JAWAB PERMASALAHAN K2 FORMASI 2013 KEPALA BKN RI ADAKAN KUNKER KE PUNCAK JAYA

0

Mulia – Menjawab permasalahan CPNS kategori dua (K2) Formasi 2013 di Kabupaten Puncak Jaya yang cukup lama dan baru terjawab di tahun 2019 dimasa kepemimpinan Bupati Yuni Wonda dan Deinas Geley dengan adanya pembagian SK CPNS Formasi umum pada Februari lalu dan Kategori dua pada Kamis (4/7) yang diserahkan langsung secara simbolis oleh Kepala BKN RI DR. Ir. Bima Haria Wibisana, M.Sis kepada 10 perwakilan CPNS K2 di Halaman Kantor Bupati Puncak jaya.
Kunjungan Kerja dari Kepala BKN RI Ke Puncak Jaya ini sebagai bentuk perhatian terhadap permasalahan CPNS K2 yang cukup berlarut – larut belum juga selesai. Kepala BKN RI yang disambut oleh Bupati Puncak jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM langsung bertatap muka dengan ASN, CPNS serta seluruh muspida dan undangan dalam apel luar biasa yang bertempat di halaman Kantor Bupati Puncak Jaya.
Dalam apel tersebut Kepala BKN secara simbolis SK CPNS Kategori Dua (k2) kepada 10 perwakilan yang merupakan Orang Asli Puncak Jaya mewakili 383 CPNS K2 yang disaksikan oleh Bupati Puncak Jaya Kepala KANREG IX BKN Jayapura dan Asisten III SETda Prov. Papua
Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S. Sos, S.IP, MM dalam laporan singkatnya menyampaikan bahwa dalam usia Kabupaten Puncak jaya ke – 22 tahun baru mendapat kunjungan langsung dari Kepala BKN RI dan merupakan suatu kehormatan bagi masyarakat Puncak Jaya, kehadiran Kepala BKN selain untuk melihat perkembangan masyarakat juga dapat melihat secara langsung perkembangan test CAT Formasi 2018 Kabupaten Puncak Jaya.
Bupati Yuni Wonda Menyampaikan bahwa Puncak Jaya merupakan kabupaten yang terletak di pegunungan tengah dan dengan keadan wilyah yang yang cukup sulit sehingga hanya bisa dijangkau dengan transportasi udara dan memiliki indeks kemahalan tertinggi kedua di indonesia setelah Kabupaten Puncak.
Yuni juga menambahkan bahwa dengan adanya jumlah PNS yang ada di Puncak jaya berjumlah dua ribu orang maka tidak cukup untuk melayani masyarakat “Kabupaten Puncak Jaya memilik dua ribu orang PNS tentu dengan jumlah tersebut tidak cukup untuk melayani masyarakat secara maksimal sampai tingkat Distrik dan Kampung sehingga pemerintah daerah mengambil kebijakan mengangkat honorer yang berjumlah sekitar 700 orang yang tersebar di OPD – OPD, Ormas – ormas dan elemen masyarakat untuk membantu pemerintah daerah dalam membantu pembangunan Kabupaten Puncak jaya.
Pada 16 Februari kami telah membagikan SK kepada CPNS formasi umum tahun 2013 namun yang menjadi masalah adalah K2 yang telah dinyatakan lulus namun SK belum di terima mengakibatkan mereka mengadakan demo baik di kantor bupati maupun dimana – mana namun dengan kehadiran Kepala BKN RI membawa oleh – oleh yang bertahun – tahun telah di tunggu dan dinantikan.
Sementara itu dalam amanat Pembina Apel Kepala BKN RIDR. Bima Haria Wibisana, M.SIS menyampaikan bahwa Kedatangannya di Puncak Jaya memenuhi undangan Bupati “Kedatangan saya di Puncak Jaya memenuhi undangan Bupati Puncak Jaya yang berapa kali bertemu di ruangan kerja saya untuk mengurus tentang test dan bupati sangat mendukung program test berbasis komputer karena tidak ingin Puncak jaya ketingggalan dari daerah lain mudah – mudahan dapat merekrut CPNS baru yang dapat membantu pelayana di Puncak Jaya. Selain itu juga kedatangan Bupati untuk membahas 383 honorer K2 yang telah dinyatakan lulus test 2013 tapi belum diangkat jadi CPNS sehingga saya (Kepala BKN RI) dan Pak Bupati minta kepada MENPAN RI untuk menyutujui proses penetapan NIP tenaga honorer K2 ini untuk menjadi CPNS dan hari ini SK dari 383 Honorer K2 akan dibagikan.Jelas Bima.
Setelah Apel tersebut juga Kepala BKN RI dan Rombongan serta Muspida meninjau ruang CAT Kantor Bupati Puncak Jaya. Disela – sela acara ramah tamah Kepala BKN RI saat ditanyakan tentang test CPNS yang sedang berlangsung menyampaikan bahwa “Saya sangat apresiasi sekali karena didaerah tterpencil seperti ini infrastruk komputer sudah sangat luar biasa dan ini bisa menjadi contoh untuk Kabupaten – kabupaten lain di Papua maupun daerah terpencil lain kalau puncak jaya bisa kenapa yang lain tidak bisa. Dalam kesempatan apel luar biasa tadi saya juga telah menyerahkan SK penetapan NIP CPNS K2 yang sudah disetujui oleh Menpan dan telah di verivikasi oleh BKN Jayapura mudah – mudahan dengan penyerahan SK CPNS K2 pelayanan kepada masyarakat di Kabupaten Puncak Jaya lebih baik lagi. Dalam moment tersebut Bupati juga menyerahkan oleh – oleh khas Puncak Jaya berupa Kopi Mulia dan Minyak Buah merah kepada Kepala BKN dan rombongan.
Turut hadir dalam kunker tersebut Kepala KANREG IX jayapura, Asisten III Prov Papua, Kabag Umum BKN RI. Yang unuk dari kunker Kepala BKN RI adalah beliau masa kecilnya dibesarkan di daerah pegunungan tengah tepatnya di Kabupaten Wamena sehingga dengan kunjungan tersebut adalah mengunjungi kampung halaman di Papua maupun didaerah pegunungan.

Share.

About Author

Leave A Reply