News|

Mulia, (PUNCAKJAYAKAB.GO.ID) – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah selaku pembina data dan pengguna data, terus bergerak cepat dalam mewujudkan data statistik sektoral daerah yang akurat, valid dan terkini. Melalui kerjasama Bappeda Provinsi Papua terus mendorong pembentukan forum satu data Indonesia (SDI) melalui sosialisasi SDI dan Pembentukan Forum SDI yang dibuka secara resmi oleh Asisten III Sekda Ordianto Baruri, S.Pt bertempat di Aula Sasana Kaonak, Selasa (05/07/2022).

Foto Diskominfo PJ Naya

Sosialisasi dan Pembentukan Forum SDI ini dihadiri oleh Kepala UPTB Pusda Lisbang Bappeda Provinsi Papua, Dr. Andry, S.IP.,M.Si, selalu narasumber yang didampingi kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Temin Enumbi, S.IP. dan Sekretaris Bappeda Bernadus T. Seleng, S.Sos. M.Si.

Dalam laporan kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Temin Enumbi, S.IP menyampaikan tujuan pembentukan pokja forum satu data indonesia (SDI) di Kabupaten Puncak Jaya yang diikuti ASN diantara.

Foto Diskominfo PJ Naya

” Pertama, memberikan acuan dalam penyelenggaraan tata kelola data untuk mendukung perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan”,

“Kedua, mewujudkan ketersediaan data yang akurat, mutakhir, terpadu dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses dan bibagi pakaikan antar SKPD, Intansi provinsi dan Instansi pusat”,

“Ketiga, mewujudkan efisiensi, efektifitas dan akuntabilitas pengelolaan berbasis data elektronik Di Kabupaten Puncak Jaya,” ucap Temin.

lanjut, Temin menyampaikan bahwa peserta pembentukan forum satu data Indonesia (SDI) sebanyak 300 Orang yang terdiri dari Dinas, Badan, Distrik, dan hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah terbentuknya pokja forum satu data Indonesia di Kabupaten Puncak Jaya yang terdiri dari pembina, ketua, koordinator pokja dan dua puluh anggota.

Dikesempatan yang sama, Kepala UPTB Pusda Lisbang Bappeda Provinsi Papua, Dr. Andry, S.IP.,M.Si mengungkapkan bahwa jika kita berbicara tentang data, maka sebenarnya itulah yang menggambarkan kinerja daerah kita masing-masing, dan untuk menghadirkan data berarti kita harus percaya bahwa data itu benar-benar kita akan kelola dengan baik.

Foto Diskominfo PJ Naya

Andry, juga menyampaikan bahwa dari 29 Kabupaten yang ada di Provinsi Papua, dan saya fokus di 4 (Empat) Kabupaten, salah satunya adalah Kabupaten Puncak Jaya, bukan karena mudah akses tetapi jika di Kabupaten Puncak Jaya forum Satu Data Indonesia (SDI) berhasil dan berjalan dengan baik maka Kabupaten lain akan termotivasi, jadi saya mohon bantuan dari Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mensukseskan forum satu data ini.

Andry, mengapresiasi Kabupaten Puncak Jaya dimana Kabupaten pertama yang telah mengundang kami dari provinsi untuk pembentukan forum satu data, dan Kabupaten Puncak Jaya adalah salah satu Kabupaten Proaktif, karena meskipun banyak tantangan geograffis, akses sangat terbatas tetapi aktif dalam menghadirkan forum satu data.

Bupati Puncak Jaya Dr. Yuni Wonda, S.Sos.,S.IP.,MM dalam sambutannya yang dibacakan oleh Asisten III S kda Ordianto Baruri, S.Pt mengatakan bahwa dengan adanya Forum Satu Data Indonesia (SDI) ini diharapkan agar data yang dihasilkan nantinya bisa lebih berkualitas, valid dan akurat sebagai acuan perencanaan pembangunan Daerah di Kabupaten Puncak Jaya.

Penyediaan data statistik sektoral oleh Pemerintah Daerah, diharapkan dapat mendukung pimpinan dalam mengambil kebijakan khususnya dalam perencanaan pembanguan, oleh karena itu data yang kami sajikan tidak boleh berupa data asumsi tapi harus data yang valid, akurat dan mutakhir, agar program dan kegiatan tidak bias serta pembangunan berjalan dengan baik sesuai perencanaan. (KominfoPJ).

Close Search Window