News|

Mulia – (PUNCAKJAYAKAB.GO.ID) – Puncak acara HUT Bhayangkara ke-76 di Kabupaten Puncak Jaya, diperingati secara virtual/daring melalui zoom meeting langsung dari Kampus Akademi Kepolisian Semarang Jawa Tengah. Peringatan HUT berjalan dengan hikmat diikuti oleh Forkopimda Puncak Jaya, perwira TNI dan Polri serta tamu undangan di Aula Mapolres Puncak Jaya, Selasa (05/07/2022).

Foto Diskominfo PJ Imanus

Upacara secara daring selain disaksikan oleh peserta yang berada dalam Aula Mapolres Puncak Jaya, juga disaksikan oleh tamu undangan lainnya di halaman Mapolres Puncak Jaya, melalui sambungan layar televisi.

Selaku Inspektur Upacara Presiden RI ke – 7 Ir. Joko Widodo, yang didampingi ibu Negara Iriana Joko Widodo. Dalam pidatonya menyampaikan beberapa poin penting diantara :

“Anggota Polri bekerja hati-hati, bekerja Presisi, personel Polri bersentuhan langsung dengan rakyat setiap hari. Masyarakat selalu menilai apakah perilaku anggota Polri sesuai dengan harapan mereka,

lanjut pesan presiden, Polri memberikan rasa keadilan yang kemanfaatan hukumnya harus dirasakan rakyat. Polri harus mengedepankan upaya pencegahan dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Lakukan tindakan kepolisian yang humanis tetapi tegas. Penindakan hukum harus menjadi upaya terakhir,” katanya.

Upacara HUT Bhayangkara ke -76 Tahun di Mapolres Puncak Jaya, dihadiri Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.IP. MM, Ketua DPRD Puncak Jaya diwakili ketua komisi B Mendi Wonerengga, Kapolres Puncak Jaya, AKBP Kuswara, SH. S.IK, MH. Dandim 1714/PJ diwakili Pasi Ops Kapt. Inf. Hary Purwanto, Sekda Puncak Jaya, Tumiran, S.Sos. M.AP, Danyon 113/JS Letkol Inf. Sapto Broto, Danyon 301/PKS Letkol Inf. MS Fanany, ketua klasis Mulia Pdt. Telius Wonda, Pejabat Sipil, TNI, Polri, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Pemuda dan Organisasi Kemasyarakatan.

Foto Diskominfo PJ Imanus

Syukuran Peringatan HUT Bayangkara ke -76 tahun ini ditandai dengan pemotongan nasi tumpeng, Potongan tumpeng oleh Kapolres diserahkan kepada Anggota Polres tertua Wakapolres Kompol Philip M. Landjar, sedangkan potongan tumpeng Bupati Puncak Jaya, diserahkan kepada Anggota polisi termuda Bripda Natal Patrik Arobaya.

Sedikit berbeda dalam HUT kali ini, Kapolres dan jajarannya juga merayakan Ultah Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda ke – 47 yang jatuh pada tanggal 22 Juni 2022 lalu. Kapolres menyampaikan turut bahagia atas ultah Bupati, ini sebagai penghormatan kepada Bupati yang sudah berhasil membangun daerah ini. Dalam momen bahagia ini, Kapolres dan Bupati Puncak Jaya saling tukar cendera mata.

Foto Diskominfo PJ Imanus

Kapolres Puncak Jaya, AKBP Kuswara dalam sambutannya menyampaikan pesan khusus kepada anggota Polres Puncak Jaya

“Anggota Polisi senantiasa melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan tulus dengan hati sehingga kami di terima ditengah masyarakat.

Lebih lanjut, AKBP Kuswara juga menambahkan sebagai abdi negara sudah seharusnya kita bersama saling membahu untuk meningkatkan keamanan dan ketertiban serta kenyamanan di tengah masyarakat, kita jangan sampai lengah dalam memberikan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dengan sebaik-baiknya.

AKBP Kuswara juga menyampaikan apresiasi kepada Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda atas penganugerahan Indonesian Inspiring Figure Nusantara Golden Awards 2022.

