DILANTIKNYA 3 LURAH BUPATI YUNI WONDA HARAP TIDAK ADA LAGI POLEMIK ANTAR DESA

0

Mulia- Pada usia ke – 22 Tahun suatu peristiwa bersejarah terjadi di Kabupaten Puncak Jaya yakni Bupati Yuni Wonda melantik 3 Lurah di Aula Sasana Kawonak. Acara berlangsung dengan hikmat dan meriah. (5/3)
Hadir dalam acara tersebut Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM, Wakil Ketua II DPRD Mendi Wonerengga, Kabag Sumda Polres Puncak Jaya AKP Marthen Luter, Kasdim 1714/PJ Mayor Inf. Dwi Soerjono, Plt. Sekretaris Daerah Tumiran S.Sos, M,AP Wakil Ketua Klasis GIDI Mulia Pdt. Telius Wonda, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Instansi Vertikal, Pejabat Eselon II, III, dan IV di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya.
Berdasarkan Surat Keputusan Bupati Puncak Jaya Nomor : 821.2-16 tanggal 4 Maret 2019 3 Lurah yang dilantik yaitu Lurah Wuyukwi Distrik Mulia Bapak Enos Enumbi, Lurah Pagaleme Distrik Pagaleme Bapak Simon Wonerengga dan Lurah Wurak Distrik Ilu Bapak Kasman Wonda.
Setelah melantik 3 Lurah. Bupati Yuni Wonda dalam Sambutannya mengatakan bahwa “Dengan dilantiknya 3 lurah, maka mulai hari ini ketiga kelurahan ini resmi dan sah menjadi organisasi atau lembaga pemerintahan dalam wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Puncak Jaya yang berada dibawah Distrik dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Kepala Distrik.”
Bupati Yuni Wonda juga berharap setelah dilantiknya 3 Lurah ini dapat menjadi perpanjangan tangan dari pemerintah daerah untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya.
“Sehubungan dengan hal tersebut maka dengan diresmikannya 3 Kelurahan tidak boleh ada polemik dengan desa – desa disekitarnya, tidak ada timpang tindih antara desa dengan Kelurahan karena masing – masing memiliki wilayah pemerintahan.” Tambah Bupati Yuni
Bupati Juga menegaskan bahwa “untuk Lurah dan aparatnya serta Kepala Kampung dan Aparatnya harus memahami tentang peraturan yang mengatur Kelurahan dan Kampung. Sebenarnya yang diusulkan adalah 9 kelurahan namun yang disetujui hanya 3 kelurahan.”
“Berkenaan dengan Pemilu serentak Pilpres dan Pileg pada tanggal 17 April 2019 di wilayah Kabupaten Puncak Jaya, penyelenggara dan semua pihak yang terkait menjalankan tugas dan fungsinya secara profesional, jaga netralitas dan transparansi agar tidak terjadi gesekan antara kelompok – kelompok masyarakat. Khususnya Lurah yang baru dilantik untuk dapat membantu TNI/Polri dalam menjaga keamanan agar tetap kondusif demi kelancaran Pemilu di Kabupaten Puncak Jaya.” ungkap Bupati Yuni.
Pada hari yang sama juga ayah dari Bupati Yuni Wonda meninggal dunia tetapi beliau tetap melanjutkan acara pelantikan ketiga lurah tersebut. “ hari ini ayah saya telah di panggil oleh Tuhan dan saya dalam posisi berduka. Tetapi saya tetap melanjutkan acara pelantikan ini, karena ketiga orang ini merupakan ayah saya juga dan tiga lurah yang saya lantik ini merupakan orang yang telah berjasa untuk daerah ini sehingga saya tidak ingin mengecewakannya”.
Usai pelantikan sontak para tamu undangan menghampiri ketiga Lurah untuk berjabat tangan sambil memberikan ucapan selamat dan foto bersama.

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply