NOMOR PERS RELEASE : 078/DISKOMINFO/XI/2023

Mulia, (Jumat,3/11) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (P&K) menyerahkan bantuan operasional kepada peserta buta aksara yakni para guru yang bertempat di Gereja GIDI EMAUS Mulia.

Ditemui setelah Kegiatan, Kepala Dinas P&K Amir Wonda, S.Pd mengatakan bahwa kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah “Mengingat ini program prioritas pemerintah, Kami mendapatkan dukungan penuh dari Pemerintah Daerah melalui Dana Otsus 2023 untuk melakukan kegiatan ini,” ucapnya.

Lanjut, “Kami telah menyerahkan Dana Otsus Papua sebesar Rp. 1.000.000.000 (Satu Milyar Rupiah). Hal ini sebagai motivasi dan dukungan kepada guru-guru khususnya gembala dan tua-tua gereja yang telah mengajar buta aksara dan peserta ini terdiri dari 1.000 orang yang terdiri dari 74 Gereja melalui Klasis GIDI. Teknisnya mereka yang lebih paham.” ujarnya.

Dirinya juga menceritakan bahwa dulu Misionaris masuk ke Daerah Kabupaten Puncak Jaya tujuannya salah satunya adalah membuka sekolah buta huruf. “Tujuan dari misionaris kami adalah untuk membantu masyarakat menulis, membaca buku atau alkitab, dan kami melanjutkannya” bebernya.

Setiap pelosok kampung kami nilai sampai saat ini masih terus melaksanakan pembelajaran buta aksara di setiap gereja diharuskan bisa membaca dan menulis yang terus berlanjut.

Menurutnya, hal itu sejalan dengan amanat Pemerintah pusat melalui Dinas P&K agar setiap daerah harus mentuntaskan buta aksara di masyarakat.

Pihaknya berharap agar buat aksara di Puncak Jaya dapat dituntaskan yang dimulai dari gereja. “Kedepan Penduduk Puncak Jaya harus tahu membaca dan menulis.” tutupnya.

#diskominfo

#radiopuja

#Dinas p&k

#butaaksara

#kabarpuja