BUPATI PUNCAK JAYA HADIRI SIDANG PENETAPAN DAN PENUTUPAN APBD PUNCAK JAYA TAHUN 2017

0

MULIA – Sidang Penetapan Raperda APBD Perubahan dan Raperda Non APBD Kabupaten Puncak Jaya Tahun Anggaran 2017 yang bertempat diruang sidang Sekretariat DPRD Kabupaten Puncak Jaya Yang dihadiri oleh Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo, Ketua II DPRD Mendi Wonerengga, Plh Sekda Yusuf Talebong, S.Sos, Dandim 1714/PJ Letkol Inf. Hindratno Devidanto, SE, Wakapolres Puncak Jaya Kompol Andreas Tampubolon, anggota DPRD, Pejabat Sipil dan TNI/POLRI.
Sidang dibuka oleh pimpinan sidang Ketua II DPRD Mendi Wonerengga. Sementara itu dalam sambutan Bupati Puncak Jaya Drs. Henok Ibo menyampaikan penghargaan dan terimakasih yang setulusnya kepada pimpina dan anggota DPRD yang telah bekerja keras mencurahkan pikiran, waktu dan tenaga dalam membahas berbagai materi sidang dan menetapkan Rancangan Peraturan Daerah yang diajukan oleh eksekutif dan juga dari insiatif DPRD semuanya telah dibahas dan ditetapkan menjadi peraturan Daerah Kabupaten Puncak Jaya.
Henok Ibo menyampaikan bahwa “APBD Kabupaten Puncak Jaya berada pada situasi daerah yang kurang stabil yaitu pelaksanaan pesta demokrasi yang sudah kita lalui bersama walaupun hal ini tidak bisa kita jadikan suatu alasan namun harus kita akui bahwa dampak dari pelaksanaan pilkada dan segala akses yang ditimbulkan beberapa waktu lalu telah menguras energi kita selama hampir satu tahun ini dan ini sangat berpengaruh besar terhadap jalannya anggaran tahun 2017 dan bahkan berpengaruh pada roda pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan di Kabupaten Puncak Jaya.
Oleh karena itu saya mengajak kepada pimpinan dan anggota dewan yang terhormat dan jajaran eksekutife untuk kita sama – sama memahami kondisi daerah kita saat ini dan kita sama – sama mengencangkan ikat pinggang dan kita kurangi kegiatan – kegiatan yang tidak terlalu penting keluar daerah dan kita fokus menyelesaikan pekerjaan yang tersisa beberapa minggu kedepan ini.”Tegas Henok Ibo.
Bupati Henok Ibo juga melaporkan pendapatan Daerah pada tahun 2017 PAD sebesar Rp. 20.880.361.852 (Dua puluh miliar delapan ratus delapan puluh juta tiga ratus enam puluh satu ribu delapan ratus lima puluh dua ribu), Dana Perimbangan APBD Perubahan Tahun 2017 sebesar Rp.894.368.639.381 ( delapan ratus sembilan puluh empat miliar tiga ratus enam puluh delapan juta enam ratus tiga puluh sembilan ribu tiga ratus delapan puluh satu rupiah), Lain – lain pendapatn daerah yang sah Rp. 552.040.874.978,- (Lima ratus lima puluh dua miliar empat puluh juta delapan ratus tujuh puluh empat ribu sembilan ratus tujuh puluh delapan rupiah).
Henok Ibo juga melaporkan Belanja Daerah Dalam APBD Perubahan Kabupaten Puncak Jaya tahun 2017 adalah sebesar Rp. 1.461.410.805.442.- (Satu trilyun empat ratus enam puluh satu miliar empat ratus sepuluh juta delapan ratus lima ribu empat ratus empat puluh dua rupiah) yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp. 749.486.182.741.- (Tujuh ratus empat puluh sembilan miliar empat ratus delapan puluh enam juta seratus delapan puluh dua tujuh ratus empat puluh satu rupiah), Belanja langsung sebesar Rp. 711.924.622.681.-(Tujuh ratus sebelas miliar sembilan ratus dua puluh empat juta enam ratus dua puluh dua ribu enam ratus delapan puluh satu rupiah), Pembiayaan Daerah dalam APBD Perubahan Kabupaten Puncak Jaya tahun 2017 adalah terdiri dari pembiayaan pengeluaran sebesar Rp. 7.000.000.000 (Tujuh miliar rupiah) yaitu untuk penyertaan modal pada Bank Papua.Lapor Bupati Henok Ibo.
Hal ini terbukti meskipun ada beberapa hal yang dikritisi namun secara umum apa yang kita rancang dan prioritaskan pada RAPBD Perubahan Kabupaten Puncak Jaya Tahun Anggaran 2017 hampir keseluruhan dapat diterima dan disetujui dengan ditetapkannya RAPBD Kabupaten Puncak Jaya ini dengan sendirinya menjadi kebijakan publik yang akan mengikat kita semua baik selaku legislatife, eksekutive maupun warga masyarakat selaku bupati saya mengajak kita semua untuk bekerja sebaik – baiknya dalam posisi dan kapasitas kita masing – masing untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Tutup Henok Ibo dalam sambutannya. Sidang ditutup dengan doa oleh Ketua Klasis GIDI Mulia Pdt. Dainus Game.

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply