DISTRIK TINGGINAMBUT JADI PUSAT PEMBANGUNAN TENTARA MANUNGGAL MEMBANGUN DESA

0

Mulia- TMMD (Tentara Manunggal Membangun Desa) ke 93, TNI AD memusatkan pembangunan pada Distrik Tingginambut Kabupaten Puncak Jaya yang merupakan wilayah dari Kodim 1714 Puncak Jaya, hal ini disampaikan Dandim 1714 Puncak Jaya Letkol Inf. Lukman Arief dalam laporannya pada Upacara Pembukaan TMMD yang bertempat di Lapangan Monumen Penampakan Roh Kudus  Mulia, Kamis (9/10).

Dalam upacara Pembukaan TMMD tersebut bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Danrem 173/PVB, Brigjen TNI Chamim Besari. Hadir dalam upacara tersebut Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo, Ketua DPRD Nesco Wonda,, S,Sos,. M.Si, Sekretaris Daerah  Kabupaten Puncak Jaya Yunni Wonda, S.Sos, S.IP, MM dan pejabat Eselon II, III dan IV serta staf di Lingkungan Pemkab Puncak Jaya.Yang menjadi DanUP Upacara adalah Lettu Inf Edi.

Dalam amanat Kasad yang dibacakan Danrem 173/PVB dijelaskan bahwa Program TMMD yang ke 93, dipusatkan  oleh TNI AD di desa Maluka Baulin, Kecamatan Kurau, Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan yang menjadi wilayah binaan kodim 1009/peliahari korem 101/Antasari Kodam VI/Mulawarman. Selain itu TMMD ke 93 telah menggandeng Kementrian Kehutanan RI dalam mensosialisasikan Programnya tentang Rehabilitasi dan Konservasi sumber daya hutan.

Sasaran TMMD ke 93 di wilayah Distrik Tingginambut terdiri dari sasaran fisik yakni pembangunan 25 honai, rehab gereja, penyiapan lahan rumah sakit pembuatan saluran air bersih dan pembuatan jaringan instalasi listrik disamping sasaran fisik ada juga pembangunan non fisik adalah terwujudnya kegiatan dalam rangka meningkatkan kesadaran hidup berbangsa dan bernegara air, terwujudnya pembangunan infrastruktur pedesaan dalam rangka meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat Distrik Tingginambut.meningkatkan kesadaran dan peran serta masyarakat untuk digiatkan dalam sistim bela Negara, terwujudnya kemanunggalan TNI rakyat dan terwujudnya tugas dalam rangka membantu Pemerintah Daerah dibidang pelayanan kesehatan dan ketahanan pangan, dan juga membantu program Pemerintah di bidang pendidikan bagi rakyat di pedesaan yang masih buta aksara dan kesejahteraan sosial.

Lukman Arief menambahkan Kekuatan personil yang diturunkan dalam kegiatan pembangunan tersebut berjumlah150 prajurit dengan dukungan dana dari TNI AD sebesar Rp. 156.562.000 sedangkan dukungan dana dari APBD Pemda Kabupaten Puncak Jaya Sebesar 2 Milyard Rupiah.

Disela – sela kegiatan diadakan penandatangan serah terima naska proyek oleh Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo dan Dandim 1714/pj Letkol Inf. Lukman Arief, dan juga penyerahan peralatan berupa Linggis dan skop oleh Danrem 173/PVB, Brigjen TNI Chamim Besari kepada 2 perwakilan Prajurit TNI dari Kodim 1714/pj.

Untuk itu Lukman Arief menghimbau kepada Pemerintah Daerah dan seluruh masyarakat, kita tingkatkan integritas guna mendukung percepatan pembangunan dalam rangka mewujudkan Kedamaian dan kesejahteraan masyarakat di Pedesaan.

 

 

 

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply