News|

MULIA-PUNCAK JAYA (Diskominfo) – Untuk meningkatkan peran sebagai sumber informasi dan pusat komunikasi pemerintah daerah, Dinas Kominfo Kabupaten Puncak Jaya mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Jurnalistik dan Penulisan Berita. Kegiatan yang diadakan selama 10 hari sejak Jum’at (13/8/2021) itu meliputi pengenalan dunia jurnalistik, latihan penulisan berita, dan pengelolaan website.

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Puncak Jaya Yahya Wonorenggo menyampaikan, kegiatan ini sangat penting dalam rangka meningkatkan peran para jurnalis Pemkab Puncak Jaya. Yahya berharap, materi Bimtek dapat menjadi bekal bagi peserta dalam memproduksi berita-berita resmi di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Puncak Jaya.

“Melalui berita Kominfo, kita berharap media dapat berperan menciptakan suasana yang kondusif di Puncak Jaya,” kata Yahya mewakili Bupati Yuni Wonda, saat membuka Bimtek yang diadakan Dinas Kominfo Di ruang IKP, Kantor Bupati Puncak Jaya, Jumat (13/8/2021).

Bimtek ini diikuti 10 orang staf dan tenaga honorer di lingkungan Dinas Kominfo serta beberapa peserta dari instansi lain. Kepala Dinas Kominfo Puncak Jaya, Massora S.Hut, M.Si menjelaskan, kegiatan ini merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan jurnalistik para staf Kominfo. Mereka sebagian besar direkrut dari Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan juga beberapa staf yang sudah bisa menulis berita.

“Dengan adanya perkembangan ilmu dan teknologi, bimtek ini perlu diadakan sebagai upaya untuk mengasah kemampuan jurnalistik. Kami sadar bahwa dunia jurnalistik saat inilah yang menguasai dunia,” jelas Massora.

Tugas Dinas Kominfo, kata Massora melanjutkan, adalah bagaimana memperkenalkan Kabupaten Puncak Jaya yang dikenal sebagai zona merah (rawan konflik bersenjata) ke dunia luar. Bimtek Jurnalistik dan Penulisan Berita ini menghadirkan dua narasumber yaitu Bani Saksono, jurnalis senior dari Jakarta, Dan Mansur Hafiz Banurea dari Garuda Citizen Indonesia.

“Oleh karena itu kami harapkan kepada peserta bimtek untuk mengikuti kegiatan dengan baik, mengingat narasumber sudah berpengalaman di dunia jurnalistik di media cetak dan online nasional serta profesional dalam pengelolaan website,” pesan Massora. (ms)

Close Search Window