News|

PUNCAKJAYAKAB.GO.ID, MULIA. – Memperingati 76 tahun Republik Indonesia, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Puncak Jaya menggelar berbagai lomba. Para pemenang lomba diumumkan di Kantor Bupati dalam resepsi kenegaraan usai upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi.

Jenis yang dilombakan meliputi; Lomba Gapura diikuti 26 Distrik (setingkat kecamatan), lomba kebersihan dan keindahan kantor antar-OPD (Organisasi Pemerintahan Daerah), lomba peserta vaksinasi covid-19 terbanyak, lomba yel-yel kemerdekaan, OPD paling aktif dalam proses pengadaan barang, pejabat terbaik pengadaan barang.

Bagi Distrik yang jauh dari Kota Mulia, gapuranya dibuat Di Kantor perwakilannya di Mulia. Gapura yang dinilai paling baik dilihat dari kreasi dan ornamennya, untuk tipe A dimenangkan oleh; 1. Distrik Dokome, 2. Tingginambut, 3. Yamo. Sedangkan juara Gapura tipe B; 1. Distrik Molanikime, 2. Mewoluk, 3. Pagaleme.

Panitia menerapkan OPD yang terbanyak menyelesaikan Pengadaan Barang hingga 1 Agustus adalah; 1. Badan Kepegawaian Pendidikan, Pelatihan, dan Diklat Daerah (BKPPD), 2. Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, 3. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Keluarga Berencana. Adapun pejabat pengadaan barang terbaik ditetapkan Arnoldus L Salassa.

Siapa OPD dan instansi vertikal yang paling banyak mengadakan vaksinasi covid-19? Tercatat; 1. Dinas Kesehatan dengan 297 orang telah divaksinasi, 2. ASN Pemkab 276 orang, 3. PGRI 261 orang. Hingga berita ditulis, Bupati Puncak Jaya Dr Yuni Wonda SSos MM menyebut wilayahnya sudah menghabiskan sekitar 3 ribu packet vaksin.

Lomba yel-yel kemerdekaan, Kelompok Paskibra dipilih menjadi juara kehormatan. Lomba ini diikuti kelompok TNI Dan Polri. Pemenangnya adalah; 1. Polres, 2. Kodim, 3. Brimob Jambi. 4. Yonif 521/Kediri, dan Yonif 613/Tarakan.OPD Terindah

Terakhir, lomba Kebersihan dan Keindahan Kantor. Lomba yang di antaranya penilainya adalah Bupati Yuni Wonda, menetapkan tiga OPD paling bersih dan indah. Yaitu; 1. Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo), 2. Badan Keuangan dan Pengelolaan Aset Daerah (BPKAD), dan 3. Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB.

Sekretaris Diskominfo Eri Wonda mengaku kaget dengan kemenangan ini. “Kami betul betul kaget, tidak yakin bisa menang. Apalagi persiapan yang kami lakukan sangat mendadak. Tapi bersyukur saat dibacakan pemenangnya ternyata kami yang meraih juara 1,” ungkap Eri.

Saat tahu ada kegiatan lomba kebersihan dan keindahan kantor, kata Ery, pihaknya bingung dengan konsep yang akan dibuat. Apalagi kantor Diskominfo masih satu gedung dengan kantor Bupati Puncak Jaya

“Dari awal kita bingung mau buat apa, tapi akhirnya kita buat saja sesuai arahan panitia,” tuturnya. Jadi para staf pegawai semua langsung gerak cepat bergotong-royong membuat umbul umbul, mendisain dan memasang banner Di kaca ruangan, serta membikin taman di halam depan kantor. Bahkan Kadis pun turun tangan memimpin pembuatan lampion merah putih. Lampion digantung di plafon serambi gedung kantor Kominfo.

“Taman yang sudah kita buat tentunya akan kami jaga, rawat dengan baik, begitupun dengan kebersihan dan kerapian kantor tetap akan kita lakukan. Jadi bukan saja saat ada lomba, tapi setiap hari,” tandasnya.(kominfoPJ)

Close Search Window