BUPATI PUNCAK JAYA RESMIKAN RTK, IBU – IBU BISA MELAHIRKAN DI KAMPUNG

0

Irimuli – Guna mencegah angka kematian ibu dan bayi pada saat proses persalinan / melahirkan, Dinas Kesehatan Kab. Puncak Jaya melakukan Pencanangan Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) program Jaminan Persalinan (Jampersal) di 7 Puskesmas dan 1 RUSD Mulia, yang dilaksanakan di kediaman kadistrik Irimuli. Selasa (6/11)
Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM, Kapolsek Tingginambut AKP. Agus Tianto, Pasiter Kodim 1714/PJ Lettu M. Ardavid, Sekretaris Dewan DPRD PJ Daud Wendamili, SH, Kepala Dinas Kesehatan Butinggen Telenggen, S.Kep, M.Kes, Direktur RSUD Mulia dr. Bearly Lokopessy, Kepala Puskesmas Mulia, Drg. Miftakhul Huda, M.kes, Kabid Yankes Ursula Waminop, S.KM, M.Kes, para pejabat eselon II dan III, Kepala Distrik Irimuli Seki Wonda serta masyarakat Irimuli dan sekitarnya.
Kabid Yankes Ursula Waminop, S.KM, M.Kes selaku ketua panitia mengatakan bahwa setiap proses persalinan harus mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai. “Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada ibu hamil yang belum terlayani secara maksimal pada fasilitas kesehatan akibat kendala akses jalan yang sulit. Dengan tujuan meningkatkan jumlah persalinan di fasilitas kesehatan, serta menurunkan kasus komplikasi pada saat persalinan dan nifas ada bayi baru lahir.”
“Untuk 7 Puskesmas dan 1 RSUD yang menjadi lokasi RTK adalah Puskesmas Mulia (Kamp. Yalinggua), Puskesmas Yamo (Kamp. Dokome), Puskesmas Fawi, Puskesmas Ilu, Puskesmas Mewoluk, Puskesmas Jigonikme, Puskesmas Tingginambut, dan Puskesmas Mulia (kamp. Pruleme). “ jelas Ursula
Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda, S.Sos, S.IP, MM menekankan bahwa Pembangunan bukan hanya berupa fisik saja tetapi pembangunan manusia juga perlu untuk membangun daerah.”Hari ini satu sejarah pembangunan kesehatan terjadi yaitu pencanangan RTK. Bukan hanya pembangunan fisik yang diperlukan tapi pembangunan manusia dalam hal ini bidang kesehatan juga perlu.”
“Kegiatan hari ini tidak boleh kita sepelehkan karena ini merupakan program prioritas Gubernur Papua guna menciptakan generasi muda yang cerdas, oleh karena itu Saya dan Wakil Bupati akan terus mendukung kegiatan seperti ini bahkan menjadi prioritas kami.” ungkap Bupati Yuni
Bupati Yuni juga berpesan kepada bapak – bapak bahwa harus terus mendampingi istrinya yang sedang hamil. “kepada bapak – bapak harus terus menjaga istrinya yang sedang hamil, harus rajin mengajak istrinya periksa kehamilan di posyandu atau puskesmas terdekat. Ketika istrimu hamil itu adalah berkat Tuhan kepada keluargamu jadi jangan memaksa istri bekerja keras apalagi sampai melakukan tindak kekerasan kepada istri.”
“Atas nama Pemerintah dan Masyrakat Puncak Jaya, saya mengucapkan terima kasih yang sebanyak – banyaknya kepada para tenaga kesehatan karena ini adalah pekerjaan yang sangat mulia, tidak semua orang bisa menjalankan pekerjaan ini.” tutur Bupati Yuni
Usai meresmikan Rumah Tunggu Kelahiran yang ditandai dengan pengguntingan pita, Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda menyerahkan perlengkapan kesehatan kepada para bidan desa dan perlengkapan bayi kepada ibu – ibu hamil.
Kegiatan ditutup dengan makan bersama bakar batu hasil kebun masyarakat di Distrik Irimuli.

Share.

About Author

Leave A Reply