaya, bahkan jumlahnya diupayakan agar bertambah”, ujarnya.

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

2 Comments

Leave A Reply