News|

Mulia (PUNCAKJAYAKAB.GO.ID) – Pemerintah daerah Kabupaten Puncak Jaya Provinsi Papua menggelar Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang) untuk tahun anggaran 2023 di Aula Sasana Kaonak yang diikuti oleh 27 OPD dan 27 Distrik, Rabu siang (23/03).

Foto Diskominfo PJ Johdan A.A.P.

Plt. Kepala Bappeda Kabupaten Puncak Jaya Temin Enumbi, S.IP dalam sambutannya menuturkan Musrenbang kali ini mengacu kepada Permendagri (Peraturan Menteri dalam negeri) Republik Indonesia No. 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan.

“Adapun yang menjadi dasar pelaksanaan musrenbang Daerah Kabupaten Puncak Jaya tahun 2023 yang kita laksanakan saat ini diantaranya Permendagri RI No. 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi rancangan peraturan daerah tentang rencana pembangunan jangka panjang daerah dan rencana pembangunan jangka menengah daerah dan rencana kerja pemerintah daerah,” ucap Temin Enumbi.

Foto Diskominfo PJ Johdan A.A.P.

Temin Enumbi juga menuturkan tujuan dalam melaksanakan musrenbang Puncak Jaya Tahun 2023 yang dilaksanakan selama 3 hari adalah untuk mendapatkan masukan. “Untuk mendapatkan masukan guna penyempurnaan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang memuat prioritas pembangunan daerah dan pagu indikatif pendanaan berdasarkan fungsi OPD, untuk mendapatkan rincian rancangan awal RKA SKPD khususnya yang berhubungan dengan pembangunan,” lanjut Tenim Enumbi.

Lanjut Temin Enumbi menyampaikan sasaran pelaksanaan musrenbang ada 2 yaitu :

  1. Tersedianya dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) yang mengakomodasi kepentingan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah baik dari tingkat distrik maupun tingkat kabupaten Puncak Jaya. 2. Tersedianya dokumen tentang arah kebijakan, prioritas pembangunan dan plafon/pagu anggaran berdasarkan fungsi OPD.

Menurut Temin Enumbi penyelenggara musrenbang daerah ini adalah Bappeda Puncak Jaya, hal ini sesuai dengan tugas pokok dan fungsi Bappeda untuk mengkoordinasikan dan menyelenggarakan perencanaan, pelaksanaan penyusunan dan pelaksanaan kebijakan daerah dibidang perencanaan pembangunan Daerah.

Hal senada diungkapkan Tim asistensi Bappeda Provinsi Papua Najib Suaeri, S.E, M.M. Najib sangat mengapresiasi penuh karena dari 29 Kabupaten-Kota di Provinsi Papua baru Kabupaten Puncak Jaya yang telah menyelesaikan penyusunan RPD (Rencana Pembangunan Daerah).

“Kami Bappeda Provinsi Papua sangat mengapresiasi semua elemen Pemerintahan Kabupaten Puncak Jaya karena diantara 29 Kabupaten Kota di Provinsi Papua yang tercepat menyusunan RPD yaitu Kabupaten Puncak Jaya dan ini sangat luar biasa,” ucap Najib Suaeri

Najib suaeri menambahkan, membangun Provisi Papua adalah membangun Indonesia. “Membangun Puncak Jaya adalah membangun Papua, membangun Papua adalah membangun Indonesia. Pemerintah tak henti-hentinya menjadikan tanah papua sebagai provinsi pembangunan, sejak terbitnya INPRES No.9 Tahun 2017, pemerintah provinsi Papua telah memfasilitasi dan mengkoordinasikan,” tambah Najib Suaeri.

Foto Diskominfo PJ Johdan A.A.P.

Sementara itu, plh. Sekda (Sekretaris Daerah) Yahya Wonorenggo, S.IP, memberikan sambutan dan memberikan tiga poin salah satunya sangat bangga karena Kabupaten Puncak Jaya mendapat apresiasi dari kementerian dalam penyusunan RPD tahun 2023 dengan predikat tercepat.

“Pertama Kami pemerintah Kabupaten Puncak Jaya dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah atas penyelenggaraan satu agenda penting yaitu Musrenbang tahun anggaran 2023 serta penyusunan renstra OPD dan penerapan aplikasi SIPD sesuai ketentuan dari pusat. Kedua, hari ini kita bersyukur karena kita secara nasional dan secara Provinsi Papua kami Puncak Jaya mendapatkan apresiasi dari Kementerian yaitu sebagai kabupaten yang tercepat dalam penyusunan RPD tahun 2023 sehingga ini menjadi motivasi bagi Kabupaten Puncak Jaya agar lebih semangat terus meningkatkan punyusunan Renstra OPD yang akan dilakukan di tahun 2023. Ketiga kami akan mendorong bagi OPD yang belum menyelesaikan penyusunan renstra OPD, diminta supaya dalam waktu dekat ini paling lambat hari jumat ini mereka harus mengumpulkan semuanya, jika terlambat kami akan berikan sangsi karena melewati batas ketentuan yang berlaku dalam penyusunan renstra musrenbang,” ucap Yahya Wonorenggo.

Yahya memberi apresiasi kepada OPD yang tercepat dan koperatif dalam penyusunan dan pengimputan rensta.

Foto Diskominfo PJ Johdan A.A.P.

“Kami imbau kepada seluruh OPD menyiapkan renstra OPD dalam waktu yang tidak terlalu lama dan kami sampaikan selamat juga kepada para OPD yang sudah mendapatkan nilai tertinggi sebagai OPD tercepat dan koperatif dalam penyusunan Renstra yaitu distrik fawi, dinas tenaga kerja, kesabangpol dan inspektorat,” imbau Yahya Wonorenggo.

Diakhir sambutannya, atas nama Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, Plh Sekda Yahya Wonorenggo, S.IP membuka secara resmi acara musrenbang tahun anggaran 2023 ditandai dengan pemukulan tifa.

Pembukaan Musrenbang Kabupaten Puncak Jaya Tahun 2023 dihadiri Ketua DPRD yang diwakili ketua komisi C Mendi Wonerengga, Kapolres Puncak Jaya AKBP Ridwan, S.H, M.H, Dandim 1714/PJ Letkol Infanteri Denny Salurelung, S.Sos, Staf Ahli Bupati, Asisten Sekda, Kepala OPD, Instansi Vertikal, BUMN/BUMD, Tokoh Agama, tokoh Masyarakat, Ormas dan stakeholder.(KominfoPJ/Hari).

Close Search Window