Nomor Pers Release : 069/PR/DISKOMINFO/IX/2023

MULIA-(21/10) Puskesmas Mulia Kabupaten Puncak Jaya Setempat melaksanakan program posyandu untuk pengecekan kesehatan dan penyediaan fasilitas medis bagi lansia dipimpin langsung oleh dr. Anggreany Dian Mahardika Hespas didampingi tim posyandu diantaranya perawat, bidan dan mantri bertempat di Desa Karubate yakni Gereja Karubate.

Dr. Anggreany yang akrab disapa dokter Ika disela aktivitasnya mengungkapkan “Kegiatan posyandu lansia ini sudah dimulai dari bulan sebelumnya tepat tgl 9 september 2023 lalu dan akan terus dilaksanakan sekali setiap bulannya. Lebih khusus untuk para lansia yang ada di Wilayah kerja Puskesmas Mulia, khususnya di Wilayah Karubate,”ujarnya.

Pihaknya menambahkan “Tujuan Posyandu Lansia adalah
Meningkatnya jangkauan pelayanan kesehatan lansia di masyarakat sehingga terbentuk pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kebutuhan lansia” tambah dr. Ika.

Warga Lansia yang Hadir berjumlah 30 Orang sebagai langkah awal dilakukan pendataan dengan diminta untuk melakukan Pengisian Daftar Hadir dari Gereja Karubate. Selanjutnya dilakukan Senam bersama, Pengukuran Berat Badan dan Tinggi Badan Warga Lansia, Pemeriksaan Tekanan Darah (Tensi) dan dilakukan pemeriksaan Lanjutan Lainnya seperti Pemberian Obat, dan sebagainya.

Dirinya berharap agar Posyandu Lansia ini terselenggara dengan baik dan berkesinambungan. Ia meminta kedepannya posyandu lansia semakin banyak yang datang untuk ikut Posyandu Lansia di Desa Karubate. “Kami Sangat Senang karena para Lansia datang tepat waktu diantar oleh keluarga sesuai dengan jadwal yang sudah diumumkan di Gereja, sehingga kami bisa melakukan pelayanan tepat waktu pada sasaran penyuluhan atau pembagian obat dan pemeriksaan itu bisa dilakukan dengan cepat dan tepat” imbuhnya.

Ditempat yang sama, selaku perwakilan peserta para lansia Kuke Kogoya menyampaikan apresiasinya. “Terima kasih banyak kepada Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya dalam hal ini Puskesmas Mulia yang sudah menprogramkan rutin khusus bagi kami orang tua lanjut usia, karena kami tidak mungkin ke rumah sakit atau puskesmas sendiri, tetapi dengan adanya posyandu lansia keluarga kami bisa langsung antar ke tempat posyandu yang tidak jauh dari tempat tingal kami dan terbukti hari ini, saya datang sendiri dengan senang hati,”ucapnya. Ia berharap kedepanya posyandu lansia ini terus berlanjut.

Dirinya juga mengakui respek dengan pelayanan yang menggunakan bahasa lani. “Dengan bantuan kader kesehatan, penyuluhan kesehatan pada posyandu lansia ini menggunakan bahasa daerah agar mudah dipahami sehingga proses pelayanan kesehatan dapat berjalan baik” tutupnya.(*)

Diskominfo

Infopuncakjaya

radiopuncakjaya

Virallansiapuncakjaya

puskesmasmuliapapuatengah