BAGI BERAS RASKIN WAKIL BUPATI HARAPKAN MASYARAKAT TETAP RAJIN DALAM BERTANI

0

MULIA – Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya melalui Dinas Sosial pada Jumat (16/2) menyalurkan bantuan sosial beras sejahtera (Bansos Rastra) kabupaten Puncak jaya tahun 2018 yang bertempat di lapangan Monumen Penampakan Roh Kudus Kota Baru Mulia yang dihadiri oleh Wakil Bupati Puncak jaya deinas Geley, s.sos, M.SI Ketua II DPRD Kabupaten Puncak Jaya Mendi Wonerengga, Kasat Sabhara Polres Puncak Jaya IPDA Ibrahim, Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Puncak Jaya Petrus You, S.IP Kabid Bansos Dinas Sosial Tinius Yoman, S.Sos para kepala Distrik, Kepala Kampung maupun masyarakat.

Wakil Bupati Puncak jaya, Deinas Geley, s.Sos, M.Si mengingatkan bahwa “lewat pembagian beras ini masyarakat tetap rajin untuk berkebun untuk bisa memenuhi kebutuhan mereka karena mungkin 5 atau 10 tahun kedepan penyaluran beras berhenti maka kasihan masyarakat kita jadi dalam kesempatan ini saya pesankan kepada masyarakat untuk rajin bekerja. Hal tersebut penting agar masyarakat tidak bergantung hanya kepada bantuan beras saja namun tetap mandiri dengan pangan lokal. Wabup juga berpesan agar jangan sampai kasus krisis pangan dan gizi di asmat jangan terjadi di Puncak Jaya.”Ujar Mantan Direktur Perusahaan Daerah Irian Bakti Provinsi Papua ini.

Sementara itu ketua II DPRD, Mendi Wonerengga menyampaikan bahwa pembagian beras ini sudah banyak yang hilang atau boleh dikatakan banyak keluhan – keluhan namun sekarang sudah bagus tapi keppala – kepala distrik diawasi agar pembagian sesuai dengan data yang sudah dibagi sebelumnya.Pesan Mendi Wonerengga.

Dalam Laporan Kepala Dinas Sosial yang disampaikan oleh Sekretaris bahwa beras yang disalurkan sebanyak 88 ton ditujukan kepada 15 distrik dan setelah itu kendaraan yang mengangkut akan kembali lagi ke wamena untuk dibagi ke Distrik – distrik yang jauh hal ini karena perjalanan yang jauh dan juga kendaraan yang dipergunakan tidak banyak mengingat banyak sekali keluhan masyarakat tentang beras yang sampai tidak sesuai karena terkena hujan dalam perjalanan sehingga dengan kendaraan yang telah ditentukan langsung tidak mengecewakan baik masyarakat maupun dinas yang bersangkutan.

Sementara itu Kabid Bansos juga menjelaskan bahwa  untuk Distrik yang jumlah penduduknya banyak seperti Mulia, Gugume, Tingginambumbut dan Nioga diatas 10 ton mengingat jumlah penduduk yang banyak atau DPM (Daftar Penerima Manfaat). Selama kurang lebih 2 thun ini kita kelola maka selalu kita evaluasi sehingga kendaraan yang kita gunakan selalu kita tapis disebabkan karena kendaraan yang tidak kita awasi baik sehingga dampaknya bagi kita di dinas. Sehingga dalam penyalurannya distrik yang diatas 8 ton diangkut secara bertahap selama dua kali.

 Sementara itu Hasyim sebagai Mitra kerja pemerintah untuk mengangkut beras sejahtera ini menyampaikan kendala adalah pada saat cuaca yang tidak bersahabat sehingga menyebabkan longsor sehingga menghambat penyaluran beras mengingat berapa ruas jalan  ada tanjakan spiral yang cukup menakutkan sehingga sulit untuk sampai tepat waktu untuk itu saya minta perhatian pemerintah dalam memperhatikan perbaikan jalan.Ungkap hasyim.

Sementara staf Satker Papua Bulog Kanca Wamena, Muhamad Irba syarif saat ditemui menyampaikan bahwa kami mengalami keterlambatan pada saat pendistribusian ke Puncak jaya karena jalan yang tidak bagus sehingga kendaraan biasanya menginap dijalan sehingga terlambat sampai mulia. Sementara untuk stok bulog yang kami miliki saat ini memenuhi untuk beberapa bulan kedepan karena kami menangani 7 kabupaten dan penyaluran setiap bulan adalah 1.600 ton.

Sementara Kepala Distrik Fawi sekaligus Plt. Kabag Tata Pem, Irwan Tabuni, S.STP manyampaikan terima kasih karena masyarakat Distrik Fawi selalu menerima bantuan beras sangat lancar dan masyarakat sangat puas dengan adanya pelayanan dari Dinas Sosial Kabupaten Puncak jaya dan komitmen dari Bupati dan Wakil Bupati bahwa Kepala Distrik terus mengawasi sampai ke kampung – kampung. “Harapan kami semoga kedepan penyaluran beras bisa setiap bulan agar masyarakat tidak kekurangan stok beras” ujar Irwan tabuni.

Wakil Bupati juga menyerahkan secara simbolis beras kepada kepala Distrik Mulia, Kepala Distrik Pagaleme dan Kepala Distrik Muara dan dilanjutkan dengan berita acara penyerahan beras.

 

 

Share.

About Author

Bagian Humas dan Protokol Setda Kabupaten Puncak Jaya

Leave A Reply