News|

Mulia, (PUNCAKJAYAKAB.GO.ID) – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Puncak Jaya melakukan perekaman E-KTP kepada Warga Masyarakat Distrik Yamo, yang bertempat di Distrik Yamo selama 4 hari dari tanggal 2-5 September 2022.

Di ketahui bahwa masih banyak warga masyarakat di Kabupaten Puncak Jaya yang belum melakukan perekaman KTP karena faktor jarak dan biaya, yang mana menuju kota mulia sebagian besar hanya dapat dijangkau dengan berjalan kaki berhari-hari, pesawat udara dan transportasi ojek yang cukup mahal serta faktor tempat tinggal di kota Mulia. Ini menjadi salah satu penghambat rendahnya capaian perekaman KTP el di Puncak Jaya khususnya bagi warga masyarakat Orang Asli Papua (OAP) yang sampai saat ini baru mencapai 23,79 %.

Foto DiskominfoPJ – Naya

Dalam upaya mendongkrak capaian perekaman KTP el khususnya pada distrik yang jauh dari ibukota kabupaten, mengingat pentingnya dokumen KTP el bagi masyarakat karena menjadi persyaratan dokumen data DTKS, BPJS, Pembukaan Rekening, Dokumen perjalanan, Pendidikan dan sebagainya. Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda mendorong percepatan perekaman KTP el dengan mengalokasikan dana Otonomi Khusus sebagai dana penunjang layanan langsung di lapangan dengan metode jemput bola. Kegiatan awal dilaksanakan di Distrik Yamo, animo dan antusias masyarakat setempat dalam perekaman KTP el cukup tinggi, sebanyak 154 orang yang melakukan perekaman KTP el.

Foto DiskominfoPJ – Naya

Dalam Wawancara dengan Kepala Distrik Yamo, Loron Tabuni mengatakan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya dalam hal ini Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, yang sudah membantu kami masyarakat Distrik Yamo melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk melayani masyarakat dalam perekaman KTP-Online, karena Masyarakat tidak mengeluarkan biaya untuk langsung ke Kota Mulia.

Miceku Enumbi dalam hal ini mewakili warga masyarakat Yamo juga menyampaikan ucapan terima kasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, dalam hal ini Dinas kependudukan dan pencatatan sipil yang sudah membantu kami dalam pelayanan KTP-Online langsung di Distrik.

Foto DiskominfoPJ – Naya

Kepala Dinas Dukcapil dalam hal ini diwakili oleh sekertaris Dukcapil Musba, S.Kom mengatakan bahwa, Dukcapil melakukan suatu inovasi yang pertama kali di lakukan di Kabupaten Puncak Jaya yaitu Perekaman KTP secara Online langsung di Distrik, ini merupakan suatu terobosan terbaru dari Dukcapil yang berkerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika yang telah menyediakan internet agar kami dari Dukcapil bisa melakukan perekaman langsung jadi KTP secara online.

Adapun tujuan dari visat online mobile ini adalah untuk mengurangi duplikat KTP, jadi kami langsung perekaman dan kami bisa tahu yang mana sudah perekaman dan yang belum melakukan perekaman

Dalam hal ini jemput bola atau pelayanan mobile KTP di Dukcapil Kabupaten Puncak Jaya, kamu melakukan di Distrik Yamo yang pertama kalinya untuk layanan online, selama ini kami melakukan pelayanan secara offline dimana sebelumnya data perekaman dilakukan secara offline dan selanjutnya finalisasinya di kantor Dukcapil. Namun saat ini secara online, program yang sama ini kami akan lakukan dibeberapa Distrik diantanya Distrik Ilu sebagai distrik induk yang relatif lebih aman dengan dukungan faslitas tempat dan jaringan yang memadai, jika memungkinkan akan dilaksakan pula di Distrik Tingginambut, ” tutup Musba. (KominfoPJ/NaIn).

Close Search Window