Foto Diskominfo PJ Imanus

” Saya selaku Kapolres beserta seluruh Personel Polres Puncak Jaya mengucapkan selamat dan sukses kepada Bapak Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S.Sos S.Ip MM atas penghargaan Indonesian Inspiring Figure Nusantara Golden Awards 2022 kategori The Best Figure Visioner Regent 2022 serta ucapan selamat ulang tahun yang ke – 47 kepada Bapak Dr. Yuni Wonda, S.Sos, S.Ip MM semoga bapak diberikan umur panjang, kesehatan, kebahagiaan dan karir yang lancar,” ucap Kapolres Puncak Jaya.

Ditempat yang sama Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos S.IP MM menyampaikan ucapan selamat ulang tahun Bhayangkara Ke -76 . Kab. Puncak Jaya diusianya yang ke-25 tahun didalamnya tidak luput dari peran Kepolisian Negara Republik Indonesia khususnya Anggota Polres Puncak Jaya sangat luar biasa.

” Setiap kali saya menerima laporan dari seluruh masyarakat yang ada serta perwakilan pihak Gereja yang ada, Polres Puncak Jaya pengabdiannya sangat luar biasa, sekalipun daerah ini susah dan serba keterbatasan namun harus kami akui bahwa pengabdian mereka sangat luar biasa,” tutur Yuni Wonda.

Lanjut Dr. Yuni Wonda berharap diusia ke 76 ini, kepolisian RI semakin dewasa berpikir dan bertindak.

“Di HUT Bhayangkara ke-76 ini, Kepolisian Negara Republik Indonesia semakin dewasa dalam berpikir dan selalu bertindak berdasarkan peraturan yang ada, dimana dalam setiap sambutan sering saya sampaikan bahwa seluruh institusi dan lembaga yang ada ini yaitu Pemerintah Daerah, DPRD sebagai perwakilan rakyat, TNI dan Polri sebagai penjaga keutuhan Negara Republik Indonesia, seluruh rakyat yang ada termasuk pimpinan dedominasi gereja, LMA bahwa suku dengan profesi yang berbeda-beda tetapi tujuannya hanya satu yakni bagaimana kita melayani masyarakat supaya daerah ini aman dan pembangunan terus berjalan,

Harapan pemerintah daerah dan masyarakat diusia ke 76 tahun ini, semoga Polri khususnya anggota Polres Puncak Jaya bisa semakin dewasa dan bisa membangun sinergi antara TNI dan POLRI dan elemen masyarakat yang ada” harap Dr. Yuni Wonda.

Ketua panitia Kompol Sarifudin Ahmad dalam wawancara menyampaikan bahwa pelaksanaan HUT Bhayangkara ke 76 tahun ini dilaksanakan sesuai perintah dan petunjuk Mabes Polri dan Polda Papua.

Foto Diskominfo PJ Imanus

“Memperingati HUT Bhayangkara 76 tahun tentunya kami Polres Puncak Jaya melaksanakan HUT sesuai perintah Mabes Polri maupun Polda Papua. Pelaksanaannya sebenarnya tanggal 01 Juli 2022 namun tertunda karena bertepatan dengan kunjungan kenegaraan bapak Presiden RI keluar negeri, peringatan baru dilaksanakan hari ini Selasa (05/07/2022) menyesuaikan dengan jadwal bapa Presiden RI.

Mewakili Panitia, Kompol Sarifudin Ahmad tak lupa menyampaikan terima kasih banyak kepada Bapak Bupati dan rekan rekan jajaran TNI, terlebih khusus kepada Kapolres Puncak Jaya dan seluruh anggota Polres Puncak Jaya bahwa kesiapan kami dari awal pertengahan sampai akhir bisa kami lakukan dengan baik itu tidak terlepas dari kerja sama kita semua sesuai arahan dan perintah Bapak Kapolres Puncak Jaya”. jelasnya.

Foto Diskominfo PJ Imanus

Diakhir acara syukuran HUT Bhayangkara ke-76 di halaman Mapolres Puncak Jaya, dilakukan penyerahan piala dan dana pembinaan oleh Bupati, Kapolres, Dandim, Danyon dan Sekda kepada para pemenang pertandingan Volli Putra, Badminton, Tenis Meja dan Futsal. (Kominfo/PJ/ Imanus)

Close Search Window