News|

Dalam rangka mendukung Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Puncak Jaya. Diantaranya pelayanan pemerintahan yang baik (good government) serta penerobosan isolasi komunikasi daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Puncak Jaya untuk berinovasi, terus melakukan inovasi. Walaupun dengan sarana telekomunikasi (internet) yang sangat terbatas

“Kondisi tidak menjadi penghalang Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Puncak Jaya untuk berinovasi. Walaupun di daerah yang sudah maju hal semacam ini sudah lama di wujudkan,” ungkap Massora, S. Hut. M.Si selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Puncak, kemarin.

An Mata Solusi Pengawasan Online Di Kabupaten Puncak Jaya
Massora, S. Hut. M.Si selaku Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Puncak saat melaksanakan Rapat Program Kerja Tim Proyek Perubahan AN MATA melalui Video Confrense

Hal ini ia ungkapkan dalam Rapat Program Kerja Tim Proyek Perubahan AN MATA melalui sarana Video Confrense. Dimana didalam kegiatan itu juga dihadiri Plt Sekda H. Tumiran, S.Sos. M.AP. dan seluruh staf Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Puncak Jaya

Dalam vicon itu, Kepala Dinas Kominfo Massora, S.Hut. M.Si selaku Reformer menjelaskan secara singkat Maksud dan Tujuan Proyek Perubahan AN MATA.

Menurut dia, dengan memanfaatkan sarana CCTV online dapat membantu meringankan kerja unsur pimpinan. Khususnya efektifitas dan efisiensi waktu pimpinan dalam melakukan pengawasan melekat terhadap penyelenggaraan Pemerintahan, Pelaksanaan Pembangunan dan Pelayanan Kemasyarakat pada OPD di lingkungan pemerintah Kabupaten Puncak Jaya.

Sebagai OPD dengan fungsi menyiapkan dan memanfaatkan sarana Komunikasi dan Informatika untuk pendukung penyelenggaran pemerintahan daerah, Dinas Komunikasi dan Informatika membuat terobosan dengan Menyiapkan sarana Pengawasan Melekat secara online.

Sarana tersebut bernama AN MATA (PengawasAN MAnTAp) yang memanfaatkan camera CCTV online (IP Cam) sebagai sarana pendukung pengawasan.

Diharapkan dengan tersedianya sarana ini, pimpinan dalam hal ini Bupati, Wakil Bupati dan Sekda dapat melakukan pengawasan secara maksimal. Tidak terkendala lagi oleh jarak dan waktu.

“Pengawasan dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun melalui HP Smart Phone atau Android,” ujar Massora.

Lebih lanjut dikatan, implementasi tahap awal direncanakan pada 2 lokus. Yaitu RSUD Mulia dan Puskesmas Mulia.

Proper AN MATA ini mendapat dukungan dari Plt. Sekda H. Tumiran, S.Sos. M.AP dan berharap AN MATA ini dapat ditingkatkan dan diperluas cakupannya ke seluruh OPD untuk masa yang akan datang.

“Diharapkan AN MATA ini dapat meningkatkan kedisiplinan ASN, peningkatan kinerja ASN dan Peningkatan pelayanan publik,” ungkap Tumiran, S. Sos, M. AP.

Close Search Window