Nomor Pers Release :070/DISKOMINFO/X/2023

Mulia, (Senin, 23/10),* Dinas pemberdayaan perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Puncak Jaya mengadakan Pemeriksaan Kanker Rahim (Serviks) dengan gratis, yang berlangsung di Kantor DP3AKB.

Turut hadir Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pelindungan Anak dan KB Ursula Waminop Wonda, SKM, M.kes, dr. Imanuel Sp.OG selaku dokter spesialis dari RSUD Mulia, Kepala Puskesmas Tingginambut Kurungga kogoya dan peserta sosialisasi pap smear.

Pemeriksaan pap smear dapat mendeteksi adanya sel-sel asing (sel prakanker) pada leher rahim yang berpotensi berkembang menjadi kanker, pap smear adalah mengambil sampel sel di leher rahim yang akan diteliti di laboratorium untuk mengetahui keberadaan sel kanker atau prakanker.

Kepala DP3AKB Ursula Wonda, SKM, M.kes menyampaikan “Tujuan dari kegiatan ini untuk mengetahui atau pun mendeteksi adanya kanker leher rahim/kanker mulut rahim yang tidak disadari oleh masyarakat,” ucapnya.

“Terima kasih kepada Pj. Bupati dan Pj. Sekda yang telah memberikan bantuan melalui dana Otsus 2023, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar, “imbuh Ursula.

Dalam tahun ini ada 5 (lima) Distrik yang akan dilakukan pemeriksaan dan “Kami telah melakukan pemeriksaan di 4 (empat) Distrik dan hari ini adalah Distrik Tingginambut atau Distrik yang terakhir untuk dilakukan pemeriksaan kanker leher Rahim,”ujarnya.

Lanjut Ursula Pengambilan sampel dibantu oleh dr. Imanuel Sp.OG selanjutnya akan dikirim ke Laboratorium Rumah Sakit Provita Jayapura, kurang lebih 2 (dua) minggu hasilnya keluar dan langsung dibagikan kepada peserta agar mereka puas melihat hasilnya.Ditempat yang sama Kepala Distrik Tingginambut Yoten Tabuni, A.MA.PD mengungkapkan “Terima kasih kepada Pj. Bupati, Pj. Sekda dan DP3AKB yang telah melakukan pemeriksaan gratis kepada Masyarakat,”ucapnya.

“Kami berharap kegiatan ini terus ditingkatkan, karena sudah banyak masyarakat yang telah menikah tetapi sampai sekarang belum memiliki anak, dan kami tidak tahu penyebab dari semuanya itu,”bebernya.

Dirinya menambahkan “Saat melakukan pemeriksaan dokter spesialis harus lengkap agar yang diperiksa bukan perempuan tetapi juga laki-laki”ujar Yoten.

“Agar kedepannya DP3AKB turun langsung ke Distrik untuk melakukan pemeriksaan,”tandasnya.

Pada moment yang sama, Kepala Puskesmas Tingginambut Kurungga kogoya mengungkapkan “Terima kasih kepada Pj. Bupati, Pj. Sekda dan kepala dinas pemberdayaan perempuan yang telah melaksanakan kegiatan ini,” imbuhnya.

“Kami sering melakukan kunjungan atau sosialisasi kepada masyarakat, mereka tidak pernah pahami tetapi dengan adanya sosialisasi ini sangat membantu masyarakat tingginambut,”tutupnya.

#diskominfo#radiopuncakjaya#sosialisasipapsmear#dp3akb