BERIKAN VAKSIN POLIO KEPADA ANAK PLT. SEKDA TEGAS PERLU KESADARAN MASYARAKAT AKAN BAHAYA DARI PENYAKIT MENULAR

0

MULIA – Pelaksanaan Pekan Imunisasi Nasional yang berlangsung di seluruh Indonesia untuk mengantisipasi penyakit bagi bayi dan balita sangat penting sehingga Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Puncak Jaya dan Kerja sama dengan Dinas Kesehatan Provinsi Papua dan UNISEF mengadakan kunjungan ke setiap distrik untuk memberikan vaksin anak yang dalam pertumbuhan.
Bertempat di Aula GIDI Kota Lama Mulia diadakan pemberian vaksin kepada anak – anak dalam acara pembukaan PIN Polio pada Rabu (10/7). Hadir dalam acara tersebut Plt. Sekda Tumiran, S.Sos, M.AP, Asisten II Ukkas, S.sos, M.AP, Pasiter Kodim 1714/PJ Kapt. Inf. Indra Kepala Dinas kesehatan Butinggen Telenggen, S.Kep, M.Kes, Epidemiolog Papua Bsc Elly Tabuni, MPH, M.SC. serta anak – anak yang akan di berikan vaksin.
Kepala Dinas Kesehatan dalam sambutannya menyampaikan bahwa Jumlah sasaran PIN di Kabupaten Puncak Jaya pada usia 0 – 15 tahun adalah 29.500 lebih dan untuk imunisasi polio putaran pertama sudah lakukan 3,8% dimulai sejak bulan April – Mei 2019 dan ditambah dengan imunisasi putaran kedua yang belum maksimal sehingga diperpanjang waktu sampai dengan bulan Juni – Juli dan hasil yang diperoleh selama 2 putaran pemberian polio adalah 12.000. Jelas Butinggen
Kami ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah yang mendukung pembiayaan kegiatan ini melalui Dana Bantuan Oprasional Kesehatan (BOK) dari DAK non fisik dari Pusat. Butinggen juga menambahkan bahwa kegiatan ini sempat tertunda karena masalah teknis namun perhatian Bupati Puncak jaya maka semua dapat terlaksana dan berjalan dengan baik.
Sementara itu dalam sambutan Plt. Sekda Tumiran menyampaikan bahwa “dengan adanya pemberian vaksin kekebalan tubuh dipastikan anak dibawah 15 tahun yang sudah mendapatkan vaksin ini diharapkan kedepannya tidak terjangkit dengan penyakit yang ada dan pemberian vaksin ini merupakan program pemerintah dan gratis sehingga dapat diperhatikan dengan baik. Tegas Tumiran. Dalam kesempatan tersebut Plt. Sekda juga memberikan vaksin kepada perwakilan anak.
Plt. Sekda juga ditemui setelah acara pembukaan menyampaikan bahwa Pemerintah daerah sangat konsen untuk bekerja sama dengan pihak gereja maupun sekolah. kegiatan ini karena merupakan kegiatan nasional karena virus ini sebenarnya sudah tidak ada namun karena ada kasus di beberapa kabupaten sehingga dibuat program imunisasi untuk mengantisipasi kejadian seperti ini tidak terjadi lagi walaupun kami akui bahwa situasi di Puncak jaya membuat kegiatan ini sempat terhambat apalagi beberapa distrik harus dijangkau memlalui transportasi udara namun sudah kami peintahkan dinas kesehatan mencari penerbangan untuk bisa ke distrik untuk bisa memberikan vaksin kepada anak – anak. Jelas Tumiran.
Sementara itu Epidemiolog Papua Bsc Elly Tabuni, MPH, M.SC menyampaikan bahwa Puncak jaya merupakan satu kabupaten yang sangat rawan dan sangat mudah untuk menjadi kejadian yang luar biasa dengan adanya pola hidup yang baik lingkungan yang kurang memadai dan kita tahu bahwa akses dari mana saja bisa masuk di Puncak jaya menjadi salah satu cara atau media untuk menular.Kita juga akan berikan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dan harapan kami semoga kedepan masyarakat Puncak jaya lebih memahami akan bahaya penularan penyakit. Ungkap Elly Tabuni.

Share.

About Author

Leave A Reply