KODIM 1714/PJ: UNTUK PERTAMA KALINYA MEMBUKA PENDAFTARAN CALON ANGGOTA TNI-AD DI PUNCAK JAYA

0

Mulia –Untuk yang pertama kalinya Kodim 1714/PJ telah membuka pendaftaran calon Anggota TNI-AD Khususnya secata bagi Orang Asli Papua (OAP) di Kab. Puncak Jaya dan Kab. Puncak ,penerimaan Peserta secata yang telah dilakukan satu minggu sebelumnya ini berjumlah kurang lebih 60 orang yang telah mendaftar dimana sekitar 10 – 15 orangnya adalah non OAP dan peserta sudah mengikuti tes kesehatan dan fisik. Kegiatan tersebut telah berlangsung selama seminggu dan bertempat di mabes Kodim 1714/PJ, Jumat (8/11).

Saat ditemui di ruang kerjanya Komandan Kodim 1714/PJ Letkol.Inf. Agus Setyawan mengatakan bahwa “penerimaan calon secata ini baru pertama kali di Puncak Jaya karena selama ini untuk penerimaan secata dilakukan di kota Biak dan Jayapura. Agar menambah animo masyarakat Puncak Jaya pelaksanaan seleksi kami adakan di Puncak Jaya”, ucap Dandim 1714/PJ Agus Setyawan dalam wawancaranya.

Menyangkut dengan jumlah peserta yang telah mendaftar sekitar 60 orang yang di dominasi putra daerah yang berasal dari Kab. Puncak Jaya dan kab. Puncak. Sebagian juga dari teman – teman non OAP.  “sekitar 10 – 15 orang sisanya dari non OAP jadi perekrutan lebih dominan untuk OAP adapun nanti dari hasil akhir seleksi ini akan kami arahkan ke Biak sebagai seleksi pusat dan selanjutnya melaksanakan pendidikannya di Jayapura. Tetapi  kita kirim nanti ini istilahnya 90% mereka sudah siap untuk melaksanakan pendidikan dan akan diseleksi lebih lanjut lagi” Imbuh Agus Setyawan.

Animo masyarakat Puncak Jaya itu dapat terlihat karena terbukti yang mendaftar peserta secata kali ini berasal dari Pelajar yang duduk di tingkat akhir (SMA). “untuk saat ini kita bersyukur, cukup besar semangat yang ada di masyarakat Puncak Jaya dimana yang mendaftar hampir sebagian besar para siswa SMA kelas 3 dan kelas 2 menggunakan ijasah SMP. jadi bisa melaksanakan pendaftaran untuk bisa bergabung bersama-sama untuk mengikut seleksi calon TNI-AD” tambah Dandim Agus.

Inf. Agus Setyawan menyampaikan terimaksih karena selama kegiatan kodim bekerjama sama dengan Pemda dalam hal mungkin pelaksanaan seleksi dan pembiayaan dan untuk masalah pemeriksaan kesehatan kerja sama dengan RSUD mulia.

“Saya berharap dengan adanya seleksi dari Puncak Jaya ini akan semakin menambah animo dari masyarakat atau dari pemuda yang ada disini sehingga pemuda yang ada di Puncak Jaya tidak berpikir bahwa kesulitan dalam mendaftar TNI. Semoga dengan adanya seleksi ini kedepan kita juga semakin banyak lagi animo dan kita sendiri bisa menjadi motor bagi kabupaten-kabupaten lainnya yang ada di pegunungan ini sehingga banyak pemuda yang punya antusias masuk menjadi TNI-AD dan bersama-sama membangun wilayah kabupaten puncak jaya ini” tutupnya.

kegiatan seleksi sudah berjalan selama 1 minggu dan hari ini merupakan hari terakhir dalam melaksanakan seleksi, tinggal menunggu hasil rekap data. Dari hasil rekapan tersebut yang memenuhi syarat akan kita kirim ke biak guna melanjutkan tahap seleksi selanjutnya. (HumasPuja: Helen/Son)

Share.

About Author

Leave A Reply