DINAS PENDAPATAN DAERAH PUNCAK JAYA BEKALI DIRI DENGAN PELATIHAN PAJAK BUMI DAN BANGUNAN (PBB)

2

Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Puncak Jaya terus berbenah diri dengan mengadakan pelatihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) bagi Kepala kepala Distrik, kepala SKPD, kepala Bidang dan juga kepala Seksi dilingkungan pemerintah Kabupaten Puncak jaya.
Pelatihan yang dilaksanakan di aula sasana Kaonak Kantor Bupati Puncak Jaya pada hari selasa 17 Desember 2013 pkl.09.00.WIT ini buka oleh Asisten II Setda Puncak jaya Ukkas, S.Sos, serta di hadiri Kepala Dinas Pendapatan Daerah Kabupaten Puncak jaya Drs. Ludwig Emil Krey, Kepala Kantor Pajak Pratama Jayapura Amir Mahmud, dan Sendy.
Dengan adanya pelatihan seperti ini bisa memberikan pemahaman kepada masyarakat untuk lebih memahami tentang pajak Bumi dan bangunan serta Mengerti tentang Retribusi yang diberikan untuk pembangunan. Agar masyarakat dapat merasakan pemerataan kesejahteraan
Di harapkan Dengan adanya pembenahan demi pembenahan akan mengubah paradigma masyrakat untuk turun tangan langsung dan terlibat dalam pembangunan.
“Pelatihan PBB yang kami adakan hari ini merupakan pelatihan sosialisasi dari undang – undang nomor 8 tahun 2009 tentang pajak daerah dan retribusi daerah yang dalam undang-undang itu dimuat tentang perluasan kewenangan, baik perpajakan dan retribusi dari pusat ke daerah sekaligus didalamnya penetapan tarif oleh sebab itu pelatihan yang kami laksanakan ini untuk meningkatkan pemahaman pegawai atau aparatur pemerintah baik itu yang berada pada Instansi Pemerintah, Anggota Dewan dan pemangku jabatan yang ada.”ungkap . Drs. Ludwig Emil Krey
Menurut Beliau PBB yang dilaksanakan selama ini PBB harus dikirim ke Pusat sedangkan PBB yang di lakukan terakhir kali ini sesuai undang – undang nomor 8 tahun 2009 tentang pengalihan PBB akan dari Pusat ke Daerah dalam artian urusan Dispenda hanya didaerah itu dan ini mulai berlaku mulai 1 Januari 2014.
Drs. Ludwig Emil Krey menegaskan ditahun berikutnya berarti kita sudah harus berusaha sendiri PAD Ini, bagaimana kita tingkatkan dank arena alasan tersebut makanya kita adakan pelatihan ini, dan mudah mudahan pegawai dapat memahami dan melaksanakan pemungutan yang baik kembali.
“Kendala pemungutan pajak di karenakan pemahaman masyarakat tentang pemungutan pajak sangat rendah jauh dari harapan namun tetap kita laksanakan, Khusus tahun 2013 PAD asli khusus dari PBB perkotaan pedesaan yang kita targetkan telah mencapai target Yaitu 336.000.000,-.”pungkas Drs. Ludwig Emil Krey
Drs. Ludwig Emil Krey selaku Kepala Dispenda berharap dengan adanya pelatihan ini maka peserta dapat meningkatkan pemahaman dalam pemungutan pajak, melalui pelatihan ini juga sebagai modal untuk masuk dalam tahun 2014 pada pelaksanaan realisasi pemungutan pajak di lapangan.
DSC_0237DSC_0243

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

2 Comments

  1. selamat pagi

    saya nur dr PT. Trimitra Utama Mandiri perusahaan perforasi, kalau boleh saya bisa dibantu untuk no kontak kabid pendapatan di dispenda kab puncak jaya, saya mau kirim dokumen perforasi, untuk keterangan lebih lanjut dapat hubungi ke nur 085210360547, mohon bantuanya terimakasih

Leave A Reply