BAPPEDA PUNCAK JAYA ADAKAN SEMINAR BINTEK BEKERJA SAMA DENGAN FISIPOL PPTK UGM

0

Mulia 12 November 2013, Badan Perencanaan dan Pemberdayaan Daerah (Bappeda) Kabupaten Puncak Jaya yang bekerja sama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) menyelenggarakan seminar Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJMD) periode tahun 2013 – 2018 dan bintek Renstra SKPD Kabupaten Puncak Jaya yang bertempat di aula sasana kawonak kantor bupati Puncak jaya.
Tim seminar yang dipimpin oleh Drs. Bambang Purwoko, MA selaku direktur PPKK Fisipol UGM dan juga ketua Pokja Papua UGM, dan Dr. Gabriel Lele yang juga merupakan ketua tim RJPMD Kabupaten Puncak Jaya, bersama 7 orang lainnya yang hadir sebagai pembawa Materi Rencana Pembangunan Jangka Menengah dari Universitas Gadja Mada.
Dalam seminar yang dihadiri oleh SKPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Puncak jaya dan Kepala – kepala bidang serta kepala – kepala seksi disetiap Instansi.
Seminar tersebut yang dibuka dengan sambutan dari Direktur PPKK Fisipol UGM Drs. Bambang Pruwoko, MA yang mengatakan Rencana pembangunan jangka menengah ini yang merupakan program pada 5 tahun mendatang sehingga puncak jaya kedepannya menjadi mandiri, maju, sejahtera dan damai.
Drs. Bambang Pruwoko. MA menambahkan target yang akan dicapai adalah memperhatikan masyarakat sampai pada distrik – distrik serta kampung – kampung yang berada di kabupaten Puncak Jaya sehingga kedepannya visi dan misi Puncak jaya akan lebih jelas.
Smentara itu Wakil Bupati Puncak Jaya Yustus Wonda, S.Sos. M.Si yang membacakan sambutan tertulis dari Bupati Kabupaten Puncak jaya Drs. Henok Ibo mengatakan dalam undang – undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan dan peraturan pemerintah nomor 40 tahun 2006 tentang tata cara penyusunan Rencana Pembangunan Nasional mengamanatkan kepada Pemerintah Pusat dan Daerah untuk menyusun Rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD).
“jangan Cuma bicara omong kososng tapi buat program yang benar – benar menyentuh masyarakat, jangan buat program yang muluk – muluk atau abuti dengan banyak program tapi tidak nyata,” Ungkap Wakil Bupati Puncak Jaya Yustus Wonda, S.Sos. M.Si
Acara yang berlangsung selama 2 hari berada didalam aula sasana kawonak Kabupaten Puncak Jaya dan hari Ketiga tim yang dipimpin Direktur PPKTK Fisipol UGM mengunjungi SKPD – SKPD dilingkungan Kabupaten Puncak Jaya guna meninjau secara langsung penyusunan Program – Program dari Setiap SKPD tersebut.
Selama 2 hari kegiatan Seminar tidak hanya pemberian materi namun juga juga diadakan beberapa games atau permainan tentang penyusunan Visi dan misi serta sasaran kegiatan dari tiap SKPD, permainan ini diikuti oleh seluruh peserta seminar diantaranya Kepala – Kepala SKPD, Kepala – Kepala Bidang dan juga Kepala – kepala seksi di setiap Instansi.
Semoga dengan adanya penyusunan rencana program SKPD di kordinasikan dan di sinkronkan dengan RJPMD Provinsi Papua agar program yang terjadi tidak tumpang tindih dan benar sesuai kebutuhan masyarakat dan kondisi daerah kabupaten Puncak Jaya sehingga kedepannya program ini bisa berjalan dengan baik.
Karena pembangunan Kabupaten Puncak Jaya adalah bagian Integral dari Provinsi Papua karena itu dalam penyusunan perencanaan Kabupaten Puncak Jaya tidak terlepas dari Visi dan Misi Bupati dan Wakil terpilih untuk membangun Puncak Jaya bangkit, mandiri dan sejahtera sebagaimana diamanatkan dalam RJPMD provinsi Papua periode2013 – 2018.
Semua semua pihak diminta menyumbangkan gagasan dan pemikiran yang konsepsional bagi terwujudnya kabupaten Puncak Jaya terlebih masyarakat yang tinggal di distrik – distrik.

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply