News|

Mulia, (PUNCAKJAYAKAB.GO.ID) –Kunjungan Kerja Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda dan rombongan ke Distrik Fawi, Rabu (06/07/22) selain meresmikan program pembangunan dan penyaluran Dana Desa, Bupati juga turun menyapa dan melihat langsung kondisi serta mendengar harapan masyarakat.

Foto Diskominfo PJ bram

Distrik Fawi merupakan distrik di wilayah paling Utara Kabupaten Puncak Jaya yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Waropen. Fawi merupakan daerah dataran rendah yang sebagian besar wilayahnya berawa-rawa, Distrik Fawi berada disekitar DAS Sungai Rofaer dan Memberamu. Bupati dan rombongan menuju Fawi menggunakan pesawat udara jenis caravan dari Mulia dengan lama penerbangan kurang lebih 40 menit.

Turut mendampingi Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos.,S.IP.,MM, Kapolres Puncak Jaya, AKBP Kuswara, SH.,S.IK, Dandim 1714 Puncak Jaya dalam hal ini diwakili oleh Pasiter Kodim 1714/Pj Kapten Inf Herry Purwanto, Danpos Ramil 07 Fawi, Peltu Muhtar, para satuan tugas, Staf Ahli Barnabas H. Yoteni, para pejabatan esalon II,III, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan seluruh masyarakat.

Foto Diskominfo PJ Bram

Dalam laporan, Staf Ahli Bupati Barnabas H. Yoteni menyampaikan bahwa dasar pelaksanaan adalah merupakan agenda rutin Pemerintah Daerah Kabupaten Puncak Jaya sebagai tindaklanjut dan manifestasi dari pelaksanaan APBD Kabupaten Puncak Jaya tahun anggaran 2018 sampai dengan tahun anggaran 2021.
Barnabas mengungkap tujuan dilakukan perresmian Kantor Distrik Fawi

“Tujuan dilakukan peresmian ini adalah agar sarana, prasarana dapat di manfaatkan dan difungsikan untuk meningkatkan kinerja Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayan kepada masyarakat serta meningkatkan aktivitas masyarakat diberbagai bidang di tiga distrik, peresmian ini dilaksanakan secara simbolis dan dipusatkan di Halaman Kantor Distrik Fawi Kabupaten Puncak Jaya,” ungkap Barnabas.

Adapun Program kegiatan yang diresmikan pada hari ini, secara keseluruhan menghabiskan biaya total sebesar Rp. 34.476.948.865.000 yang dibiayai dari anggaran Pendapatan dan belanja daerah KAbupaten Puncak Jaya tahun anggaran 2018 sampai dengan tahun anggran 2021, Dimana dana DAU terdiri dari Rp. 2.735.657.658, Dana Otsus dan Dana DAK sebesar Rp. 31.723.291.207 dengan jumlah program kegiatan yang tersebar di tiga Distrik sebanyak 19 kegiatan .

Dalam sambutan Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S.Sos.,S.IP.,MM menyampaikan bahwa dari semua kantor Distrik yang telah dibangun, dan yang paling terbesar adalah Kantor Distrik Fawi dengan ukuran tipenya 160, kantor Distrik ini akan digunakan untuk pelayanan kepada masyarakat.

Yuni Wonda, menegaskan kepada kepala distrik, sekdis, maupun staf tetap berada ditempat untuk melaksanakan tugas,tanggungjawabnya

Foto Diskominfo PJ Bram

“Dengan adanya kantor ini saya tegaskan kepada kepala distrik, sekdis, maupun staf tetap berada ditempat untuk melaksanakan tugas,tanggungjawabnya,jika ada yang tidak proaktif selama kurang lebih 3 bulan maka gaji akan ditahan dan akan masuk dalam kas Daerah sekaligus saya akan mencabut SK, dan tahun depan kami akan membangun Kantor Distrik Dagai,”tegas Yuni Wonda.

Lanjut, Yuni Wonda perintahkan Kepada Kepala Distrik, Kepala Kampung bahkan masyarakat untuk tetap menjaga situasi keamanan dilingkungan masing-masing, dan mewakili perwakilan dari Dinas, Guru dan kepala kampung, maka tahun depan kita akan membangun Sekolah Menengah Atas (SMA) karena pendidikan sangat penting untuk penerus bangsa dan negara.

Foto Diskominfo PJ Bram

Dalam Wawancara Bupati Puncak Jaya, Dr. Yuni Wonda, S.Sos.,S.IP.,MM menyampaikan bahwa selama kurang lebih 8 (Delapan) tahun lamanya kantor Distrik Fawi rusak, sehingga aktivitas pemerintahan tidak tertib sebagaimana yang diharapkan oleh masyarakat, dan puji Tuhan kita telah resmikan sehingga ini melambangkan bahwa penyelengaraan pelayanan pemerintah kepada masyarakat sudah berjalan secara efektif. Kantor Distrik ini merupakan kantor distrik yang paling besar dari 16 Kantor distrik yang telah dibangun dan tahun ini kami akan membangun 5 kantor distrik.

Foto Diskominfo PJ Bram

Kantor Distrik Fawi ini merupakan program pembangunan dari tahun 2018 – 2021, sekaligus ini merupakan kebijakan prioritas tinggi yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya, tentunya Puncak Jaya ini hampir 15 tahun, tidak melakukan aktivitas pelayanan pemerintahan yang efektif, pembangunan yang begitu terganggu oleh situasi keamanan yang begitu luar biasa, puji Tuhan dalam kepemimpinan ini kurang lebih 5 tahun situasi Puncak Jaya dalam situasi aman, dan kondusif. (KominfoPJ/indah).

Close Search Window