_SIARAN PERS Nomor : 035/DISKOMINFO/VIII/2023_

*Mulia*_Dinas pemberdayaan perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Kabupaten Puncak Jaya mengadakan Pemeriksaan Kanker Leher Rahim (Serviks) di 5 Distrik dengan gratis bagi kaum perempuan dan ibu pada Senin (24/08) yang berlangsung di Kantor DP3AKB Pagaleme.

Kegiatan tersebut bekerja sama dengan RSUD Mulia yang bertujuan untuk deteksi dini potensi kanker yang menghantui kaum perempuan di Puncak Jaya.

Menurut data, Kanker leher Rahim (Kanker Serviks) sendiri merupakan  kanker dengan kasus terbanyak yang ditemukan oleh Yayasan Kanker Indonesia (YKI) setelah kanker payudara di Indonesia.

Tujuan pemeriksaan ini adalah untuk mengurangi morbiditas dari penyakit dengan pengobatan dini terhadap kasus-kasus yang ditemukan untuk mengetahui kelainan pada leher rahim yang tidak disadari.

Dalam kegiatan ini, turut hadir yakni Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Pelindungan Anak dan KB Ibu Ursula Waminop Wonda, SKM, M.kes bersama dr. Imanuel Sp.OG  selaku dokter spesialis dari RSUD Mulia. Hadir juga Ibu Periben Enumbi S.T selaku Kabid Pemberdayaan Perempuan bersama Abdul Manan, SH, M.KP sebagai Sekretaris Dinas.

Menurut dr. Imanuel menyampaikan dalam materinya bahwa Insiden kanker serviks sebenarnya dapat ditekan melakukan pencegahan dan deteksi dini. “Kanker Serviks sebenarnya dapat dilakukan upaya pencegahan primer seperti meningkatkan atau intensifikasi kegiatan penyuluhan kepada masyarakat untuk menjalankan pola hidup sehat, menghindari faktor risiko terkena kanker, melakukan imunisasi dengan Vaksin HPV serta diikuti dengan deteksi dini kanker serviks tersebut melalui pemeriksaan PAP SMEAR atau IVA (Inspeksi Visual dengan menggunakan asam acetat)” ujarnya.

Ditempat yang sama Periben Enumbi menyampaikan “Kami mengadakan pemeriksaan gratis kanker di mulut rahim melibatkan RSUD Rumah Sakit Umum Daerah Mulia sebagai pencegahan sebelum terlambat” jelasnya.

“Tujuannya adalah untuk membantu mama-mama OAP yang ada di Kabupaten Puncak Jaya, khususnya di Distrik Muara. Karena itu, kami dari dinas tahun ini melakukan pemeriksaan kanker serviks guna deteksi dini apakah ada atau tidak” Jelas Periben.

Pihaknya menjelaskan bahwa untuk saat ini difokuskan untuk melakukan pemeriksaan di 5 Distrik yaitu Mulia, Muara, Tingginambut, Ilu dan nioga yang dipusatkan di Mulia. Dirinya berharap agar kegiatan ini terus berlanjut dan optimis bahwa pemeriksaan secara rutin dilakukan di setiap tahunnya.

Dikesempatan yang sama, dr. Imanuel, Sp. OG menyampaikan “Sangat positif dan sangat bagus karena kanker rahim biasanya beresiko pada wanita yang dia sendiri tidak menyadarinya. Sehingga, akan tersadar begitu kita ketahuan sudah Stadium II bahkan stadium IV. Saya berpesan agar pemeriksaan ini menyadarkan ibu-ibu disini lebih perhatian akan kesehatan reproduksinya.” ungkapnya.

Dirinya menambahkan  bahwa mengetahui lebih dini adalah lebih baik dari pada mengobati. “Kalaupun terjadi ada yang positif, kita bisa lebih cepat tangani. Sehingga kualitas hidupnya lebih baik lagi. Kedepannya, pencegahan adalah paling utama melalui Vaksinasi pada wanita berusia 10 sampai 55 tahun.(*)

#kominfopuja
#radiopujafm
#serviks
#papsmear
#infopuncakjaya
#viralpapua
#kanker