KETUA DWP PUNCAK JAYA LARANG IBU-IBU UNTUK TIDAK MENITIP BALITA SAAT BERKEBUN

0

Mulia – Salah satu upaya dalam rangka mengatasi angka kematian ibu dan anak, Ketua Darma Wanita Persatuan Kabupaten Puncak Jaya sekaligus Kepala Puskesmas Mulia, Ny. Ursula Wonda bekerjasama dengan Puskesmas  mengadakan Kegiatan penyuluhan dan Posyandu yang dilakukan di Muliagambut kota lama Mulia, Kamis (19/02) lalu.
Sebagai agenda rutin yang dilakukan sebulan sekali, Ketua Darma Wanita Persatuan mengimbau kepada ibu-ibu yang memiliki anak bayi maupun balita agar rutin datang untuk periksa kondisi bayi dan balitanya. Ia juga mengatakan “tempat posyandu ini dibangun karena bayi dan balita syarat minimal 100 anak baru bisa dibangun, tetapi saya lihat disini ibu, bayi dan balita yang datang tidak cukup 100 anak melainkan 5 sampai 10 orang anak saja” ungkapnya.
Ny. Ursula juga menegaskan kepada ibu-ibu yang ikut bahwa ”Jangan menitip bayi dan balita ke orang lain ketika orangtuanya pergi ke kebun karena pertama orangtua harus tahu melihat perkembangan anaknya apakah dia sakit atau sehat, karena tumbuh kembang bayi pada masa bayi dan balita membutuhkan kasih sayang dan sentuhan dari ibunya. Yang kedua posyandu dan kegiatan imunisasi itu sangat penting karena dapat menambah daya tahan tubuh bayi dan balita” tegasnya. Disamping itu Ursula mengimbau agar memperhatikan kandungan gizi yang diberikan kepada balita karena dalam masa tumbuh kembang anak menjadi dewasa dipengaruhi oleh asupan nutrisi saat usia 1000 hari pertama. Ursula juga menekankan pentingnya mainan stimulus untuk anak agar balita dapat menumbuh kembangkan otak dan kognitifnya.
Dalam wawancara singkat Ketua Dharma wanita mengatakan “ memang ada salah satu bidang di Dharma wanita yaitu bidang sosial budaya dengan pemberian makanan tambahan (PMT) supaya ibu-ibu yang membawa bayinya bisa mengetahui dan mengenal apa itu Organisasi Darma Wanita Persatuan”.
Dalam kegiatan tersebut tampak beberapa ibu membawa anaknya untuk ditimbang dan diberikan vaksin, setelah mendapat pelayanan dari petugas kesehatan dan ibu – ibu anggota Dharma Wanita Puncak Jaya langsung duduk di halaman Pustu dengan tertib mendengarkan penyuluhan.
Ia berharap bahwa kedepanya ibu – ibu yang menbawa bayi harus aktif setiap bulan sehingga bisa mengetahui berat badan bayi setiap bulan, imunisasi yang harus didengarkan dan mengikuti apa yang disampaikan oleh petugas kesehatan baik di Puskesmas maupun RSUD.

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply