News|

Jayapura, (PUNCAKJAYAKAB.GO.ID) Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda mengklaim wilayahnya sudah 90 persen aman dari gangguan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), sehingga roda pemerintahan dapat berjalan lancar.

“Sekarang kita sudah melihat hasilnya, termasuk situasi keamanan sampai hari ini di Puncak Jaya bisa dikatakan 90 persen sudah aman,” kata Yuni Wonda disela-sela kegiatan di Jayapura, Senin 18 Oktober 2021.

Bupati Puncak Jaya Yuni Wonda saat diwawancarai di Kota Jayapura, Senin 18 Oktober 2021

Yuni mengakui Puncak Jaya dahulu merupakan salah satu daerah tersulit di Papua dan dikenal sebagai daerah yang rawan gangguan keamanan. Namun selama ini, dirinya telah melakukan sinergitas dengan seluruh pemangku kepentingan hingga membuat program yang menyentuh ke masyarakat.

“Kami melihat persoalan ini, sehingga kami melakukan rapat sinergi dengan seluruh pemangku kepentingan dalam hal ini Pemerintah Daerah, TNI-Polri, tokoh masyarakat, tokoh agama, adat dan seluruh stakeholder, sehingga dari situ kami membuat satu program prioritas yang menyentuh masyarakat,” kata Yuni.

Menurut Yuni, keberhasilan meraih predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah) tahun 2020 oleh BPK RI menjadi program berjalan baik, mulai dari bidang pendidikan, perekonomian, infrastruktur hingga kesehatan.

“Predikat ini kami berhasil pertahankan selama 3 tahun berturut-turut, yakni sejak 2018 silam. Sebelumnya daerah yang dikenal sebagai daerah rawan gangguan keamanan di Papua ini selalu mendapat opini WDP (Wajar Dengan Pengecualian) bahkan Disclaimer,” bebernya.

Yuni menegaskan, pencapaian predikat WTP untuk ketiga kalinya, bukan hasil kerjanya sendiri selaku kepala daerah melainkan berkat sinergitas dari seluruh pemangku kepentingan  yang terlibat di dalamnya.

Yuni berharap pencapaian ini dapat menjadi motivasi untuk lebih meningkatkan sinergitas dalam mempertahankan WTP meski di tengah gangguan keamanan yang luar biasa. “Kami punya semangat dan keinginan besar untuk meningkatkan pembangunan dan menyejahterakan masyarakat. Terbukti kami bisa pertahankan WTP,” kata Yuni.

Close Search Window