NOMOR PERS RELEASE :087/DISKOMINFO/XI/2023

Mulia, (Selasa, 21/11) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78 Tahun bertempat di Lapangan SMP Negeri 1 Mulia dengan semarak pakaian adat khas seluruh Nusantara.Selaku ketua panitia Emelya Persilia Yotha, S.Pd mengatakan bahwa karnaval yang dilaksanakan guna memperingati HUT PGRI yang ke -78 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023.

Peserta ini terdiri dari 8 sekolah diantaranya SD Inpres Dondobaga, SD YPPGI Mulia, SD Negeri Mulia, SD Inpres Mulia, SD Inpres Pagaleme, SD Inpres Wandegobak dan SMPN 1 Mulia.Sambutan Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kunday Manggaprouw, S.Pd mengatakan bahwa ini bukan hanya sekedar menggunakan beragam busana Nusantara dari sabang sampai merauke.

“Bukan sekedar keragaman budaya, mari bergandengan tangan dalam meningkatkan pendidikan di Puncak Jaya dari sekarang sampai seterusnya,” ucapnya.

Ditemui pers setelah kegiatan, Kundai mengatakan bahwa dalam rangka memperingati HUT PGRI ke-78 dan Hari Guru Nasional Tahun 2023, “Kabupaten Puncak Jaya gelar karnaval dari tingkat Paud, TK, SD bahkan SMP, mereka memiliki banyak perbedaan tetapi tetap satu dalam upaya mendukung kurikulum merdeka belajar,” ujarnya.

“Kegiatan seperti ini harus mulai ditanamkan sejak dini meskipun memiliki latar belakang, ras, suku, agama yang berbeda – beda tetapi tetap satu dalam mendukung Kabupaten Puncak Jaya dalam bidang pendidikan kedepannya,” imbuhnya.

Kepala Sekolah SMPN 1 Mulia mengatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini dalam rangka memperingati HUT PGRI dan Hari Guru Nasional merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun sebagai bentuk penghormatan kepada guru-guru yang telah mendidik para siswa/i.

Yang menarik adalah karnaval kali ini para siswa/i menggunakan baju adat masing-masing “Itu bukan suatu perbedaan yang diperdebatkan, tetapi Negara Indonesia dipersatukan oleh semboyan Bhinneka Tunggal Ika hingga saat ini, “Tuturnya Emelya Persilia Yotha

“Tujuan dari karnaval ini untuk memperingati Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78 Tahun, serta meningkatkan solidaritas Nusantara diantara para siswa, guru, dan semua orang tua yang ada di Puncak Jaya,” bebernya.

Ia berharap “Kita terus meningkatkan budaya yang ada di Puncak Jaya, terutama budaya Nusantara untuk seluruh masyarakat, Hidup PGRI” imbuhnya.

Perwakilan dari siswa-siswi menyampaikan “Guru jangan pernah bosan mengajar kami semua baik dari Paud sampai SMA,dan kegiatan karnaval ini untuk terus dilanjutkan meskipun kita menggunakan busana yang berbeda-beda tetapi tetap satu,Selamat Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ke-78 Tahun 2023,” ujarnya.

Diakhir kegiatan, agenda diisi dengan berbagai macam tari-tarian Nusantara dari siswa/i yang penuh semangat luar biasa, tutupnya.

#diskominfo

#radiopuja

#hutpgri

#hgn

#karnaval

#kabarpapua