BAHAS DANA OTSUS 2016 BAPPEDA PUNCAK JAYA BENTUK FORUM KORDINASI KERJA ANTAR SKPD

0

MULAI – Pemerintah Puncak Jaya melalui Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Puncak jaya mengadakan pertemuan rapat koordinasi kerja antar SKPD Bidang Budaya melalui pembentukan Forum Koordinasi Kerja Antar SKPD yang bertempat di ruangan kerja Kantor BAPPEDA Puncak Jaya Jumat (13/11).
Hadir dalam rapat koordinasi tersebut Kepala SKPD, Kepla Bidang serta Kepala seksi dalam rangka membahas dana OTSUS 2015 dan 2016 yaitu 128 miliard rupiah dan pembagian dana tersebut berdasarkan PERDASUS Papua yang telah dibagi yaitu pendidikan sebanyak 30 persen, Kesehatan 15 Persen, Ekonomi 20 persen, infrastruktur kampung 20 persen sehingga dalam rapat tersebut dapat dikembalikan dana ke SKPD masing – masing untuk menyiapkan RKA.
Dalam rapat pembahasan tersebut diberikan kesempatan kepada masing – masing SKPD menyampaikan jumlah dana sesuai dengan kebutuhannya masing – masing yang langsung dilaporkan dalam rapat sehingga dapat dibagi sesuai dengan ketentuan pembagian dana yang telah ada sekaligus menyiapkan RKA.
Dalam rapat tersebut Kepala Bappeda Puncak Jaya Isael Mom, SH, Msi menegaskan bahwa yang terpenting adalah RKA yang akan kita Laporkan serta dana yang diterima oleh SKPD bisa untuk mencukupi kebutuhannya atau tidak.Jelas Isael Mom.
Sehingga masing – masing kegiatan harus menyiapkan laporan kebutuhan masing – masing seperti bidang pendidikan yang menyiapkan laporan seputar dana pada setiap jenjang pendidikan sampai pada perguruan tinggi oleh Dinas Pendidikan Pemuda dan olahraga dan Dinas Sosial dan Ketenagakerjaan Kabupaten Puncak Jaya serta bidang kesehatan yang harus menyiapkan laporan tentang kebutuhan obat – obatan serta kebutuhan lainnya untuk melayani masyarakat, Sementara itu dari Kantor Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana juga menyampaikan kegiatan Pembentukan Paud dan Posyandu yang diharapkan bisa dibentuk disetiap kampung.
Sementara itu saat ditemui setelah rapat Kepala Bappeda Puncak Jaya Isael Mom , SH, M.Si saat ditanya sudah berapa persen rapat pembahasan dana otonomi khusus namun Isael Mom mengatakan bahwa belum ditargetkan berapa persen tahapannya karena rapat pembahasan dana OTSUS ini baru dimulai sehingga masih ada rapat selanjutnya untuk mempelajari RKA yang ada untuk selanjutnya dibawa ke jayapura untuk rapat pembahasan selanjutnya.

Tanggapan SKPD sesuai dengan presentase pembagian dana alokasi masing – masing dan diberikan nilai serta diberikan nilai dan kembalikan ke SKPD untuk mempersiapkan RKA. Isael Mom juga berharap kedepanya dana OTSUS bisa naik karena selama ini dana yang diterima belum mencapai kebutuhan pembangunan sehingga dengan ditambahkannya Dana OTSUS maka dapat mengimbangi kebutuhan pembangunan masing – masing daerah yang masih tertinggal. “Harapan saya bukan saja dari Kabupaten Puncak Jaya akan tetapi semua Kabupaten agar di tahun depan Dana Otsus dapat dinaikkan sehingga kegiatan pembangunan bisa dapat dibiayai dengan dana OTSUS.”harap Isael Mom.

Share.

About Author

Staf Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply