CIPTAKAN PELAYANAN MENYELURUH, PUSKESMAS MULIA ADAKAN PUSLING DI WILAYAH KERJANYA

0

Mulia – Guna menciptakan Pelayanan Kesehatan yang menyeluruh dan sebagai pusat pembangunan kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya, Puskesmas Mulia melaksanakan Pusling pada wilayah kerjanya. Kali ini Puskesmas Mulia melaksanakan Pusling di Distrik Yambi Kabupaten Puncak Jaya. Sabtu (30/8)
Pusling ini merupakan kegiatan rutin luar gedung Puskesmas yang melaksanakan pelayanan seperti pelayanan umum, pelayanan gigi, pelayanan KIA, Posyandu, Imunisasi, pemberian Vitamin, laboratorium dan penjaringan – penjaringan seperti penjaringan malaria dll pada setiap wilayah kerjanya. Semua pelayanan yang ada di Puskesmas juga bisa didapat setiap kali pelaksanaan Pusling.
Dalam kegiatan pusling ini, Puskesmas Mulia menargetkan beberapa Distrik pada wilayah kerjanya yang memang letaknya jauh dari pusat kota. Selain bertujuan agar masyrakat yang ada di Distrik – distrik juga bisa merasakan pelayanan kesehatan. Hal ini juga bertujuan memudahkan masyarakat agar bisa mendapatkan fasilitas kesehatan tanpa harus jauh – jauh ke pusat kota untuk berobat apalagi sampai mengeluarkan biaya untuk transportasi.
Kepala Puskesmas Mulia drg. Miftakhul Huda, M.Kes dalam wawancaranya mengatakan bahwa “Kami memang secara rutin setiap bulan mengadakan pusling pada Distrik – distrik di wilayah kerja kami. Dalam pusling ini selain memberikan pelayanan – pelayanan kesehatan, kami juga memberikan makan tambahan kepada ibu hamil dan menyusui juga kepada anak – anak kami membagikan perlengkapan sikat gigi. Selain itu kami juga memberikan penyuluhan kesehatan dan pemutaran film.”
“Kami menargetkan semua masyarakat pada distrik yang kami datangi harus mendapatkan pelayanan kesehatan, terutama pada bayi dan balita yang berusia lima tahun kebawah.”
“Kegiatan Pusling ini memang kami jadwalkan setiap bulan sekali, namun terkadang karena kondisi situasi keamanan, waktu dan faktor dana membuat kami kadang terkendala.” ungkap Huda
Beliau juga menambahkan “Harapan kami mudah – mudahan dengan layanan yang kami lakukan seperti pusling semua masyarakat yang ada dipelosok – pelosok bisa mendapatkan fasilitas kesehatan tanpa harus jauh – jauh ke kota. Kami juga dapat melakukan penjaringan sehingga bisa mendeteksi secara dini penyakit yang dialami dan bisa langsung mendapatkan penanganan secara cepat.”

Share.

About Author

Leave A Reply